Penyakit Prostat Dan Penyebabnya

Penyakit Prostat Dan Penyebabnya

 

Penyakit Prostat Dan Penyebabnya

Penyakit Prostat – Pembesaran prostat jinak merupakan penyakit pada pria tua dan jarang ditemukan pada usia yang kurang dari 40 tahun. Keadaan ini dialami oleh 50% pria yang berusia 60 tahun dan kurang lebih 80% pria yang berusia 80 tahun.

Gangguan prostat ditandai dengan gejala dan tanda obstruksi (penyumbatan pada saluran kencing) serta iritasi. Gejala obstruksi terjadi karena otot pada kandung kemih gagal berkontraksi cukup kuat atau gagal berkontraksi cukup lama sehingga kontraksi terputus•putus. Sementara itu, gejala obstraksi terjadi karena pembuangan urin yang tidak sempurna. Pembesaran prostat menyebabkan rangsangan pada kandung kemih sehingga kandung kemih sering berkontraksi meskipun belum penuh. Saat kandung kemih tak mampu menahan kontraksi, urin akan tertahan sehingga kencing terasa kurang puas dan tuntas. Jika keadaan ini berlanjut, akan terjadi penyumbatan sehingga seseorang tak dapat lagi buang air kecil.

Penyebab Penyakit Prostat

  • Berusia lanjut menjadi faktor penyebab penyakit prostat, penyakit prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  • Faktor keturunan penyebab penyakit prostat. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami penyakit prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  • Obesitas penyebab penyakit prostat, laki-laki yang memiliki penyakit prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.
  • Perubahan abnormalitas patologis prostat penyebab penyakit prostat, pria yang menderita Intraphitelial neoplasia prostat, kemungkinan terkena kanker prostatnya meningkat secara jelas.
  • Pola makan penyebab penyakit prostat, pria yang sering makan makanan tinggi lemak hewani adalah golongan pria yang gampang terkena penyakit prostat.
  • Hormon jantan penyebab penyakit prostat, hormon jantan dalam badan dapat memperlancar tumbuhnnya penyakit prostat, merupakan salah satu penyebab penyakit prostat.

Itulah beberapa penyebab penyakit prostat yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui faktor penyebab penyakit prostat langkah selanjutnya adalah melakukan pencegahan.

Mencegah Penyakit Prostat

Konsumsi lemak nabati

Beberapa penelitian menunjukkan sebuah hubungan antara lemak hewani dan meningkatnya risiko kanker prostat. Selain daging, lemak hewani juga ditemukan pada mentega dan keju. Bila memungkinkan, ganti lemak hewani dengan lemak nabati. Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun, permen dengan buah, keripik kentang dengan sayuran segar, keju dengan kacang, dan lain sebagainya.

Minimalkan konsumsi alkohol

Pencegahan penyakit prostat dengan tidak minum alkohol. Alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6. Kedua zat ini penting untuk menjaga kesehatan prostat.

Pilih susu rendah lemak

Beberapa peneliti percaya bahwa lemak jenuh dari produk susu dan daging merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat.

Makan sayuran hijau

Pencegahan penyakit prostat dengan makan sayuran hijau. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Sayuran hijau mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh dalam memecah zat penyebab kanker (karsinogen).

Menjalani gaya hidup sehat pencegahan gangguan prostat

Pastikan tubuh mendapatkan istirahat sekaligus olahraga cukup. Berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kekebalan, pencernaan, dan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun. Olahraga dapat pula mencegah obesitas yang menjadi salah satu faktor risiko penyebab kanker dan penyakit lainnya. Olahraga teratur juga dapat pencegah penyakit prostat.

Untuk mengobati dan mencegah penyakit prostat, Anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi suplemen anti kanker. Ada banyak suplemen anti kanker yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen anti kanker S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah pertumbuhan kanker. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

Penyakit Prostat Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*