Pencegahan Tumor, Bagaimana caranya?

Pencegahan Tumor, Bagaimana caranya?

Pencegahan Tumor– Tumor adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan adanya pertumbuhan massa (solid/padat) atau jaringan abnormal dalam tubuh. Massa ini timbul sebagai akibat dari ketidak-seimbangan pertumbuhan dan regenerasi sel. Selain itu juga biasanya tidak berguna dan tidak diperlukan oleh tubuh. Tumor berbeda dengan kista (cairan) ataupun abses (bisul). Tumor ada 2: tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Di Indonesia sendiri, istilah tumor lebih mengacu kepada tumor jinak.

pencegahan tumor, bagaimana caranya?

pencegahan tumor, bagaimana caranya?

Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Pencegahan Tumor– Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.

Berdasarkan tissue awal, tumor dapat dibagi menjadi:

  1. Tumor asal epithelial.
  2. Tumor asal mesenchymal
  3. Tumor sel darah
  4. Tumor sel germ

Pencegahan Tumor– Penyakit Tumor yaitu perkembangan abnormal yang berlangsung pada satu jaringan tubuh. Dengan umum, bibit tumor tercetus saat ada sejenis masalah didalam perkembangan serta perubahan sel didalam tubuh. Pencegahan Tumor– Tumor tidak sama dengan kista ( cairan ) maupun abses ( bisul ). Tumor ada 2 : tumor jinak serta tumor ganas ( kanker ). Di indonesia sendiri, arti tumor lebih merujuk pada tumor jinak.

Pencegahan Tumor- Penyebab Penyakit Tumor

  1. Terlampau banyak merokok.
  2. Dampak lingkungan, yakni ada zat kimia yang terserap oleh darah serta jadi racun untuk jaringan tubuh.
  3. Pola hidup tidak sehat.
  4. Minuman mengandung alkohol yang terus-terusan.
  5. Penyakit obesitas.
  6. Dampak radiasi.
  7. Factor genetik ( keturunan ).
  8. Radiasi matahari yang menembus sampai ke sisi didalam tubuh serta merubah cii-ciriistik kulit disebabkan jaringan kulit yang tidak bisa menahannya.

Gejala Penyakit Tumor

Pencegahan Tumor– Gejala penyakit tumor yang barangkali tidak dulu di perhatikan oleh pasien, contohnya kerap jadi kedinginan, kelelahan, demam, kehilangan nafsu makan, jadi tidak enak badan, banyak berkeringat pada malam hari, serta penurunan berat badan yang terlampau cepat.

Berikut Tips Pencegahan Tumor

Pencegahan Tumor- Memeriksa resiko karena keturunan
Salah satu penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.

Pencegahan Tumor- Menghindari makanan yang diasap dan dibakar
Penyebab kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap atau makanan yang diacar. Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker. Oleh karena itu menghindari atau mengurangi frekuensi mengonsumsi makanan tersebut menjadi keharusan untuk mencegah kanker.

Pencegahan Tumor- Menjauhi alkohol
Sejak lama alkohol sudah sering disebut sebagai penyebab kanker. Untuk mencegah kanker, menghindari konsumsi alkohol merupakan langkah yang tepat.

Pencegahan Tumor- Menghindari makanan dengan zat pewarna
Banyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Padahal kandungan zat pewarna itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memicu kanker. Untuk mencegah kanker, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna. Makanan yang menggunakan zat pewarna dapat diketahui dari warna makanan yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan warna aslinya.

Pencegahan Tumor- Menghindari rokok
Seperti alkohol, rokok juga menjadi sumber penyebab berbagai penyakit tak terkecuali untuk penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok atau berupaya menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk mencegah kanker.

Pencegahan Tumor- Menghindari makanan berlemak
Lemak menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Termasuk sebagai pemicu kanker. Untuk mencegah kanker, hindarilah makanan-makanan berlemak tinggi.

Pencegahan Tumor- Makan makanan kaya serat
Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan kaya serat. Memperbanyak konsumsi makanan tersebut sangat baik untuk mencegah kanker.

Pencegahan Tumor- Rutin olahraga
Berolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Sebab saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan mempercepat metabolisme. Hal itu akan mencegah terjadinya kanker. Tidak harus berupa olahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan sehat atau lari pagi bisa membantu mencegah kanker.

Pencegahan Tumor- Konsumsi vitamin A, C, dan E
Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kanker.

Pencegahan Tumor- Perilaku seks sehat
Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seks juga menjadi cara jitu mencegah kanker sebab timbulnya kanker juga dimungkinkan karena perilaku seksual yang tidak sehat.

 

Pencegahan Tumor, Bagaimana caranya?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*