Sakit Prostat Dan Penyebabnya

Sakit Prostat Dan Penyebabnya

 

 

Prostat adalah kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing (uretra). Ukuran organ ini sebesar biji kemiri dengan diamater empat sentimeter. Semakin bertambah usia, ukuran prostat akan semakin membesar. Pada pria usia 25-30 tahun prostat mencapai berat maksimal, sekitar 25 gram. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Ketika pria mencapai usia pubertas, kelenjar prostat mulai membuat cairan mani. Dan, seiring dengan bertambahnya usia, pria dapat mengalami gangguan prostat diantaranya adalah pembesaran prostat jinak, peradangan prostat, dan kanker prostat.

Sakit Prostat Dan Penyebabnya

Sakit Prostat Dan Penyebabnya – Sakit prostat adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi kaum pria. Biasanya sakit prostat ini muncul ketika seorang pria berusia di atas 50 tahun. Gejala sakit prostat yang sering dikeluhkan adalah sering tidak dapat menahan buang air kecil, apa lagi keinginan itu muncul ketika malam hari. Ditambah lagi, walaupun keinginan untuk membuang air kecil itu ada, tetapi air seni sulit keluar dan terasa sangat sakit. Gejala sakit prostat biasanya ditemukan pada pria di atas usia lima puluh. Ini tidak berarti bahwa laki-laki yang lebih muda tidak terpengaruh oleh kondisi ini. Infeksi sakit prostat ini dapat ditemukan oleh dirinya sendiri dan dapat didiagnosis oleh dokter selama pemeriksaan rutin. Infeksi sakit prostat menyebar dari saluran kemih. Dalam kasus ini, bakteri membuat perjalanan dari uretra sampai ke kelenjar prostat dan menyebabkan infeksi sakit prostat.

 

Penyebab Sakit Prostat menjadi membesar

1.  Pembesaran kelenjar prostat bisa dirangsang dengan pemberian hormon yang sinergis        dengan estrogen.

  1. Pemberian estrogen dengan merangsang reseptor androgen pada seekor anjing akan menimbulkan pembesaran prostat.
  2. Pada tahun 1975, Wilson dkk, memberi estrogen pada seekor anjing percobaan yang telah dikebiri selama 2 tahun. Akibatnya pada binatang percobaan tersebut tidak terjadi pembesaran prostat. Padahal anjing normal yang diberi estrogen dalam waktu yang sama akan terjadi pembesaran prostat.
  3. Pemberian hormon estrogen dan androgen pengganti dengan dosis maintenan tidak menimbulkan pembesaran prostat.
  4. Meskipun pada penderita pembesaran prostat, estrogen yang klasik tetap ada.

 

Tahap-tahap pemeriksaan sederhana pada penyebab sakit prostat membesar

– Menentukan penyebab sakit prostat membesar.

Dokter biasanya memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui beratnya keluhan pengeluaran air seni, dengan menilai skoring berat gejala dari Asosiasi Ahli Urologi Amerika.

– Pemeriksaan fisik Penyebab Sakit Prostat dengan jari melalui anus (rectal touche).

Dengan menggunakan sarung tangan ,dokter memasukan jari telunjuk yang sudah diolesi pelicin seperti parafin, melalui anus. Pemeriksa akan memeriksa apakah pembesaran kelenjar prostat berdasarkan ukurannya, bagian mana prostat yang membesar, bagaimana konsistensinya, dan apakah ada nyeri tekan.

Akan tetapi, pemeriksaan rectal touche ini tidak bisa mendeteksi tumor stadium awal yang masih kecil. Hasil temuan para ahli belakangan ini, dengan kelainan pada pemeriksaan rectal touche berhasil memperkirakan diagnosa kanker prostat sebesar 21-53%. Malahan ada publikasi yang menunjukan bahwa hampir 50% kanker prostat berhasil ditemukan melalui pemeriksaan jari melalui lobang anus.

– Pemeriksaan urologi

Sebagai evaluasi apabila ditemukan kelainan pada rectal touche dan pemeriksaan enzim PSA yang meningkat, perlu pemeriksaan laboratorium air seni untuk mengetahui apakah ada infeksi atau perdarahan.

Itulah sedikit informasi mengenai sakit prostat dan penyebabnya, Semoga artikel tentang sakit prostat dan penyebabnya dapat bermanfaat untuk anda.

Sakit Prostat Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*