Prosedur Pengobatan Kanker Prostat

Prosedur Pengobatan Kanker Prostat

Prosedur Pengobatan Kanker Prostat

Kanker prostat adalah pertumbuhan berlebih sel abnormal di kelenjar prostat. Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker pada laki-laki yang sering terjadi. Kanker prostat biasanya tumbuh lambat. Jika kanker dideteksi dini (saat kanker masih terbatas di kelenjar prostat) keberhasilan pengobatan akaan lebih tinggi.

 

Seberapa umumkah kanker prostat?

Risiko kanker prostat meningkat pada usia tua. Berdasarkan survey, kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling terjadi dan merupakan salah satu penyebab kematian pada laki-laki. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker prostat dengan mengurangi faktor risiko.

Secara umum, organ akan berhenti bertumbuh saat tubuh memasuki usia dewasa – di sekitar usia 25 tahun. Akan tetapi, prostat terus bertumbuh sampai seorang pria mencapai usia di mana testosteronnya menurun. Saat testosteron menurun, sebuah enzim spesifik di prostat akan mencoba mengubah testosterone menjadi DHT (Dihidrotestosteron) dalam jumlah besar, yang menyebabkan meningkatnya jaringan prostat dan bertumbuhnya ukuran prostat. Tetapi kadang prostat bisa tumbuh besar secara abnormal. Besar prostat yang abnormal bisa menyebabkan bermacam penyakit yang berhubungan dengan prostat, termasuk kanker prostat.

 

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker prostat?

Kanker prostat biasanya tidak bergejala saat stadium awal. Kanker prostat stadium lanjut dapat menyebabkan gejala seperti:

  • Sulit berkemih
  • Penurunan aliran urin
  • Darah pada semen
  • Sering buang air kecil

 

Selain itu, jika kanker sudah menyebar ke organ lain seperti tulang (pelvis, iga atau tulang belakang) dan ginjal, pasien akan sering merasa nyeri di punggung bawah dan pelvis, tulang akan rapuh dan mudah patah. Kanker prostat dapat menyebar ke otak, menyebabkna kejang, bingung, sakit kepala, depresi atau gejala neurologi lain.

 

Prosedur Pengobatan Kanker Prostat

Prosedur pengobatan kanker prostat ditentukan oleh letak, besar, stadium kanker, dan kondisi fisik pasien. Saat ini, pasien memiliki beragam opsi yang bisa dipilih untuk mengobati kanker prostat, termasuk di antaranya:

 

  1. Laparoskopi Radikal Prostatektomi

Prosedur pengobatan kanker prostat ini telah dikembangkan sejak operasi bedah perut tradisional. Dengan metode ini, dokter memasukkan kamera kecil yang disebut dengan laparoskopi dan alat spesial lainnya melalui 5 sayatan kecil pada bagian perut di bawah pusar, dan melakukan operasi melalui gambaran pada layar. Hasil operasi jenis ini di antaranya rasa sakit yang lebih sedikit, pemulihan lebih cepat, efek samping yang lebih sedikit, dan hasil pengobatan yang lebih baik dibandingkan dengan operasi bedah perut.

 

  1. Bedah Robotik Da Vinci

Prosedur pengobatan kanker prostat ini melibatkan penggunaan tangan robot yang dikendalikan oleh dokter bedah. Keuntungannya bukan hanya rasa sakit yang sedikit dan pemulihan lebih cepat seperti pada operasi laparoskopi, tetapi juga mengurangi kemungkinan terjadinya inkontinensia urin atau disfungsi ereksi pasca operasi.

 

  1. Terapi Radiasi

Terapi ini termasuk brakiterapi (radiasi internal) dan sinar radiasi eksternal. Penggunaan terapi radiasi ini tergantung pada stadium kanker prostat, beresiko rendah, menengah atau beresiko tinggi.

 

  1. Kemoterapi

Hasil prosedur pengobatan kanker prostat dengan kemoterapi sedang meningkat saat ini. Di saat yang bersamaan, dokter juga memiliki cara untuk membantu meringankan dan mengurangi efek samping.

 

  1. Trans-Urethral Resection atau TURP

Prosedur pengobatan kanker prostat TURP ini merupakan sebuah proses yang bakal memotong bagian dari kelenjar prostat pasien. Agar rasa sakitnya tak terasa selama berjalannya operasi, pasien akan diberikan anestesi umum. Operasi ini dilakukan untuk membuat gejala gangguan buang air kecil menjadi lebih ringan.

Prosedur pengobatan kanker prostat ini biasanya dilakukan dokter dengan memasukkan kawat besi yang di ujungnya ada bagian melingkar ke dalam uretra yang menuju prostat. Dokter pun memanfaatkan arus listrik demi dapat memanaskan bagian melingkar tersebut. Dari proses tersebut, kanker prostat pun akhirnya dapat dipotong.

 

  1. Terapi Hormon

Seringkali digunakan sebagai pengobatan tambahan setelah operasi atau pada kasus di mana kanker dalam stadium metastatis. Dengan prosedur pengobatan kanker prostat ini, dokter akan mencoba mengurangi atau menghentikan badan menghasilkan hormon testosteron pria melalui obat atau dalam beberapa kasus, mengangkat testis sepenuhnya.

 

 

 

Prosedur Pengobatan Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*