Pembengkakan Prostat Kenali Sejak Dini

Pembengkakan Prostat Kenali Sejak Dini

 

 

Pembengkakan Prostat Kenali Sejak Dini – Prostat merupakan organ tubuh yang paling sering terkena penyakit pada pria berusia di atas 50 tahun. Satu proses patologis yang paling banyak ditemukan adalah hipertrofi prostat jinak (benign prostatic hypertrophy, BPH). Setidaknya 70% pria berusia 70 tahun mengalami BPH dan 40% di antaranya mengalami beberapa gejala obstruksi aliran keluar kandung kemih. Salah Satu penyakit prostat yaitu kanker prostat.

Kanker Prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya. Sebab berlaku pembengkakan prostat yang  tidak di pahami sepenuhnya tetapi ia biasanya berlaku kepada lelaki yang telah berumur. Disebabkan ianya tidak terjadi kepada lelaki yang dibuang testis sebelum baligh, sesetengah orang berpendapat faktor-faktor berkaitan dengan penuaan dan testis yang mendorong perkembangan pembengkakan prostat.

Pembengkakan Prostat Kenali Sejak Dini

Pembengkakan Prostat

Sepanjang hidup, lelaki menghasilkan hormon testosteron. Adalah dipercayai hormon dihydrotes-tosterone (DHT), satu bahan yang berasal daripada testosteron di dalam kelenjar prostat yang menyebabkan ia membengkak. Dengan peningkatan umur, lelaki terus mengeluar dan mengumpul paras DHT yang tinggi dalam prostat. Pengumpulan DHT ini menggalakkan pertumbuhan sel prostat dan menyebabkan pembengkakan prostat.

 

Pembengkakan Prostat

Simptom-simptom pembengkakan prostat adalah pelbagai. Saiz kelenjar prostat tidak semestinya menunjukkan keterukan penyumbatan atau keterukan simptom-simptomnya, tetapi kebanyakannya melibatkan perubahan dalam pembuangan air kencing seperti:

  • Aliran yang tidak lancar, tersekat-sekat dan perlahan
  • Tidak tertahan hendak kencing dan meleleh atau menitis
  • Kencing kerap terutama waktu malam

Pembengkakan prostat yang boleh menyebabkan masalah yang serius:

  • Seseorang yang ada pembengkakan prostat mungkin tidak mempunyai simptom sehingga dia mendapat retensi urin akut. Retensi urin akut adalah keadaan di mana urin langsung tidak boleh mengalir keluar, mungkin dicetuskan oleh pengambilan ubat selsema atau alergi.
  • Retensi urin dan tekanan pada pundi kencing boleh menyebabkan jangkitan saluran kencing, kerosakan pundi kencing atau buah pinggang, batu karang dan inkontinen.
  • Jika pundi kencing sudah rosak, rawatan pembengkakan prostat mungkin tidak berkesan.

 

Penyebab Pembengkakan Prostat

Penyebab pembengkakan prostat belum diketahui secara pasti namun diduga berkaitan dengan hormon dihidrotestosteron. Selain itu faktor-faktor risiko yang dianggap dapat menimbulkan pembengkakan prostat berkaitan dengan pola makan yang terlalu banyak lemak, merokok dan kurangnya frekuensi hubungan seks dengan pasangan.

 

Tanda dan Gejala Pembengkakan Prostat :

– Sering tiba-tiba merasakan keinginan untuk buang air kecil

– Sulit mengeluarkan air seni meskipun sudah “kebelet”

– Sering buang air kecil di malam hari

– Aliran air seni yang keluar lemah, tidak memancar bahkan menetes

– Air seni yang keluar tidak lancar, bisa tiba-tiba berhenti atau keluar lagi

– Air seni masih ada yang menetes setelah merasa selesai buang air kecil

– Setelah selesai buang air kecil, kantung kemih masih terasa berisi

 

Tips Untuk Penderita Pembengkakan Prostat :

– Hindari minum kopi dan teh terutama di sore atau malam hari, karena kafein dapat mengiritasi kantung kemih sehingga keinginan untuk buang air kecil di malam hari akan semakin meningkat

– Aktif bergerak karena urine akan tertahan jika bergerak sehingga dapat mengurangi keinginan buang air kecil yang terus-menerus

– Kurangi minum setelah jam 7 malam agar dapat mengurangi keinginan untuk buang air kecil di malam hari

– Usahakan tubuh dalam kondisi hangat karena suhu yang dingin dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil

– Hindari menunggu kantung kemih sampai terisi penuh. Biasakan sejam sekali untuk buang air kecil

– Konsumsi suplemen yang mengandung saw palmetto untuk meringankan gejala prostat

– Untuk mereka yang tidak terbantu setelah mengkonsumsi suplemen biasanya dokter akan memberi obat yang dapat membantu memudahkan buang air kecil dan obat yang mengurangi kadar dihidrotestosteron

– Terapkan pola hidup sehat dan lakukan hubungan seksual secara teratur

– Lakukan pemeriksaan prostat ke urolog minimal setahun sekali

 

Pembengkakan Prostat Kenali Sejak Dini

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*