Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan Kanker Prostat

Penyakit prostat berupa kanker prostat biasaya harus ditangani dengan metode pembedahan atau operasi. Adapun beberapa metode yang bisa dilakukan untuk Pengobatan Kanker Prostat adalah sebagai berikut:

 

  1. TURP atau Trans-urethral Resection

TURP merupakan metode Pengobatan Kanker Pengobatan Kanker ProstatProstat dengan melakukan operasi yang dilakukan dengan cara memotong bagian yang ada di kelenjar prostat. Metode Pengobatan Kanker Prostat ini dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala kesulitan buang air kecil akibat kanker prostat. TURP dilakukan dengan memasukkan kawat besi yang memiliki bagian melingkar di ujungnya. Kawat tersebut akan dimasukkan ke dalam uretra untuk menuju ke bagian kelenjar prostat. Arus listrik akan digunakan untuk memanaskan bagian kawat yang melingkar di mana untuk selanjutnya kawat tersebut digunakan untuk memotong kelenjar prostat yang terkena kanker.

 

  1. Prostatektomi Radikal

Prosedur Pengobatan Kanker Prostat dengan pembedahan ini dilakukan untuk mengangkat kelenjar prostat dan juga jaringan yang ada di sekitar kelenjar prostat. Cara ini bisa menghilangkan atau menyembuhkan pasien kanker prostat jika sel kanker belum menyebar ke area sekitar kelenjar prostat. Namun tidak ada jaminan bagi pasien untuk benar-benar sembuh dari kanker prostat. Masih ada kemungkinan kanker akan kambuh jika sel kanker tidak benar-benar dibersihkan dan telah menyebar keluar dari kelenjar prostat. Metode ini juga bisa berpotensi menyebabkan komplikasi berupa:

  • Inkontinensia urin yakni ketidakmampuan untuk mengendalikan rangsangan buang air kecil atau biasa disebut dengan mengompol.
  • Disfungsi ereksi atau yang lebih sering disebut dengan impotensi.
  • Tidak lagi bisa melakukan ejakulasi sehingga tidak bisa memiliki keturunan melalui hubungan intim.

 

  1. Radioterapi

Pengobatan Kanker Prostat radioterapi dilakukan dengan memanfaatkan sinar radiasi yang berguna untuk membunuh sel kanker yang belum menyebar eluar dari kelenjar prostat. Metode Pengobatan Kanker Prostat radioterapi juga bisa dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa pasca operasi dilakukan. Radioterapi juga berguna untuk meredakan gejala penyakit kanker prostat dan juga memperlambat perkembangan sel kanker pada penderita kanker prostat yang sudah lanjut.

 

  1. Terapi Hormon

Pengobatan Kanker ProstatPengobatan Kanker Prostat yang terakhir yaitu dengan terapi hormon. Biasanya akan dilakukan bersamaan dengan radioterapi. Pengobatan Kanker Prostat terapi hormon akan dilakukan sebelum dan sesudah radioterapi. Pemberian Pengobatan Kanker Prostat terapi hormon sebelum radioterapi bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan radioterapi. Sedangkan Pengobatan Kanker Prostat terapi hormon yang dilakukan setelah radioterapi bertujuan untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker yang masih tersisa.

 

Itulah beberapa Pengobatan Kanker Prostat secara medis yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker prostat. Tentunya Pengobatan Kanker Prostat secara medis yang dilakukan sebelumnya harus disesuaikan dengan tingkat atau stadium kanker yang diderita oleh pasien.

 

Cara Mencegah Kanker Prostat

Sebenarnya Anda tidak perlu melakukan Pengobatan Kanker Prostat secara medis jika kanker yang Anda derita masih dalam tahap awal. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan kanker prostat. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mencegah kanker prostat, diantaranya sebagai berikut :

 

  1. Perbanyak air putih

Air putih memang sangat penting dan krusial untuk tubuh. Manfaatnya bukan hanya untuk organ prostat saja, namun bagian tubuh lain. Dengan mengkonsumsi air putih banyak, akan memperlancar pembuangan dan saluran saluran yang ada di dalam tubuh lancar. Tempat pembuangan air urin juga bersih, ginjal menjadi sehat, kulit menjadi lembab. Biasanya orang yang cukup minum warna air urinnya adalah putih bening.  Asupan air putih yang diperlukan oleh tubuh antara 6 sampai 8 gelas.

 

  1. Minum jus buah delima

Buah delima memiliki khasiat yang cukup berguna untuk tubuh. Bahkan jus ini bisa berguna untuk menurunkan resiko dan tingkat PSA pada pria. Asupan yang di perlukan adalah sebanyak 8 gelas perhari.

 

  1. Perbanyak makan sayuran dan buah buahan

Sayuran hijau ternyata bisa menurunkan resiko kanker prostat. Pengobatan Kanker ProstatKandungan zat makanan seperti fruktosa dan lycopene pada tomat berguna menekan dan menurunkan resiko kanker prostat. Bahkan jika anda sudah terkena kanker prostat, kandungan ke dua zat ini bisa membantu mengecilkan ukuran tumor prostat tersebut. Jenis makanan tersebut seperti brokoli, kobis, kembang kol, apel, buah beri, melon serta semangka.

 

  1. Perkaya dengan makanan kaya Zinc

Makanan yang mengandung zink membantu mengurangi pembesaran pada prostat. Hal ini di sebakan karena kelenjar yang ada pada prostat memerlukan zat zink lebih banyak dari pada organ tubuh lainnya. Zat tersebut bisa mengubah metabolism hormone steroid, yang mana mampu mengurangi pemsebsaran prostat. Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan kaya zink adalah minyak gandum dan biji labu.

 

  1. Konsumsi makanan kaya vitamin D

Makanan yang mengandung gizi vitamin D akan membantu kesehatan prostat. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D adalah kacang almond, biji labu, slada swiss, mustard greens, bayam, minyak nabati, hazelnut, alpukat serta brokoli.

 

Pengobatan Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*