Tanaman Herbal untuk Kanker Prostat

Tanaman Herbal untuk Kanker Prostat

Tanaman Herbal untuk Kanker Prostat

Kanker Prostat adalah pertumbuhan sel-sel dalam kelenjar prostat mulai tumbuh tak terkendali. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis.

Di Indonesia sendiri, kanker prostat menempati urutan ke-5 sebagai jenis kanker terbanyak, dengan jumlah penderita sebesar 971 orang pada tahun 2011. Pria dengan usia 70-79 tahun merupakan kelompok usia terbanyak yang menderita penyakit prostat.

 

Penyebab Kanker Prostat

Penyebab dari penyakit kanker prostat ini yaitu Umur, usia dianggap menjadi faktor utama dari penyakit postat, hampir usia 45 didiagnosa memiliki penyakit prostat tetapi kebanyakan sering terjadi pada usia 50 tahun. Genetika juga merupakan salah satu faktor seseorang terkena penyakit prostat. Selain itu juga, orang yang melakukan diet berat, obesitas, mengkonsumsi obat-obatan bisa berakibat fatal pada penderita kanker prostat.

 

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat pada umum tidak menimbulkan gejala apapun pada tahap awal. Gejala akan muncul ketika prostat terlalu besar atau mengbengkak dan mulai mempengaruhi uretra. Beberapa gejala itu akan muncul seperti :

  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hati.
  • Terasa sakit atau panas pada penis saat buang air kecil.
  • Terdapat darah dalam urine atau air mani.
  • Sulit saat mengeluarkan urine.

Komplikasi Berbahaya Kanker Prostat

Komplikasi dari kanker prostat dapat terjadi dan biasanya disebabkan oleh kanker itu sendiri atau karena pengobatan. Inkontinensia urin dan disfungsi ereksi adalah yang paling berbahaya bagi orang yang memiliki kanker prostat. Namun, terdapat pula komplikasi lainnya dari kanker prostat, yakni :

  • Kanker menyebar ke organ lainnya (metastasis)
  • Terasa nyeri sekali
  • Inkontinensia
  • Disfungsi ereksi atau impotensi
  • Depresi

 

Tanaman Herbal untuk Kanker Prostat

Guna membantu dalam mengobati dan menghindari komplikasi yang sangat berbahaya dari penyakit ganas ini. Anda dapat menggunakan beberapa tanaman obat herbal sebagai pilihan alternatif pengobatan penyakit kanker prostat yang Anda derita. Berikut ini daftar tanaman herbal untuk kanker prostat, yaitu :

 

  1. Jahe

Jahe merupakan ramuan kuat dan akar dari jahe memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Mengkonsumsi jahe secara teratur dengan dosis yang dianjurkan dokter dapat membantu menghambat proliferasi sel-sel kanker dan dengan demikian membantu mengobati penyakit kanker. Selain itu, Gingerol merupakan bahan aktif dalam jahe memiliki potensi untu menghentikan atau mencegah kanker prostat.

 

  1. Tomat

Lycopene merupakan bahan aktif yang efektif dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Tanaman herbal untuk kanker prostat ini juga dapat berguna untuk mencegah sel-sel baru dari pembentukan kanker. Bukan hanya itu, bahan aktif ini juga membantu dalam penyebaran dari kanker psostas.

 

  1. Delima

Isi delima dapat membantu dalam memperlambat dan penghambat sel-sel kanker prostat. Peneliti ilmiah telah membuktikan fakta bahwa delima termasuk sebagai tanaman herbal untuk kanker prostat karena membantu dalam menyembuhkan kanker prostat. Ia juga menawarkan pencegahan secara keseluruhan terhadap kanker. Untuk itu mengkonsumsi jus delima dapat membantu dalam menyembuhkan kanker prostat.

 

  1. Biji Labu

Tanaman herbal untuk kanker prostat ini bekerja sebagai diuretik dan efektif dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit yang mempengaruhi kelenjar prostat. Biji labu mengandung banyak kandungan seng yang dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini berguna untuk membantu dalam proses pemulihan dari kanker prostat.

 

  1. Kedelai

Kedelai mengandung bahan aktif yang dikenal sebagai phytoestrogen yang dapat menghambat sekresi testosteron. Hal ini bertujuan untuk membatasi aliran darah di daerah kelenjar prostat sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu kedelai adalah ramuan herbal yang sangat efektif yang pasti dapat membantu dalam pemulihan dari kanker prostat.

 

  1. Vitamin D

Telah terbukti secara ilmiah bahwa vitamin D dapat membantu dalam mencegah terjadinya kanker prostat. Tidah hanya dapat mencegah tetapi juga dapat membantu dalam menyembuhkan kanker prostat itu sendiri. Sereal, ikan air dingin serta sinar matahari dapat membantu dalam membangun vitamin D dalam tubuh.

 

  1. Omega 3

Omega 3 sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sifat anti-inflamasi yang kuat dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, kandungan tinggi asam lemak omega 3 dapat membantu dalam mengurangi efek atau gejala yang ditimbulkan dari kanker prostat.

 

  1. Kunyit

Tanaman herbal untuk kanker prostat kunyit ini sangat berperan sebab senyawa aktif dalam kunyit seperti kurkumin berguna untuk membunuh sel kanker tanpa merusak sel sehat. Pernyataan ini didukung oleh penelitian. Beberapa penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa kurkumin memiliki potensi anti-kanker. Ketika diberikan kepada tikus laboratorium secara lisan, kunyit efektif dalam mencegah kanker prostat perut, paru-paru, usus besar, payudara, dan kulit.

 

 

Tanaman Herbal untuk Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*