Penyebab Penyakit Prostat Dan Pencegahannya

Penyebab Penyakit Prostat Dan Pencegahannya

 

Penyebab Penyakit Prostat – Penyakit prostat pada pria umumnya mulai membesat setelah pria melewati usia 40 tahun. Hal ini disebabkan oleh semakin menurunnuya hormone laki-laki. Namun taik semua pria diatas umur 40 tahun pasti prostat-nya membesar. Jika sudah sampai membesar, prostat akan bertambah besar dengan semakin menuanya usia. Pembesaran prostat arah tumbuhnya umumnya ke bagian tengah, sehingga menjepit pipa saluran kemih yang melewatinya. Semakin membesar prostat, semakin menyundul kandung kemih yang berada diatasnya., sehingga bagian alas kandung kemih terdesak.

Sampai sekarang belum jelas mengapa ada penyakit prostat pada pria yang membesar ada pula pria yang tidak mengalaminya. Tak ada kaitannya dengan urusan seksual. Bukan lantaran kelebihan atau kekurangan seks, maka prostat terganggu . Diduga mineral seng (Zn) berperan dalam kehidupan prostat. Prostat satu organ tubuh yang banyak kandungan unsur Zn-nya.

Penyebab Penyakit Prostat Dan Pencegahannya

Penyebab Penyakit Prostat

  • Berusia lanjut menjadi faktor penyebab penyakit prostat, penyakit prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  • Faktor keturunan penyebab penyakit prostat. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami penyakit prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  • Obesitas penyebab penyakit prostat, laki-laki yang memiliki penyakit prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.
  • Perubahan abnormalitas patologis prostat penyebab penyakit prostat, pria yang menderita Intraphitelial neoplasia prostat, kemungkinan terkena kanker prostatnya meningkat secara jelas.
  • Pola makan penyebab penyakit prostat, pria yang sering makan makanan tinggi lemak hewani adalah golongan pria yang gampang terkena penyakit prostat.
  • Hormon jantan penyebab penyakit prostat, hormon jantan dalam badan dapat memperlancar tumbuhnnya penyakit prostat, merupakan salah satu penyebab penyakit prostat.

Itulah beberapa penyebab penyakit prostat yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui faktor penyebab penyakit prostat langkah selanjutnya adalah melakukan pencegahan.

Gejala Penyakit Prostatitis

Jenis prostatitis menunjukkan gejala yang berbeda, tergantung penyebabnya. Berikut ini beberapa gejala penyakit prostatitis yang penting diketahui:

  • Merasa nyeri atau seperti terbakar saat kencing (disuria)
  • Kesulitan buang air kecil (dribbling)
  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hari (nokturia)
  • Merasa nyeri di bagian perut, paha atau punggung bawah
  • Rasa nyeri di daerah perineum, antara skrotum dan rektum
  • Rasa tidak nyaman pada penis dan testis
  • Rasa sakit saat orgasme atau ejakulasi
  • Seperti sedang flu (jika penyebabnya adalah bakteri prostatitis)

Jangan pernah merasa bebas dari gangguan prostat meskipun usia anda masih sangat muda. Prostatitis adalah penyakit prostat di semua umur. Segeralah ke dokter jika anda merasa mengalami rasa nyeri di panggul, merasa sulit atau sakit saat kencing, juga jika mengalami ejakulasi yang menyakitkan. Seperti semua jenis penyakit lainnya, prostatitis jika tidak segera diobati dapat menimbulkan infeksi yang berbahaya.

Pencegahan gangguan sakit prostat

Meskipun pembesaran prostat wajar terjadi pada pria, namun anda bisa mencegah agar gangguan penyakit prostat pria tersebut tidak datang terlalu dini. Yaitu dengan mengubah gaya hidup agar bisa menurunkan risiko pembesaran prostat. Lakukan olah raga secara aktif untuk mengurangi lemak di perut. Makanlah, makanan rendah lemak dan banyak konsumsi sayur, buah dan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol yang berlebihan. Lemak di perut, selain meningkatkan gangguan sakit prostat, juga akan meningkatkan gejala penyakit jantung.

Menjalankan pola hidup sehat.

Cara yang paling sederhana adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan.

Cukupi kebutuhan lemak esensial.

Asam lemak omega 3, dan mineral seng dapat mengurangi gejala gangguan sakit prostat. Makanan yang kaya akan katekin terutama epigalokatekin galat (epigallocatechinsgallate), selenium, sulforafan, dan vitamin C mendorong kemampuan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan racun pencetus kanker (karsinogenik). Tidak hanya itu, zat-zat tersebut juga meningkatkan pembentukan enzim penumpas sel tumor dan kanker, termasuk kanker prostat.

Seringlah mengonsumsi kubis-kubisan.

Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan gangguan prostat.

Periksakan kesehatan prostat secara rutin ke dokter.

Ini untuk mengantisipasi munculnya gangguan pada prostat. Jika ditemukan suatu masalah, dapat segera memperoleh penanganan.

Penyebab Penyakit Prostat Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*