Penyakit Kanker Prostat

Penyakit Kanker Prostat

Penyakit Kanker Prostat

Penyakit Kanker Prostat

Penyakit Kanker Prostat -Kelenjar prostat adalah kelenjar dari sistem reproduksi laki-laki, yang terdiri dari testis, skrotum, penis dan organ seks aksesori lainnya . Kelenjar prostat , kecil licin – berukuran sebesar kenari – dan terletak di leher kandung kemih dan di depan rectum (daerah anus ) dan mengelilingi uretra (saluran kencing. Prostat menghasilkan cairan putih seperti susu yaitu semen , yang akan ditambahkan ke sperma selama ejakulasi. Vesikula seminalis yang terletak tepat di atas prostat merupakan dua kelenjar kecil yang mengeluarkan sekitar 60% dari zat yang membentuk air mani. Sedangkan pada sisi prostat terletak saraf yang mengontrol fungsi ereksi.

Fungsi Kelenjar Prostat

Para ilmuwan belum tahu semua fungsi prostat. Namun sebagai bagian dari sistem reproduksi laki-laki, salah satu peran utamanya adalah :

  • menekan cairan keputihan (semen) ke dalam uretra ( saluran kencing ) sebagai air mani selama klimaks seksual.
  • cairan prostat, yang membantu membuat air mani, energi sperma, merupakan bagian terbesar dari volume ejakulasi dan membuat saluran vagina menjadi kurang asam.

Apa itu penyakit kanker prostat ? Kelenjar prostat adalah organ yang ditemukan hanya pada pria, yang berarti bahwa hanya pria yang dapat terkena kanker prostat. Kanker terjadi ketika sel-sel normal mulai tumbuh dan berkembang tanpa kontrol normal mereka. Setelah sel-sel mengalami konversi, mereka berkembang biak dan membentuk suatu massa/benjolan yang disebut tumor. Karena pertumbuhan yang tidak terkendali mereka, tumor dapat menyerang jaringan sekitarnya dan mencapai organ-organ lain melalui aliran darah. Inilah yang disebut tumor ganas ( kanker). Proses dimana kanker dapat menyerang dan menyebar ke organ lain disebut metastasis. Jaringan kanker menginvasi jaringan sekitar mereka dan mengambil oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan . Hampir semua kanker prostat adalah adenokarsinoma dari prostat, yang berarti bahwa mereka berasal dari sel sekresi kelenjar prostat.

Bagaimana angka kejadian penyakit kanker prostat?

Di Amerika Serikat, penyakit kanker prostat merupakan keganasan pada pria dan menduduki peringkat kedua setelah kanker paru-paru. Setiap tahun sekitar 200.000 kasus baru yang didiagnosis dan sekitar 30.000 orang meninggal akibat Kanker Prostat. Kanker prostat juga merupakan penyebab kematian kedua akibat kanker pada pria setelah   kanker paru-paru. Kanker prostat terjadi pada 1 dari 6 orang. Kasus meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dan tingkat kematian menurun, yang mungkin karena skrining meningkat dan deteksi dini. Risiko terkena kanker prostat meningkat secara signifikan dengan usia, dan 60% dari kasus baru didiagnosa terjadi pada pria di atas usia 70.

Penyebab dan Faktor Penyakit Kanker Prostat

Penelitian menunjukkan bahwa, seperti kanker lainnya, penyakit kanker prostat adalah penyakit multifaktorial yang merupakan kombinasi keturunan, etnis, hormon, diet dan lingkungan. Tidak dapat dipastikan penyebabnya namun ada beberapa hal yang dapat menjadi factor risiko seseorang terkena penyakit kanker prostat. Faktor-faktor risiko tersebut adalah :

  • Umur –> risiko terkena kanker prostat meningkat di usia > 50 tahun
  • Etnis –> pria Amerika-Afrika berisiko 1,5 – 2 kali lebih besar untuk terkena kanker prostat dibandingkan ras kulit putih
  • Faktor keturunan –>Pria dengan riwayat kanker prostat dalam keluarga mereka, berisiko 2 – 3 kali lebih besar
  • Kebiasaan Makan –> diet tinggi lemak telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat.
  • Agen kimia –>paparan terhadap bahan kimia seperti cadmium telah terlibat dalam perkembangan kanker prostat.

Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Prostat

Kebanyakan pria dengan penyakit kanker prostat tidak memiliki gejala dan hal ini terutama terjadi pada tahap awal penyakit ini. Ini berarti bahwa penyakit kanker prostat banyak yang tidak terdeteksi sampai kanker telah menyebar ke luar prostat. Di mana terdapat tanda-tanda dan gejala, karakteristik mereka tergantung pada seberapa berat kanker dan penyebaran kanker . Jika kanker terdeteksi dalam tahap awal, kebanyakan pria tidak akan mengalami gejala apapun.

Penyakit Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*