Penyakit Prostat Penyebab Dan Gejalanya !

Penyakit Prostat Penyebab Dan Gejalanya !

 

Penyakit Prostat – Penyakit atau gangguan pembesaran prostat adalah penyakit akibat perubahan hormonal dihidrotestosteron / DHT dalam jaringan kelenjar prostat yang meningkat pada usia dewasa. Peningkatan hormon tersebut umumnya karena pertambahan usia serta fungsi penguraian yang berkurang sehingga ukuran kelenjar prostat akan terus bertambah.

Karena lokasi prostat dibawah kandung kemih, maka bila prostat membesar, organ tersebut akan menjepit saluran kencing (uretra) yang melewatinya. Jadi bisa dipastikan aliran kencing akan terhambat. Dari sini kita bisa mengenali gejala-gejala pembesaran prostat jinak; gejala awal yang terjadi adalah pancaran kencing melemah dan tidak lancar. Kadang-kadang pancaran kencing akan terputus-putus. Akibat adanya sumbatan dari prostat yang membesar ini, pasien akan mengeluh, harus mengejan dulu untuk memulai buang air kecil. Selain mengejan, kadang pasien harus menunggu untuk mulai buang air kecil, jadi kencing tidak langsung keluar biarpun sudah di dalam kamar mandi.

Akibat dari lemahnya pancaran kencing pasien, tidak semua air kencing akan keluar. Jadi pasien akan merasa masih ada sisa kencing di kandung kemih atau perasaan tidak puas setelah buang air kecil. Kadang-kadang malah pasien akan mengeluh air kencingnya masih menetes biarpun dia sudah selesai buang air kecil. Gejala-gejala tersebut di atas dapat dijumpai baik pada fase awal penyakit maupun di fase lanjut. Karenanya disarankan bila teman-teman menjumpai kerabat atau bapak atau kakek yang mempunyai keluhan seperti di atas segera dibawa ke dokter ahli urologi untuk diperiksa lebih lanjut.

Penyakit Prostat Penyebab Dan Gejalanya !

Penyebab Penyakit Prostat

  • Berusia lanjut menjadi faktor penyebab penyakit prostat, penyakit prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  • Faktor keturunan penyebab penyakit prostat. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami penyakit prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  • Obesitas penyebab penyakit prostat, laki-laki yang memiliki penyakit prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.
  • Perubahan abnormalitas patologis prostat penyebab penyakit prostat, pria yang menderita Intraphitelial neoplasia prostat, kemungkinan terkena kanker prostatnya meningkat secara jelas.
  • Pola makan penyebab penyakit prostat, pria yang sering makan makanan tinggi lemak hewani adalah golongan pria yang gampang terkena penyakit prostat.
  • Hormon jantan penyebab penyakit prostat, hormon jantan dalam badan dapat memperlancar tumbuhnnya penyakit prostat, merupakan salah satu penyebab penyakit prostat.

Pengobatan Prostat

Jika prostatitis disebabkan oleh infeksi, pengobatan antibiotik biasanya digunakan. Dokter mungkin juga menyarankan diet yang terbatas. Pengobatan prostat melalui operasi juga bisa jadi dilakukan dengan memotong sebagian dari kelenjar prostat sehingga tekanan pada saluran air seni dapat dikurangi.

Prosedur operasi yang berbeda digunakan untuk hal ini. Selama syaraf-syaraf di belakang prostat tersebut tidak rusak, seorang pria tidak akan impoten. Namun ia dapat menjadi tidak subur. Mengapa?

Operasi prostat dapat merusak otot sphincter yang biasanya menutup leher kandung kemih. Akibatnya, air mani akan mengambil jalan pintas ke dalam kandung kemih, dan dibuang bersama air seni.

Jika ditemukan kanker, bentuk-bentuk pengobatan lain digunakan, bergantung pada tahap pertumbuhannya. Biasanya, semakin dini keberadaan kanker diketahui, maka semakin besar peluang untuk sembuh. Kanker prostat pada stadium dini dapat disembuhkan melalui operasi (pembedahan) atau radiasi.

Meskipun pembesaran prostat wajar terjadi pada pria, namun anda bisa mencegah agar gangguan penyakit prostat pria tersebut tidak datang terlalu dini. Yaitu dengan mengubah gaya hidup agar bisa menurunkan risiko pembesaran prostat. Lakukan olah raga secara aktif untuk mengurangi lemak di perut. Makanlah, makanan rendah lemak dan banyak konsumsi sayur, buah dan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol yang berlebihan. Lemak di perut, selain meningkatkan gangguan penyakit prostat, juga akan meningkatkan gejala penyakit jantung.

 

Penyakit Prostat Penyebab Dan Gejalanya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*