Penyakit Kanker Prostat Adalah

Penyakit Kanker Prostat Adalah

 

Penyakit Kanker Prostat AdalahPenyakit Kanker ProstatPenyakit kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Penyakit kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Penyakit kanker prostat mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal. Gejala penyakit kanker prostat akan muncul ketika prostat terlalu besar atau membengkak dan mulai memengaruhi uretra. Beberapa tanda dan gejala yang muncul ketika ini terjadi adalah:

  • Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari
  • Merasa nyeri saat buang air kecil
  • Merasa kandung kemih selalu penuh
  • Darah dalam urin atau air mani
  • Tekanan saat mengeluarkan urin berkurang

Biasanya, tanda maupun gejala kanker prostat akan muncul ketika kanker sudah menyebar keluar dari prostat. Tapi gejala-gejala di atas tidak selalu disebabkan oleh penyakit kanker prostat. Kondisi di atas bisa saja disebabkan oleh infeksi saluran kencing. Hingga kini, penyebab munculnya penyakit kanker prostat masih belum diketahui. Tapi faktor keturunan atau genetika dan usia seseorang bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit kanker prostat.

Penyakit kanker prostat dikelompokkan menjadi :

  • Stadium A : benjolan/tumor tidak dapat diraba pada pemeriksaan fisik, biasanya ditemukan secara tidak sengaja setelah pembedahan prostat karena penyakit lain.
  • Stadium B : tumor terbatas pada prostat dan biasanya ditemukan pada pemeriksaan fisik atau tes PSA.
  • Stadium C : tumor telah menyebar ke luar dari kapsul prostat, tetapi belum sampai menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Stadium D : kanker telah menyebar (metastase) ke kelenjar getah bening regional maupun bagian tubuh lainnya (misalnya tulang dan paru-paru).

Penanganan dan Pengobatan

Pilihan perawatan medis untuk mengobati penyakit kanker prostat tidak satu ukuran cocok untuk semua untuk kanker prostat. Pemilihan pengobatan tergantung pada usia, kondisi medis umum, harapan hidup, seberapa cepat tumbuh dan berapa banyak kanker telah menyebar, dan manfaat dan kemungkinan efek samping pengobatan. Sebuah rencana perawatan harus individual untuk setiap pasien tergantung pada dokter untuk menentukan terapi dan kemungkinan efek samping terapi. Pilihan Medis untuk mengobati penyakit kanker prostat adalah:

  • Radiasi
  • Terapi hormon
  • Operasi
  • Transurethral resection of the prostate (TURP) digunakan pada penyakit tahap awal untuk membuang jaringan yang memblokir buang air kecil.
  • Kemoterapi

Untuk menghindari penyakit prostat, pria berusia 40 tahun ke atas perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Mencegah kanker prostat dengan menjalankan pola hidup sehat. Cara yang paling sederhana adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan.

  1. Cukupi Kebutuhan Lemak Esensial

Asam lemak omega 3, dan mineral seng dapat mengurangi gejala penyakit prostat. Makanan yang kaya akan katekin terutama epigalokatekin galat (epigallocatechinsgallate), selenium, sulforafan, dan vitamin C mendorong kemampuan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan racun pencetus kanker (karsinogenik). Tidak hanya itu, zat-zat tersebut juga meningkatkan pembentukan enzim penumpas sel tumor dan kanker, termasuk kanker prostat.

  1. Seringlah Mengonsumsi Kubis-Kubisan

Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan penyakit prostat.

  1. Periksakan Kesehatan Prostat Secara Rutin Ke Dokter

Ini untuk mengantisipasi munculnya gangguan pada prostat. Jika ditemukan problem, maka bisa segera diobati.

  1. Sering Berolahraga

Berolahraga akan memperbaiki kesehatan anda serta menjaga berat badan anda. Ada bukti yang menjelaskan bahwa laki-laki yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.

  1. Jaga Berat Badan Sehat Anda

Jika anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jaga agar berat badan anda tetap sehat dengan berolahraga. Jika anda memiliki berat badan yang lebih, kurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari dan berolahragalah lebih banyak.

Penyakit Kanker Prostat Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*