Pantangan Setelah Operasi Kanker Prostat

Pantangan Setelah Operasi Kanker Prostat

Pantangan Setelah Operasi Kanker Prostat

Kanker prostat umumnya dialami oleh pria yang telah lanjut usia, dimana kasus pembengkakan prostat memang sering terjadi bahkan bukan hanya disebabkan oleh kanker. Prostat memang memiliki peranan yang penting sebagai organ reproduksi bagi pria, karena kelenjar tersebut menghasilkan cairan yang melindungi sperma agar tidak rusak saat dikeluarkan. Jika prostat mengalami gangguan, maka pria dapat mengalami mengalami masalah seksual juga. Kebanyakan pria yang mengalami gangguan prostat termasuk kanker prostat akan mengalami gangguan ereksi sehingga secara tidak langsung juga menyebabkan masalah dalam berhubungan seksual.

 

Kelenjar prostat yang ukurannya seperti biji kenari akan terus membesar seiring bertambahnya usia sejak usia 25 tahun. Hal tersebut memang normal terjadi, namun adakalanya beberapa faktor memicu pembesaran yang berlebihan hingga kelenjar prostat mengalami masalah. Umumnya masalah pada prostat ada 3 jenis, yaitu radang prostat, pembesaran prostat dan kanker prostat. Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker yang paling banyak kedua di dunia yang menyerang kaum lelaki. Meski sebelumnya penyakit ini lebih banyak menyerang pria dewasa atau lanjut usia, belakangan ini mulai banyak kasus terjadi dimana pria muda juga mengalami kanker prostat.

 

Bagaimana Kanker Prostat Terjadi ?

Semakin meningkatnya jumlah penderita kanker prostat di usia muda, membuat para pria mulai khawatir dan lebih peduli dengan penyakit satu ini. Ada beberapa penyebab kanker prostat yang sering dialami oleh para pria, yaitu:

  • Riwayat keluarga, dimana pria yang memiliki anggota keluarga yang pernah mengalami gangguan prostat memiliki resiko tiga kali lipat lebih besar untuk terkena kanker prostat
  • Obesitas atau kegemukan yang terjadi pada pria di usia muda juga mendorong munculnya gangguan prostat dan kanker prostat di usia muda
  • Makanan yang tidak sehat dan mengandung bahan kimia seperti kentang goreng, ayam goreng, makanan kaleng dan olahan, daging, lemak, dan berbagai jenis makanan instan lainnya yang mengandung pengawet, pewarna dan penyedap rasa
  • Kebiasaan melakukan onani yang berdampak buruk pada kelenjar prostat
  • Hubungan seks bebas dan sering berganti pasangan serta tidak menggunakan kondom
  • Melakukan vasektomi.

 

Pantangan Setelah Operasi Kanker Prostat

Bagi pria, keberadaan kelenjar prostat sangatlah penting karena kelenjar tersebut berperan dalam menghasilkan air mani. Namun semakin berkembangnya zaman, pola hidup yang tidak sehat kerap dijalani bagi sebagian besar pria sehingga dapat meningkatkan resiko pembesaran prostat hingga kanker prostat. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka tindakan yang paling sering dilakukan adalah dengan menjalani operasi. Bukan berarti setelah operasi seorang pria yang memiliki masalah dengan prostatnya sudah bisa bebas, justru jika tidak dijaga penyakit tersebut akan muncul kembali atau justru menimbulkan komplikasi pasca operasi.

Setelah operasi prostat, seorang pria biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat serta menghindari berbagai kebiasaan buruk yang dapat memperparah kondisi kesehatan prostat. Termasuk di antaranya menghindari pantangan setelah operasi kanker prostat. Apa saja makanan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:

 

  1. Daging Merah

Pria yang sering mengkonsumsi daging merah memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker prostat. Karenanya ini menjadi pantangan setelah operasi kanker prostat, setelah menjalani operasi yang menyakitkan dan beresiko, sebaiknya mulai menghindari konsumsi daging merah, terlebih yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Terutama daging sapi yang banyak memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi lebih dari sekali dalam sebulan, dan dapat memicu munculnya gejala kanker prostat.

 

  1. Daging Olahan

Sama halnya dengan daging merah, pantangan setelah operasi kanker prostat pada pria juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging olahan. Hal ini dikarenakan daging olahan sudah diberikan berbagai bahan tambahan seperti pewarna dan pengawet yang tentu saja dapat meningkatkan resiko kanker prostat dua kali lipat. Untuk mendapatkan asupan protein sebaiknya pilih sumber protein nabati seperti yang terdapat pada kacang-kacangan.

 

  1. Susu

Susu mungkin dianggap sebagai minuman yang sangat baik dikonsumsi, namun sebaiknya pantangan setelah operasi kanker prostat dihindari bagi pria yang baru saja menjalani operasi. Hal tersebut dikarenakan susu mengandung asam lemak yang sama seperti yang terkandung dalam daging merah, yang dapat menyebabkan munculnya ciri-ciri kanker prostat dan meningkatkan resiko kanker prostat terjadi berulang. Susu kedelai mungkin bisa menjadi alternatif sebagai pengganti dari susu sapi atau susu kambing.

 

  1. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Berbagai produk daging baik segar maupun olahan, susu dan makanan cepat saji mengandung banyak sekali lemak jenuh yang sangat tidak dianjurkan dikonsumsi bagi penderita pembengkakan prostat, kanker prostat dan pasca operasi prostat. Lemak jenuh dapat meningkatkan resiko kanker prostat dan bisa terjadi berulang bagi pasien yang telah menjalani operasi prostat. Untuk mendukung pengobatan kanker prostat, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh terutama kategori junkfood.

 

  1. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memang sangat berbahaya untuk dikonsumsi, tidak hanya dapat merusak kesehatan namun juga bisa meningkatkan resiko kanker prostat. Apalagi bagi yang telah menjalani operasi prostat, minuman ini sebaiknya dihindari agar dapat terhindar dari resiko kanker prostat. Karena menurut penelitian, alkohol dapat menyebakan resiko dua kali lipat bagi seorang pria untuk terkena kanker prostat yang sangat parah. Menghindari minuman beralkohol merupakan cara mencegah kanker prostat yang paling mudah dilakukan.

 

Nah, itulah pantangan setelah operasi kanker prostat yang wajib dihindari untuk mendukung proses penyembuhan yang lebih cepat. Jika pantangan setelah operasi kanker prostat di atas bisa dihindari, maka bekas operasi akan lebih cepat sembuh, kelenjar prostat menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit yang berulang.

 

 

Pantangan Setelah Operasi Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*