Penyebab Kanker Prostat Bagi Pria

Penyebab Kanker Prostat Bagi Pria

 

Penyebab Kanker Prostat Bagi Pria

Penyebab Kanker Prostat Bagi Pria

Penyebab Kanker Prostat -Prostat adalah kelenjar berbentuk seperti buah kenari yang dapat menghasilkan cairan mani yang menghantarkan dan juga memeliharnya. Sedangkan kanker prostat merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Pada umumnya penyakit ini menyerang seorang pria yang sudah berumur 70 tahun ke atas. Seperti yang Anda ketahui kanker prostat merupakan salah satu penyakit penyebab kematian akibat kanker.

Faktor Risiko Penyebab Kanker Prostat

Penelitian menunjukkan bahwa, seperti kanker lainnya, kanker prostat adalah penyakit multifaktorial yang merupakan kombinasi keturunan, etnis, hormon, diet dan lingkungan. Tidak dapat dipastikan penyebab kanker prostat secara pasti namun ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor risiko seseorang terkena kanker prostat. Faktor-faktor risiko penyebab kanker prostat tersebut adalah :

  • Umur -faktor risiko penyebab kanker prostat : Risiko terkena kanker prostat meningkat di usia > 50 tahun
  • Etnis –faktor risiko penyebab kanker prostat : Pria Amerika-Afrika berisiko 1,5 – 2 kali lebih besar untuk terkena kanker prostat dibandingkan ras kulit putih
  • Faktor keturunan -faktor risiko penyebab kanker prostat : Pria dengan riwayat kanker prostat dalam keluarga mereka, berisiko 2 – 3 kali lebih besar . Sejarah keluarga dengan kanker prostat. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami kanker prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  • Kebiasaan Makan -faktor risiko penyebab kanker prostat : Diet tinggi lemak telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat.
  • Agen kimia -faktor risiko penyebab kanker prostat : Paparan terhadap bahan kimia seperti cadmium telah terlibat dalam perkembangan kanker prostat.
  • Obesitas -faktor risiko penyebab kanker prostat : Laki-laki yang memiliki kanker prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.

Pencegahan Pada Kanker Prostat

Kanker prostat dipengaruhi oleh keturunan, etnis, dan pertambahan usia. Kanker prostat jarang terjadi pada pria Asia dan sering terjadi pada pria di Amerika Serikat serta Eropa. Kanker prostat ini paling sering menyerang orang berkulit hitam. Walau kanker prostat jarang terjadi di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, kanker ini bukan berarti tidak bisa menghampiri anda yang notabene orang Asia. Seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka tidak ada salahnya jika anda mencegah kanker ini sebelum ia menghampiri anda. Memang tidak ada pencegahan kanker prostat secara mutlak, namun bukti menunjukkan jika makanan sangat memainkan peran yang besar terhadap kanker prostat ini. Berikut adalah tips-tips dalam mencegah kanker prostat, diantaranya adalah :

Makan tomat dan makanan berwarna merah lainnya

Tomat, semangka, dan makanan merah lainnya cenderung mengandung antioksidan yang disebut likopen. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi produk tomat, termasuk saus, memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Makan sayuran hijau

Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Sayuran hijau mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh dalam memecah zat penyebab kanker (karsinogen).

Makan ikan secara rutin

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat membantu mengurangi risiko anda terkena kanker prostat. Omega-3 banyak ditemukan dalam ikan berlemak seperti ikan salmon, sarden, dan tuna. Penelitian dari UCLA (tahun 2011) menemukan bahwa makanan rendah lemak yang dikombinasikan dengan suplemen minyak ikan dapat memperlambat penyebaran sel kanker prostat.

Konsumsi tahu dan teh hijau

Menurut Mayo Clinic, sebuah nutrisi yang disebut dengan isoflavon telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Isoflavon banyak ditemukan pada tahu (dari kedelai), kacang tanah, dan lentil. selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang minum teh hijau atau suplemen ekstrak teh hijau memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Konsumsi lemak nabati

Beberapa penelitian menunjukkan sebuah hubungan antara lemak hewani dan meningkatnya risiko kanker prostat. Selain daging, lemak hewani juga ditemukan pada mentega dan keju. Bila memungkinkan, ganti lemak hewani dengan lemak nabati. Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun, permen dengan buah, keripik kentang dengan sayuran segar, keju dengan kacang, dan lain sebagainya.

Penyebab Kanker Prostat Bagi Pria

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*