Penyebab Prostatitis dan Pencegahannya

Penyebab Prostatitis dan Pencegahannya

Ini adalah penyakit dimana penderita mengalami peradangan secara khusus pada kelenjar prostat.

Banyak orang mungkin mengetahui apa itu prostatitis, tetapi tidak mengetahui apa penyebabnya. Jika Anda ingin menjauh dari penyakit prostatitis ini , mengetahui tiga penyebab prostatitis yang utama di bawah ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Sehingga anda bisa menghilangkan atau setidaknya bisa mengurangi kemungkinan dan resiko terkena prostatitis .

Penyakit prostat terutama prostatitis yang sangat umum dialami oleh pria ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal-hal tersebut terkadang terlihat sepele dan seringkali dilakukan. Setelah diketahui penyebabnya, maka sebisa mungkin harus dilakukan upaya pencegahan. Pencegahan pada penyakit ini pun bisa dilakukan dengan tekun dan pengetahuan yang tepat.

Penyebab Prostatitis dan Pencegahannya

Penyebab Prostatitis dan Pencegahannya

Jika sudah mengalami penyakit ini maka penderita akan merasakan gejala seperti rasa nyeri di selangkangan, atau rasa nyeri pada daerah sekitar penis dan anus atau punggung bagian bawah. Penyebab Prostatitis– Jika penyakit ini terus berlanjut maka infeksi juga menyebabkan penderita mengalami demam dan menggigil, selain kesulitan untuk berkemih dan jika berkemih akan bernanah atau berdarah. Gejala paling fatal adalah impotensi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab prostatitis yang umum di jumpai pada pria :

1.      Minum Alkohol

Penyebab Prostatitis- Pasien prostatitis tidak boleh minum alkohol, tetapi berlaku juga bagi laki-laki yang sehat, karena minum berlebihan dapat merusak kemampuan resistensi, membuat pria kekurangan vitamin. Terlebih lagi, banyak minum alkohol juga dapat mengurangi kemampuan resistensi saluran pernapasan, kerusakan hati dan ginjal, menyebabkan anemia dan membuat kelenjar prostat mudah diserang oleh bakteri dan virus.

2.      Duduk Lama

Penyebab Prostatitis- Duduk dalam waktu lama merupakan penyebab utama dari prostatitis. Duduk dapat memperlambat sirkulasi darah prostat dan membuat kemacetan kelenjar prostat.  Jika laki-laki harus tetap duduk untuk waktu yang lama karena pekerjaannya atau alasan lain, tidak ada keraguan bahwa itu sangat mempengaruhi prostatitis. Jika ingin jauh dari itu, akan lebih baik untuk mengubah posisi dan berjalan sedikit setiap jam.

3.      Naik motor

Penyebab Prostatitis– Naik motor adalah faktor ketiga penyakit ini. Ada cerita tentang seorang pria gemuk yang ingin menurunkan berat badan, sehingga ia memutuskan untuk naik motor, tapi setelah satu bulan naik motor 10 km per hari, ia menjadi seorang pria ramping dengan prostatitis. Meskipun ia menjadi langsing, tapi naik motor dalam waktu lama juga memberinya prostatitis. Mengapa orang ini terkena penyakit ini pada akhirnya? Karena tekanan yang disebabkan oleh naik motor lebih parah daripada duduk, jadi naik motor mempermudah macetnya kelenjar prostat dan mempengaruhi bakteri. Jika Anda adalah seorang pengendara, Anda harus berjalan setiap beberapa saat.

4.  Penyebab Prostatitis- Hiperemia prostat

Merupakan penyebab langsung dari radang prostat, hiperemia prostat disebabkan karena pria yang duduk dalam waktu lama, menyebabkan berat yang berpusat pada satu badan sehingga terjadi penekanan pada bagian perineum sehingga terobstruksi yang mengakibatkan peredaran darah tidak lancer.Jika dibiarkan untuk waktu yang lama akan menjadi radang prostat.

5.  Penyebab Prostatitis- Infeksi langsung karena faktor luar

Saat bekerja uretra akan membawa bakteri masuk atau peradangan yang menjalar ke bawah, mengakibatakan infeksi prostat.Hal ini merupakan salah satu penyebab prostatitis.

6.  Seringnya masturbasi

Penyebab Prostatitis– Masturbasi merupakan perilaku seks untuk kesenangan diri sendiri jika dilakukan oleh pria maka akan mengakibatkan hyperemia setelah pulih akan terjadi hyperemia kembali jika terus –terusan akan terjadi peradangan.

7.  Penyebab Prostatitis- Kehidupan seks yang tidak bersih

Kebiasaan hidup pria memberi pengaruh yang besar, dalam kehidupannya harus menghindari kehidupan seks yang tidak bersih, karena akan menyebabkan infeksi jamur yang akan menjadi radang prostat, begitu terkena penyakit ini, akan sulit untuk disembuhkan.

Selain penyebabnya yang harus diketahui, langkah pencegahan penyakit prostatitis ini juga perlu dilakukan, adapun langkah tersebut sebagai berikut:

  • Aktivitas seksual yang tidak berlebihan, paling tidak cukup 1-2 kali seminggu
  • Jangan menahan buang air kecil
  • Banyak minum
  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Berendam pada air hangat minimal 20 menit sehari
  • Jangan duduk terlalu lama

 

Penyebab Prostatitis dan Pencegahannya

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*