Penyakit Prostat Dan Pencegahan

Penyakit Prostat Dan Pencegahan

Penyakit prostat pada pria umumnya mulai membesar setelah pria melewati usia 40 tahun. Hal ini disebabkan oleh semakin menurunnya hormone laki-laki. Namun tak semua pria diatas umur 40 tahun pasti prostat-nya membesar. Jika sudah sampai membesar, prostat akan bertambah besar dengan semakin menuanya usia. Pembesaran prostat arah tumbuhnya umumnya ke bagian tengah, sehingga menjepit pipa saluran kemih yang melewatinya. Semakin membesar prostat, semakin menyundul kandung kemih yang berada diatasnya, sehingga bagian alas kandung kemih terdesak.

Penyakit Prostat Dan PencegahanPenyebab Penyakit Prostat

  • Berusia lanjut menjadi faktor penyebab penyakit prostat, penyakit prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  • Faktor keturunan penyebab penyakit prostat. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami penyakit prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  • Obesitas penyebab penyakit prostat, laki-laki yang memiliki penyakit prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.
  • Perubahan abnormalitas patologis prostat penyebab penyakit prostat, pria yang menderita Intraphitelial neoplasia prostat, kemungkinan terkena kanker prostatnya meningkat secara jelas.
  • Pola makan penyebab penyakit prostat, pria yang sering makan makanan tinggi lemak hewani adalah golongan pria yang gampang terkena penyakit prostat.
  • Hormon jantan penyebab penyakit prostat, hormon jantan dalam badan dapat memperlancar tumbuhnnya penyakit prostat, merupakan salah satu penyebab penyakit prostat.

Itulah beberapa penyebab penyakit prostat yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui faktor penyebab penyakit prostat langkah selanjutnya adalah melakukan pencegahan.

Pencegahan Penyakit Prostat

Konsumsi lemak nabati

Beberapa penelitian menunjukkan sebuah hubungan antara lemak hewani dan meningkatnya risiko kanker prostat. Selain daging, lemak hewani juga ditemukan pada mentega dan keju. Bila memungkinkan, ganti lemak hewani dengan lemak nabati. Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun, permen dengan buah, keripik kentang dengan sayuran segar, keju dengan kacang, dan lain sebagainya.

Minimalkan konsumsi alkohol

Pencegahan penyakit prostat dengan tidak minum alkohol. Alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6. Kedua zat ini penting untuk menjaga kesehatan prostat.

Pilih susu rendah lemak

Beberapa peneliti percaya bahwa lemak jenuh dari produk susu dan daging merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat.

Makan sayuran hijau

Pencegahan penyakit prostat dengan makan sayuran hijau. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Sayuran hijau mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh dalam memecah zat penyebab kanker (karsinogen).

Menjalani gaya hidup sehat pencegahan gangguan prostat

Pastikan tubuh mendapatkan istirahat sekaligus olahraga cukup. Berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kekebalan, pencernaan, dan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun. Olahraga dapat pula mencegah obesitas yang menjadi salah satu faktor risiko penyebab kanker dan penyakit lainnya. Olahraga teratur juga dapat pencegah penyakit prostat.

Meningkatkan konsumsi Seng (Zinc)

Pencegahan penyakit prostat dengan meningkatkan konsumsi seng. Konsumsi Seng (Zinc) sebesar 15 mg per hari membantu prostat untuk berfungsi secara sehat. Sumber Seng antara lain biji labu, tiram, dan kacang-kacangan.

Berhenti Merokok

Sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health dan University of California menunjukkan bahwa pasien kanker prostat yang merokok, lebih mungkin mengalami kekambuhan dan bahkan meninggal. Masih berdasarkan penelitian tersebut, perokok juga lebih mungkin untuk memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Belum terlambat untuk berhenti merokok. Bila dibandingkan dengan perokok saat ini, pasien kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.

Penyakit Prostat Dan Pencegahan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*