Tips Mencegah Gangguan Prostat

Tips Mencegah Gangguan Prostat

Tips Mencegah Gangguan Prostat

Tips Mencegah Gangguan Prostat – Jika Anda ingin memperpanjang harapan hidup maka Anda harus sangat peduli pada kesehatan prostat Anda. Kelenjar yang sebenarnya berukuran kecil ini pasalnya sangat rentan mengalami gangguan yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Meski gangguan prostat jauh lebih besar kemungkinannya untuk menjangkiti pria yang berusia lanjut, dalam artian pria yang di atas 50 tahun bukan berarti apabila Anda masih muda menjadi abai terhadap potensi terkena gangguan prostat. Pasalnya, gangguan prostat pun ada yang menyerang pria-pria berusia pertengahan 20-40 tahun. Oleh karena itu, Anda mulai perlu untuk mengenali beberapa ciri gangguan prostat demi mengantisipasi kemungkinan buruk.

Prostat merupakan salah satu organ reproduksi berukuran kecil yang berada tepat dekat dengan kandung kemih yang berfungsi untuk membantu proses ejakulasi. Di dalam prostat terjadi proses pembentukan semen yang merupakan gabungan antara sperma yang di bawa uretra dari testis dengn protein yang dihasilkan oleh Vesikula Seminalis serta cairan produksi prostat. Dalam hal ini juga uretra nyatanya tidak hanya berfungsi mengangkut cairan semen. Namun juga memiliki tugas sebagai saluran untuk mengalirkan urin dari kandung kemih. Prostat memang tidak termasuk sebagai salah satu organ ekskresi manusia, oleh karena itu beberapa ciri gangguan prostat sering kali diabaikann dan dialihkan fokusnya pada organ-organ ekskresi seperti ginjal dan kandung kemih. Hail ini bukan sesuatu yang aneh apabila faktanya memang ciri gangguan prostat lebih sering dikenali melalui kualitas buang air kecil dari seseorang.

 

Tips mencegah gangguan prostat bisa dilakukan sejak usia masih muda dan fisik masih kuat, caranya dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Seperti telah diketahui, kebanyakan kita akan mengalami gangguan prostat, entah apakah itu radang prostat, pembesaran prostat atau bahkan kista prostat.

Seorang pria paling tidak sekali dalam hidup mereka akan mendapatkan masalah gangguan pada prostat, seiring dengan usia yang terus bertambah. Akan tetapi dokter yang percaya Anda dapat mengurangi kemungkinan atau meringankan dampak gangguan pada prostat ini melalui beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup. Apa saja tips mencegah gangguan prostat ? Berikut ulasannya:

 

  1. Ejakulasi secara teratur

Semen atau air mani pria diproduksi di kelenjar prostat, fungsinya memang berkaitan dengan reproduksi dan seks. Beberapa pria mengalami gangguan pada prostat karena jarang ejakulasi tips mencegah gangguan prostat yaitu dengan ejakulasi secara teratur. Saat usia muda, ejakulasi biasa terjadi dengan sendirinya melalui mimpi basah, tapi saat usia dewasa dan menikah ejakulasi melalui hubungan seksual atau masturbasi akan membuat prostat jadi lebih sehat dan tidak tersumbat.

 

  1. Menurunkan kolesterol

Dalam tubuh, kolesterol diubah menjadi testosteron. Berdasarkan pengamatan, jaringan prostat mengalami pembesaran jika memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sekali. Sebagian pakar mengatakan tips mencegah gangguan prostat bisa dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena pembesaran prostat bisa diperkecil atau diringankan gejalanya.   Tips Mencegah Gangguan Prostat

 

  1. Cukupi kebutuhan lemak essensial

Tips Mencegah Gangguan ProstatMencukupi kebutuhan makanan yang mengandung lemak esensial. Makanan seperti asam lemak omega 3, dan juga mineral seng yang bisa membuat penurunan pada gejala prostat. Makanan dengan kandungan makanan katekin yang paling utama adalah epigalokatekin galat, selenium, sulfaforan, dan juga vitamin c yang bisa mendorong kemampuan dari sistem daya tahan tubuh dan juga untuk membantu menghilangkan racun atau sebagai pencetus kanker. Bukan hanya itu saja, zat-zat tadi juga bisa menjadi tips mencegah gangguan prostat yang membantu meningkatkan terjadinya pembentukan enzim yang bisa menghilangkan sel tumor dan juga penyakit kanker dan termasuk salah satunya adalah penyakit kanker prostat.  Tips Mencegah Gangguan Prostat

 

  1. Perbanyak sayuran

Kadar hormon pria tidak begitu tinggi pada mereka yang banyak makan sayuran, dan itu mungkin menjelaskan mengapa pembesaran prostat jarang dijumpai dalam budaya-budaya atau masyarakat yang memiliki kebiasaan lebih banyak makan sayuran.

 

  1. Batasi makanan dan minuman beralkohol

tips mencegah gangguan prostat yang terakhir dengan batasi makanan dan minuman yang mengandung alcohol. Keduanya dapat meningkatkan iritasi pada kantung kemih, khususnya bila Anda menderita pembesaran prostat. Alkohol bisa sangat merugikan karena berfungsi menekan sistem saraf pusat yang membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot-otot kandung kemih, akibatnya urin tertahan.

 

 

 

Tips Mencegah Gangguan Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*