Penyebab Kelainan pada Prostat

Penyebab Kelainan pada Prostat

 

GejPenyebab Kelainan pada Prostatala Penyakit Prostat Pada PriaPenyebab Kelainan pada Prostat – Hingga saat ini, munculnya kelainan pada kelenjar prostat, salah satunya kanker prostat, belum bisa diketahui secara pasti. Namun berdasarkan studi kasus, beberapa Penyebab Kelainan pada Prostat, diantaranya :

 

  1. Faktor Usia

Penyebab Kelainan pada Prostat yang pertama yaitu faktor usia. Berdasarkan penelitian, lebih dari 80% kasus penderita kanker prostat merupakan pria yang berusia di atas 65 tahun. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan pria yang masih berusia muda untuk terkena gangguan kelenjar prostat, terutama bagi mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Biasanya, kanker prostat baru terdiagnosis ketika berusia lanjut karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui gejala-gejala awal yang menandakan adanya gejala Penyebab Kelainan pada Prostat.

 

  1. Riwayat Kesehatan Keluarga

Penyebab Kelainan pada Prostat, terutama kanker prostat kebanyakan juga dipengaruhi oleh faktor genetis. Penelitian menunjukkan, Penyebab Kelainan pada Prostat terjadi lebih sering pada pria yang memiliki anggota keluarga yang terkena kanker (keluarga laki-laki yang menderita kanker prostat atau keluarga wanita yang menderita kanker payudara) memiliki resiko lebih besar untuk menderita kanker prostat dibandingkan mereka yang memiliki anggota keluarga yang tidak memiliki riwayat penyakit kanker.

 

  1. Asupan Makanan

Penyebab Kelainan padaPenyebab Kelainan pada Prostat Prostat juga dipengaruhi oleh pola asupan makanan. Asupan kalsium secara berlebihan ternyata terbukti dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker prostat. Dengan kata lain, meskipun kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang, namun asupannya tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan. Menjaga pola makan seimbang dan terkontrol akan membantu proses pencegahan kanker prostat dan menjaga kesehatan tubuh.

 

  1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga akan menjadi Penyebab Kelainan pada Prostat. Obesitas menyebabkan adanya penumpukan lemak di berbagai organ di dalam tubuh, salah satunya di kelenjar prostat. Penumpukan lemak tersebut sekaligus akan meningkatkan resiko kanker sebab lemak berlebih di dalam tubuh akan berubah menjadi racun di dalam tubuh. Lambat laun, racun tersebut akan berubah menjadi sel-sel kanker. Untuk itulah Anda harus menjaga berat badan Anda agar tetap ideal dan terkontrol.

 

  1. Merokok

Tidak hanya menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan kanker saja, kebiasaan merokok juga akan meningkatkan resiko untuk terkena kanker prostat ataupun Penyebab Kelainan pada Prostat. Kebiasaan merokok terbukti akan meningkatkan suplai racun yang berasal dari nikotin ke dalam tubuh. Jika kebiasaan merokok tidak dihentikan, sudah pasti akan ada penumpukan racun di dalam tubuh. Jika kondisi ini terus dibiarkan, penumpukan racun tersebut akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya gejala Penyebab Kelainan pada Prostat.

 

Diagnosis Gejala Prostat

Jika Anda mengalami beberapa gejala Penyebab Kelainan pada Prostat seperti yang telah dijelaskan di atas, maka segeralah lakukan pemeriksaan medis untuk memastikan kondisi prostat ataupun kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh. Gejala Penyebab Kelainan pada Prostat mungkin tidak akan nampak dengan begitu jelas sehingga banyak pria yang mengabaikan gejala-gejala kecil yang mereka alami. Akibatnya sering terjadi keterlambatan penanganan sehingga meningkatkan rasio kematian bagi penderitanya. Untuk itu bagi Anda para pria yang mengalami gejala seringan apapun seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis. Adapun diagnosis gejala Penyebab Kelainan pada Prostat yang akan dilakukan biasanya harus melalui beberapa macam prosedur sebagai berikut:

 

  1. Pemeriksaan Colok Dubur

Metode pemeriksaan ini dilakukan dengan cara memasukkan jari yang sudah dibungkus dengan sarung tangan dan telah diolesi dengan pelumas ke dalam rektum. Cara tersebut berguna untuk memeriksa kelenjar prostat yang posisinya berada di sebelah rektum. Apabila dokter menmukan adanya ketidaknormalan pada tekstur, bentuk, dan juga ukuran kelenjar prostat maka kemungkinan besar dokter akan memerlukan tes lanjutan lainnya. – Penyebab Kelainan pada Prostat

 

  1. Tes PSA atau Antigen Khusus Prostat

Apabila dokter menemukan adanya ketidaknormalan pada kelenjar prostat Anda, maka kemungkinan besar dokter akan melakukan tes PSA. Prostat merupakan kelenjar yang menghasilkan protein yang disebut dengan PSA. Kadar PSA di dalam darah pria jumlahnya tidak cukup banyak, namun jumlah PSA di dalam darah biasanya akan mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan usia seseorang. Dengan melakukan uji PSA, dokter bisa mengidentifikasi apakah ada kemungkinan terdapat gejala prostat ataukah tidak. Jika jumlah PSA di dalam darah mengalami peningkatan dimungkinan pasien menderita pembesaran prostat atau bisa juga karena kanker prostat. Akan tetapi, diagnosis gejala prostat menggunakan metode ini tidak sepenuhnya akurat. Tidak semua penderita gejala prostat mengalami kenaikan kadar PSA di dalam darah. Hanya ada sekitar 45% penderita gejala prostat yang mengalami kenaikan kadar PSA di dalam darah.

 

  1. Biopsi

Metode biopsi merupakan metode yang paling bisa diandalkan untuk memastikan apakah kelenjar prostat mengalami kelainan atau tidak. Metode biopsi dilakukan dengan cara mengambil sampel jaringan yang ada di kelenjar ini. Selanjutnya sampel jaringan tersebut akan diteliti di laboratorium, apakah mengandung sel kanker ataukah tidak. Bisa dikatakan, tes ini akan memberikan hasil yang akurat mengenai kondisi prostat Anda.

 

Selain ketiga metode diagnosis yang telah disebutkan di atas, kemungkinan besar dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan tes MRI atau CT scan untuk mengetahui apakah sel kanker sudah menyebar ke area lain atau belum.

 

 

Penyebab Kelainan pada Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*