Prostatitis Atau Radang Kelenjar Prostat

Prostatitis Atau Radang Kelenjar Prostat

 

Prostatitis adalah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat adalah organ berbentuk seperti kenari yang merupakan bagian dari sistem reproduksi pria dan terletak tepat di bawah kandung kemih. Prostat merupakan suatu struktur dengan dua lobus yang mengelilingi uretra (suatu saluran yang menyalurkan urin dari kandung kemih keluar tubuh melalui penis) dan menghasilkan paling banyak cairan yang terkandung di dalam air mani. Air mani adalah cairan yang berwarna seperti susu yang mengandung protein dan nutrisi yang memelihara dan mengangkut sperma keluar dari penis sewaktu ejakulasi.

Prostatitis Atau Radang Kelenjar Prostat

Prostatitis Atau Radang Kelenjar Prostat

Prostatitis jarang terjadi pada pria yang kurang dari 30 tahun. Namun,tampaknya menjadi kondisi umum pada pria yang lebih tua. Gejala awal gangguan pada prostat haruslah diwaspadai. Pemeriksaan dokter harus dilakukan segera. Apabila pada saat pemeriksaan ditemukan infeksi pada prostat,dan sewaktu prostat ditekan terasa sakit,maka keadaan ini disebut prostatitis.

Pada-prostatitis, pembengkakan kelenjar prostat akibat peradangan menyebabkan rasa nyeri dan kesulitan berkemih. Kebanyakan pria juga menunjukkan gejala nyeri pada saat ejakulasi sewaktu melakukan hubungan seksual. Terdapat empat tipe gangguan-prostatitis, antara lain:

  1. Prostatitis-Bakterialis-Akut adalah bentuk yang jarang terjadi tetapi merupakan bentuk yang paling berat yang disebabkan karena infeksi bakteri yang tiba-tiba. Hal ini mudah untuk dikenali melalui awitan gejala yang timbul secara tiba-tiba, seperti nyeri saat berkemih, nyeri punggung bagian bawah, demam dan menggigil.
  1. Prostatitis-Bakterialis-Kronis yang juga disebabkan oleh infeksi bakteri tetapi gejalanya timbul secara bertahap dan bertahan selama lebih dari 3 bulan.
  1. Prostatitis-Kronis adalah bentuk paling sering dari prostatitisdan tidak disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyebab pastinya biasanya tidak diketahui. Gejala-gejala sama dengan prostatitis bakterialis akut tetapi tanpa disertai demam.
  1. Prostatitis-Inflamatori-Asimtomatik tidak menimbulkan gejala apapun dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja ketika melakukan tes untuk masalah lain. Gangguan-prostatitis yang disebabkan oleh bakteri dapat ditangani dengan menggunakan antibiotik. Pengilang rasa nyeri juga dapat digunakan untuk mengendalikan gejala. Penderita kondisi ini tidak memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker prostat.

Gejala-Penyakit-Prostatitis

Jenis prostatitis menunjukkan gejala yang berbeda, tergantung penyebabnya. Berikut ini beberapa gejala-penyakitprostatitis yang penting diketahui:

  • Merasa nyeri atau seperti terbakar saat kencing (disuria)
  • Kesulitan buang air kecil (dribbling)
  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hari (nokturia)
  • Merasa nyeri di bagian perut, paha atau punggung bawah
  • Rasa nyeri di daerah perineum, antara skrotum dan rektum
  • Rasa tidak nyaman pada penis dan testis
  • Rasa sakit saat orgasme atau ejakulasi
  • Seperti sedang flu (jika penyebabnya adalah bakteri prostatitis)

Jangan pernah merasa bebas dari gangguan prostat meskipun usia anda masih sangat muda. Gangguang-Prostatitis adalah penyakit prostat di semua umur. Segeralah ke dokter jika anda merasa mengalami rasa nyeri di panggul, merasa sulit atau sakit saat kencing, juga jika mengalami ejakulasi yang menyakitkan. Seperti semua jenis penyakit lainnya, prostatitis-jika tidak segera diobati dapat menimbulkan infeksi yang berbahaya.

Penyebab Gangguan Prostat

Penyebab pasti penyakit prostat ini tidak diketahui secara pasti tetapi biasanya merupakan hasil dari penyebaran bakteri di kandung kemih. Bakteri dari kandung kemih dan uretra menyebar ke prostat, pihak medis belum pasti mengetahui bagaimana bakteri bisa berada di dalam saluran kemih.

Bakteri yang tersembunyi dalam prostat dapat menimbulkan prostatitis-kronis. Beberapa pria yang merasakan gejala sakit tidak memiliki peradangan pada prostatnya. Selain oleh bakteri, prostatitis juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, yaitu:

  • Kekebalan tubuh rendah
  • Gangguan pada sistem syaraf
  • Adanya cedera pada daerah prostat dan sekitarnya

Terkadang, prostatitis disebabkan oleh organisme menular seksual, seperti klamidia dan mikoplasma, keduanya dapat ditularkan melalui hubungan badan. Namun, mengingat sebagian besar kasus prostatitis disebabkan oleh infeksi tidak menular seksual, maka hanya sedikit kasus-prostatitis yang ditularkan melalui hubungan badan.

Prostatitis dapat diketahui dengan pemeriksaan kadar Antigen Prostat Spesifik (PSA). PSA adalah protein yang dihasilkan  prostat. Pada umumnya pengujian PSA dilakukan untuk tes kanker prostat karena sel-sel kanker memiliki kadar PSA yang lebih banyak ketimbang sel non kanker. Prostatitis juga dapat meningkatkan kadar PSA tapi meski demikian sampai sekarang belum ada bukti yang menyebutkan bahwa penyakit prostatitis dapat berubah menjadi kanker prostat.

Prostatitis Atau Radang Kelenjar Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*