Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar berbentuk seperti kacang kenari yang terletak di bawah kandung kemih dan di sekeliling uretra (pangkal kandung kemih). Kelenjar prostat merupakan bagian organ tubuh yang ada pada sistem reproduksi pria. Kelenjar prostat pun bisa terkena peradangan dan infeksi. Itulah yang dikenal dengan nama Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat. Infeksi pada prostat tersebut juga dapat menyebar ke skrotum (kantong zakar). Bila sudah demikian, maka skrotum akan membengkak, memerah, terasa nyeri hebat yang berpotensi menyebabkan impotensi.

 

Pria menderita Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat kronis sekitar 30%- 50%,diantaranya pasien berusia 20-40 ada sekitar 50%-80%. Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat tidak meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat. Pada kebanyakan laki-laki, prostatitis tidak mengganggu kehidupan seksual dan juga tidak menular kepada pasangannya.Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat sebenarnya tidak secara langsung berhubungan dengan disfungsi ereksi, tetapi kelainan ini memang menimbulkan gejala-gejala yang dapat mengganggu kehidupan seksual seseorang. Gejala-gejala itu antara lain hilangnya gairah sex (libido) karena rasa sakit sekitar penis dan testis, rasa sakit pada saat ejakulasi dan haemospermia yakni terdapat darah dalam cairan ejakulasi.

 

Tipe- Tipe Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat :

  1. Prostatitis bakteri akut (Acute bacterial prostatitis)

Acute bacterial prostatitis adalah infeksi dari prostate yang seringkali disebabkan oleh beberapa dari bakteri-bakteri yang sama yang menyebabkan infeksi-infeksi kantong kemih. Ini termasuk E. coli, Klebsiella, dan Proteus.

  1. Prostatitis bakteri kronis (Chronic bacterial prostatitis)

Chronic bacterial prostatitis adalah penyakit yang tidak umum dimana ada infeksi bakteri yang sedang berjalan dalam prostate.

  1. Prostatitis kronis tanpa infeksi (Chronic prostatitis without infection)

Kondisi dimana ada kekambuhan nyeri pelvis, testicle, atau rectal tanpa bukti dari infeksi kantong kemih.

 

Penyebab Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

Belum diketahui penyebab sebenarnya dari Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat tersebut tetapi kadang merupakan penyebaran infeksi bakteri dari saluran kemih. Selain itu, Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat bisa juga disebabkan infeksi jamur, protozoa, dan virus. Penyebab dari prostatitis juga disebabkan oleh beberapa factor sebagai berikut :

  • Kemacetan prostat: kemacetan salah satu penyebabnya, kemacetan pasif merupakan faktor patogen penting. Penyakit ini biasanya bukan karena infeksi atau mikroba patogen lainnya menyerang.
  • Stimulasi urin: Dalam urin mengandung banyak bahan kimia yang bersifat basa. Ketika gangguan saraf endokrin lokal meningkatnya tekanan dan uretra setelah pintu prostat rusak akan membuat rangsangan kimia seperti nyeri saat buang air ke kecil.
  • Gangguan pada system saraf : pada system saraf bagian prostat mengalami gangguan atau kemacetan pada saraf sehingga menyebabkan Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat.
  • Kekebalan tubuh yang rendah
  • Adanya cedera pada daerah prostat dan sekitarnya

 

Gejala Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

Gejela Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat Kronis: (gejala radang prostat kronis bervariasi,keparahan juga bervariasi,ada yang tidak ada gejala sema sekali, ada yang seluruh tubuh tidak nyaman).

  1. Ketidaknyamanan pada buang air kecil: bisa muncul iritasi kandung kemih seperti sering buang air kecil,buang air kecil terasa nyeri serta radiasi ke kepala penis. Pagi hari buang air kecil akan ada sekresi mukosa, juga ada rasa susah buang air kecil.
  2. Gejala local: ketidaknyamanan pada saluran kemih belakang,perineum. Jongkok,buang air besar serta duduk dikursi terlalu lama maka pembengkakan akan bertambah parah.
  3. Nyeri peluruhan radioaktif:nyeri radang prostat kronis dan tidak hanya terbatas pada uretra dan perineum yang paling umum adalah nyeri pinggang. Selain itu bisa berpengaruh pada penis, kordas permatika, testis skrotum, perut kecil, daerah groin(akar paha besar) dan rektum dll (perlu diketahui adalah radang prostat kronis yang menyebabkan sakit pinggang ada pada bagian perut bawah. Ortopedi menyebabkan nyeri punggung seperti radang myofascial, ketegangan otot, tapi sekitar belt akan lebih mudah menyebabkan radang prostat.
  4. Disfungsi seksual: radang prostat kronis dapat menyebabkan penurunan libido dan sakit pada saat berejakulasi,ejakulasi dinidan mempengaruhi kualitas air mani,setelah buang air kecil atau buang air besar dapat muncul uretra putih,dan jika disertai radang vesikula seminalis maka bisa muncul sperma darah.
  5. Demam
  6. Menggigil
  7. Merasa nyeri atau seperti terasa terbakar saat kencing(Disuria)
  8. Terasa panas saat buang air kecil dan ejakulasi
  9. Sering buang air kecil terutama pada malam hari (Nokturia)
  10. Merasa nyeri di bagian perut, paha atau bagian punggung bawah
  11. Rasa nyeri dibagian Perineum antara skrotum dan rektrum
  12. Rasa tidak nyaman pada penis dan testis
  13. Seperti sedang flu(jika penyebabnya adalah bakteri prostatitis)
  14. Gejala lain: radang prostat kronis disertai penyakit psychasthenia. Gejalanya adalah terjadinya kelelahan,pusing,susah tidur. Menderita radang prostat jangka panjang dapat menyebabkan reaksi metamorphosis pada tubuh,radang konjungtiva dan radang sendi.

 

Faktor resiko Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

Beberapa faktor resiko Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat meliputi:

  • Faktor genetik dan hormon
  • Lebih dari 80 persen kasus Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat ditemui pada pria di atas usia 65 tahun
  • Kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan kemungkinan Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat
  • Gaya hidup
  • Perokok atau sering menghirup asap rokok
  • Tekanan emosi (Stress) juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat
  • Tipe berat badan yang mengganggu prostat adalah tipe bentuk tubuh membesar di bagian pinggang dengan perut buncit seperti apel
  • Penderita diabetes melitus

 

Pencegahan Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

Pencegahan Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh para pria yang memiliki resiko melainkan semua pria. Berikut beberapa tips pencegahan gangguan prostat:

  • Konsumsi banyak sayuran dan buah, kurangi makanan berlemak, hindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan/minuman yang mengandung antioksidan dan omega-3. Omega 3 dapat ditemukan pada Ikan salmon, mackerel, tuna dan herring. Kerang, padi-padian, biji-bijian, bekatul, susu, dan polong-polongan mengandung mineral seng yang juga sangat baik untuk penderita gangguan prostat.
  • Menjalankan gaya hidup sehat
  • Olahraga rutin

 

Prostatitis atau Radang Kelenjar Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*