Penyakit Kanker Prostat Dan Pencegahannya

Penyakit Kanker Prostat Dan Pencegahannya

 

Penyakit Kanker Prostat Dan PencegahannyaPenyakit Kanker ProstatPenyakit kanker prostat adalah penyakit ganas yang terjadi di dalam kelenjar prostat yang dimulai dengan perubahan sangat kecil dalam ukuran dan bentuk sel-sel kelenjar prostat. Prostat sendiri merupakan kelenjar yang terletak di antara kantong kemuh dan saluran kemih keluar (uretra). Kelenjar prostat akan menghasilkan cairan yang membentuk sebagian komponen air mani. Besarnya cuma sebesar biji kenari. Namun sekali mengalami gangguan, bukan main akibatnya.

Penyakit kanker prostat memang menjadi suatu hal yang menakutkan bagi para pria. Prostat seringkali membesar secara bertahap setelah usia 50 tahun. Pada usia 70 tahun, 80% pria memiliki prostat yang membesar. Banyak pria lansia yang mengalami masalah buang air kecil karena pembesaran prostat (non-kanker). Pada beberapa pria, pembesaran ini diikuti oleh tumbuhnya kanker. Penyakit kanker prostat jarang menyerang pria di bawah 45 tahun kecuali riwayat keluarga atau faktor keturunan.

Celakanya penyakit kanker prostat sering tumbuh secara diam-diam dalam kelenjar prostat tanpa gejala apa pun sampai setelah menyebar ketulang dan jaringan di sekitarnya. Itu sebabnya penting sekali bagi pria usia 50 tahun keatas untuk menjalani uji rektal digital yang memungkinkan dokter menemukan benjolan atau pembesaran pada prostat, dan prostate-specific antigen blood test, uji darah untuk mendeteksi sejenis protein yang keluar dari prostat apabila ada tumor.

Gejala Penyakit Kanker Prostat

Untuk memastikan apakah hanya terjadi pembesaran kelenjar prostat atau gejala penyakit kanker prostat, Gejala yang ditimbulkan oleh pembengkakan kelenjar prostat hampir mirip dengan gejala penyakit kanker prostat. seorang pria dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan bila mengalami gejala berikut:

Sulit berkemih

Bisa berupa perasaan ingin berkemih tapi tidak ada yang keluar, berhenti saat sedang berkemih, ada perasaan masih ingin berkemih atau harus sering ke toilet untuk berkemih karena keluarnya sedikit-sedikit. Gejala ini muncul sebagai akibat membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena ada tumor di dalamnya sehingga mengganggu proses berkemih.

Nyeri saat berkemih

Nyeri ini juga bisa merupakan gejala infeksi prostat yang disebut prostatitis. Bisa juga tanda hiperplasia prostat yang bukan merupakan kanker.

Keluar darah saat berkemih

Segeralah periksa ke dokter meski darah yang dikeluarkan hanya sedikit, samar-samar atau hanya berwarna merah muda. Kadangkala infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan gejala ini.

Sulit ereksi atau menahan ereksi

Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi..

Sulit buang air besar (BAB) dan masalah saluran pencernaan lainnya

Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Akibatnya, bila ada tumor, pencernaan akan terganggu. Namun perlu diingat, sulit BAB yang terus menerus terjadi juga bisa menyebabkan pembesaran prostat.

Nyeri terus-menerus di punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas

Sering kali, kanker prostat menyebar di wilayah-wilayah ini, yaitu pada punggung bawah, panggul dan pinggul.

Sering berkemih di malam hari

Jika Anda sering terbangun di malam hari lebih dari sekali hanya untuk berkemih, periksalah segera ke dokter.

Usia di atas 50 dan mempunyai faktor resiko

Karena tidak menimbulkan gejala maka pria yang memiliki faktor resiko sebaiknya memeriksakan diri secara rutin.

Makin awal penyakit kanker prostat didiagnosis, makin besar peluang pasien untuk sembuh total. Tapi jika kanker masih dalam tahap sangat awal dan tidak menyebabkan gejala apa pun, pasien bisa memilih untuk mewaspadainya saja. Pengobatan penyakit kanker prostat adalah melalui operasi pengangkatan prostat dan radioterapi. Namun jika kanker terdeteksi ketika sudah menyebar misalnya ke tulang, maka kanker tersebut tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan hanya sebatas untuk memperpanjang usia dan juga meredakan gejala yang muncul.

Penyakit Kanker Prostat Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*