Penyakit Prostat Dan Pencegahan

Penyakit Prostat Dan Pencegahan

Penyakit Prostat –Beberapa pria mulai mengeluh gangguan penyakit prostat saat berusia 50 tahun. Besar kelenjar prostat memang kecilm hanya sebesar buah kenari dan terletak diantara kandung kemih dan penis, membungkus saluran kencing atau ureter, tepat di pintu saluran yang masuk ke kandung kemih. Fungsi utama Prostat berfungsi untuk membantu aktivitas seksual, dan memproduksi cairan cairan untuk transportasi sperma. Sehingga apabila gangguan penyakit prostat pria mulai dirasakan, aktifitas seks akan terganggu.

Gejala gangguan penyakit prostat yaitu sering terasa ingin buang air kecil namun sulit untuk dikeluarkan, aliran air seni yang tidak lancar atau sedikit, nyeri ketika buang air kecil, ada darah dalam air seni. Sebenarnya, gangguan penyakit prostat termasuk gejala alami yang akan dirasakan pria mulai usia 45 tahun ke atas. Hal ini mengikuti gejala penuaan lain, seperti rambut menipis, kerutan dan bercak cokelat di wajah, gigi mulai goyang, dan lainnya. Namun apabila tidak segera diatasi akan berkembang menjadi infeksi saluran kemih, kencing batu atau kerusakan ginjal.

Penyakit Prostat Dan Pencegahan

Penyakit Prostat Dan Pencegahan

Faktor Risiko Gangguan Penyakit Prostat

Beberapa faktor resiko gangguan penyakit prostat meliputi:

  • Faktor genetik dan hormon.
  • Lebih dari 80 persen kasus kanker prostat ditemui pada pria di atas usia 65 tahun.
  • Kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik.
  • Perokok atau sering menghirup asap rokok.
  • Tekanan emosi (Stress).
  • Tipe berat badan yang mengganggu prostat adalah tipe bentuk tubuh membesar di bagian pinggang dengan perut buncit seperti apel.
  • Penderita diabetes melitus.

Pencegahan Penyakit Prostat

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan prostat:

  1. Minimalkan konsumsi alkohol.

Alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6. Kedua zat ini penting untuk menjaga kesehatan prostat.

  1. Pilih susu rendah lemak.

Beberapa peneliti percaya bahwa lemak jenuh dari produk susu dan daging merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat.

  1. Makan lebih banyak kedelai.

Studi klinis menunjukkan bahwa peningkatan rasio estrogen-testosteron seiring bertambahnya usia merupakan salah satu faktor yang berdampak buruk pada prostat.

Makan setidaknya 2 ons kedelai per hari akan menurunkan kadar estrogen dan membangun kembali keseimbangan optimal rasio estrogen-testosteron. Makanan kaya kedelai diantaranya miso, tempe, dan tahu.

  1. Latihan kegel.

Latihan kegel bagus untuk meningkatkan aliran darah di daerah prostat dan organ urogenital.

Saat melakukan latihan kegel tarik/kencangkan semua otot di sekitar skrotum dan anus, tahan, kemudian lepaskan.

Melakukan 10 putaran latihan ini, beberapa kali dalam sehari, dapat memaksimalkan aliran darah ke jaringan prostat.

  1. Ikuti diet yang sehat.

Makan lebih banyak buah dan sayuran akan memastikan tubuh mendapat pasokan antioksidan alami, vitamin, serta mineral. Hindarkan lemak jenuh serta gula dalam makanan. Makanan dengan lemak tinggi bisa meningkatkan kadar testosteron yang dapat menyebabkan pembesaran kelenjar prostat. Konsumsi jenis sayuran berbeda seperti kubis, kecambah, brokoli, serta jenis sayuran lain. Mengonsumsi 3 porsi sayuran per hari dapat menurunkan risiko kanker prostat sampai 45%!

  1. Meningkatkan konsumsi Selenium.

Selenium sangat diperlukan untuk menjaga prostat tetap sehat. Makanan yang mengandung Selenium adalah telur, kacang mete, kacang brazil, bawang putih, rumput laut, tuna, herring, kerang dan seafood lain, biji wijen dan bunga matahari, serta hati dan ginjal sapi.

  1. Mengonsumsi minyak ikan.

Minyak ikan bisa didapat dari makan ikan langsung atau mengonsumsi suplemen minyak ikan.

  1. Meningkatkan konsumsi Seng (Zinc).

Konsumsi Seng (Zinc) sebesar 15 mg per hari membantu prostat untuk berfungsi secara sehat. Sumber Seng antara lain biji labu, tiram, dan kacang-kacangan.

  1. Meningkatkan konsumsi tomat.

Tomat mengandung lycopene yang baik bagi kesehatan prostat. Mengonsumsi tomat dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat.

  1. Gunakan suplemen gizi.

Mengonsumsi suplemen multivitamin berkualitas dapat membantu menjaga kesehatan prostat. Vitamin yang dianjurkan antara lain Vitamin A (25.000 IU), Lycopene (10 mg), dan vitamin E (1.200 IU).

 Itulah beberapa cara mencegah gangguan penyakit prostat. Jika anda merasakan gangguan penyakit prostat segera periksakan pada dokter.

Penyakit Prostat Dan Pencegahan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*