Penyakit Prostat Pada Laki-Laki

Penyakit Prostat Pada Laki-Laki

Penyakit Prostat– Salah satu jenis gangguan penyakit prostat pada laki-laki adalah terjadinya pembesaran prostat jinak. Pembesaran yang terjadi pada prostat jinak merupakan salah satu keadaan dari pertumbuhan kelenjar prostat yang biasanya terjadi dengan berlebihan. Dan adanya 2 faktor yang paling utama yang bisa sangta mempengaruhi terjadinya penyebab penyakit prostat ini, yakni karena bertambahnya usia seseorang dan selain itu berfungsinya dari sel leydig pada testis sebagai salah satu penghasil hormon androgen yang paling utama adalah hormon testosteron. Perubahan testosteron yang berubah menjadi dehidrotestosteron atau DHT yang ada di dalam sel prostat menjadi salah satu penyebab masuknya DHT menuju ke inti sel prostat yang kemudian bsia mengakibatkan terjadinya sel prostat menjadi semakin banyak.

Penyakit Prostat Pada Laki-Laki

Gejala penyakit prostat yang biasanya paling sering terlihat adalah :

  • Pancaran kencing yang lemah
  • Kencing menjadi tidak lampias
  • Kencing yang terputus-putus
  • Saat mulai kencing akan lebih lama
  • Sering buang air kencing
  • Kencing juga terjadi dengan terburu-buru
  • Ngompol atau masalah kencing menetes
  • Kencing yang terjadi di malam hari dan terjadi paling tidak lebih dari 2 kali.

Selain itu, gangguan penyakit prostat pada laki-laki adalah peradangan prostat. Prostatitis atau yang disebut dengan penyakit peradangan pada prostat disebabkan karena adanya suatu infeksi dari bakteri sehingga bisa membuat prostat menjadi terlihat lebih meradang dan mengalami pembengkakan. Dan disaat itulah terasa sakit. Hal yang paling umum terjadi pada peradangan prostat adalah yang terjadi secara berulang kali peradangan pada saluran kemih. Bakteri yang bisa mengakibatkan penyakit ini diantaranya adalah Escherichhia coli, bakteri Klebsiella, Enterobakteri, Pesudomonas, Streptokokus, dan juga Stafilokokus. Gejala yang kemungkinan lebih sering muncul adalah rasa sakit saat sedang ejakulasi dan juga saat sedang melakukan hubungan seksual, selain itu, adanya juga darah yang ada di dalam sperma dan berfungsi secara seksual yang mengalami terjadinya suatu penurunan.

Penyakit prostat yang lebih parah adalah untuk kasus penyakit kanker prostat yang bisa juga menyerang kelenjar prostat sehingga membuat sel-sel menjadi tumbuh secara tidak normal dan tidak terkontrol. Penyakit kanker prostat dibagi menjadi 2 jenis golongan yakni penyakit kanker prostat yang masih terbatas di dalam organ prostat atau kanker dini dan sudah menyebar luas menuju keluar prostat, baik menuju ke organ yang sekitarnya atau juga pada metastatis atau penyebaran yang lebih jauh atau kanker lanjut. Penyakit kanker prostat yang jarang menyerang pria yang berusia dibawah 45 tahun usianya kecuali jika memang ada dianutara anggota keluarga Anda yang menderita penyakit tersebut. Sakit prostat ini biasanya bisa disembuhkan jika mengalami deteksi dalam tahap yang dini.

Pencegahan Penyakit Prostat

Meskipun pembesaran prostat wajar terjadi pada pria, namun anda bisa mencegah agar gangguan penyakit prostat pria tersebut tidak datang terlalu dini. Yaitu dengan mengubah gaya hidup agar bisa menurunkan risiko pembesaran prostat. Lakukan olah raga secara aktif untuk mengurangi lemak di perut. Makanlah, makanan rendah lemak dan banyak konsumsi sayur, buah dan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol yang berlebihan. Lemak di perut, selain meningkatkan gangguan penyakit prostat, juga akan meningkatkan gejala penyakit jantung.

Menjalankan pola hidup sehat.

Cara yang paling sederhana adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan.

Mengonsumsi kubis-kubisan.

Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan gangguan prostat.

Cukupi kebutuhan lemak esensial.

Asam lemak omega 3, dan mineral seng dapat mengurangi gejala gangguan penyakit prostat. Makanan yang kaya akan katekin terutama epigalokatekin galat (epigallocatechinsgallate), selenium, sulforafan, dan vitamin C mendorong kemampuan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan racun pencetus kanker (karsinogenik). Tidak hanya itu, zat-zat tersebut juga meningkatkan pembentukan enzim penumpas sel tumor dan kanker, termasuk kanker prostat.

Periksakan kesehatan prostat secara rutin ke dokter.

Ini untuk mengantisipasi munculnya gangguan pada prostat. Jika ditemukan suatu masalah, dapat segera memperoleh penanganan.

Penyakit Prostat Pada Laki-Laki

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*