Penyakit Prostat Dan Pencegahannya

Penyakit Prostat Dan Pencegahannya

Penyakit Prostat – Prostat adalah kelenjar pada alat kelamin laki-laki yang melingkupi bagian atas lairan kandung kemih dan berbatasan dengan proses usus. Seseorang yang menderita pembengkakan prostat sering bangun pada malam hari untuk buang air kecil. Mengalirnya air kencing pada penderita radang prostat sangat lambat dan memerlukan waktu lama untuk mengosongkan kandung kemihnya. Air kencing yang keluar biasanya hanya menetes.

Penyakit Prostat Dan PencegahannyaTerdapat beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghambat gangguan ini, memperbaiki saluran kemih dan menghindari retensi urine. Yang terpenting adalah :

  • Jangan menahan keinginan untuk berkemih dan sebaiknya berkemih dalam posisi duduk sehingga otot-otot dasar panggul dalam keadaan rileks.
  • Pada malam hari jangan banyak minum, tetapi siang hari perlu minum secukupnya.
  • Menghindari alkohol dan kopi yang dapat memciu berkemih
  • Menghindari imobilitas yag berkelanjutan, misalnya duduk selama berjam-jam.
  • Mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat prostat, seperti semangka dan tomat yang mengandung antioksidan likopen.
  • Menghindari konsumsi lemak karena dapat meningkatkan pembesaran prostat
  • Mewaspadai beberapa jenis obat yang dapat memperburuk proses berkemih, misalnya beberapa diuretika, obat antidepresi dan beberapa antihistaminika serta obat antimampat (efedrin, fenilpropanolamin) yang sering kali terdapat dalam obat-obat flu bebas. Obat dekongestan ini memiliki efek samping menciutkan eher kandung kemih sehingga menyulitkan berkemih, bahkan ada kalanya berakibat tidak dapat berkemih sama sekali (retensi urine) sehingga pada pendeia harus dipasang kateter.

Para pria, terutama mewaspadai adanya gangguan penyakit prostat yang mungkin dapat timbul terutama bagi yang mereka yang memiliki faktor resiko terkena gangguan prostat. Beberapa faktor resikonya meliputi:

  • Faktor genetik dan hormon.
  • Lebih dari 80 persen kasus kanker prostat ditemui pada pria di atas usia 65 tahun.
  • Kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik.
  • Perokok atau sering menghirup asap rokok.
  • Tekanan emosi (Stress).
  • Tipe berat badan yang mengganggu prostat adalah tipe bentuk tubuh membesar di bagian pinggang dengan perut buncit seperti apel.
  • Penderita diabetes melitus.

Pencegahan Penyakit Prostat

Konsumsi lemak nabati pencegahan penyakit prostat

Beberapa penelitian menunjukkan sebuah hubungan antara lemak hewani dan meningkatnya risiko kanker prostat. Selain daging, lemak hewani juga ditemukan pada mentega dan keju. Bila memungkinkan, ganti lemak hewani dengan lemak nabati. Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun, permen dengan buah, keripik kentang dengan sayuran segar, keju dengan kacang, dan lain sebagainya.

Minimalkan konsumsi alkohol pencegahan penyakit prostat

Pencegahan penyakit prostat dengan tidak minum alkohol. Alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6. Kedua zat ini penting untuk menjaga kesehatan prostat.

Pilih susu rendah lemak pencegahan penyakit prostat

Beberapa peneliti percaya bahwa lemak jenuh dari produk susu dan daging merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat.

Makan sayuran hijau

Pencegahan penyakit prostat dengan makan sayuran hijau. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Sayuran hijau mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh dalam memecah zat penyebab kanker (karsinogen).

Menjalani gaya hidup sehat pencegahan gangguan prostat

Pastikan tubuh mendapatkan istirahat sekaligus olahraga cukup. Berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kekebalan, pencernaan, dan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun. Olahraga dapat pula mencegah obesitas yang menjadi salah satu faktor risiko penyebab kanker dan penyakit lainnya. Olahraga teratur juga dapat pencegah penyakit prostat.

Meningkatkan konsumsi Seng (Zinc) Pencegahan penyakit prostat

Pencegahan penyakit prostat dengan meningkatkan konsumsi seng. Konsumsi Seng (Zinc) sebesar 15 mg per hari membantu prostat untuk berfungsi secara sehat. Sumber Seng antara lain biji labu, tiram, dan kacang-kacangan.

Berhenti Merokok Pencegahan Penyakit Prostat

Sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health dan University of California menunjukkan bahwa pasien kanker prostat yang merokok, lebih mungkin mengalami kekambuhan dan bahkan meninggal. Masih berdasarkan penelitian tersebut, perokok juga lebih mungkin untuk memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Belum terlambat untuk berhenti merokok. Bila dibandingkan dengan perokok saat ini, pasien kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.

Penyakit Prostat Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*