Pantangan Penderita Kanker Prostat

Pantangan Penderita Kanker Prostat

Pantangan Penderita Kanker Prostat

Pantangan Penderita Kanker Prostat – Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani. Ada kanker prostat yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Tapi pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar.

Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012. Kasus kanker prostat, berdasar data International Agency for Research on Cancer (IARC), pada tahun 2012 di Indonesia terdapat sekitar 13.600 kasus. Dengan angka kematian hingga 9.191 kasus.

Kanker prostat juga bisa terjadi akibat pola makan yang buruk. Ada banyak makanan yang tidak diperbolehkan untuk dimakan penderita kanker prostat karena akan berakibat fatal. Karena itu untuk menjauhi apa saja Pantangan Penderita Kanker Prostat dibawah ini ada beberapa Pantangan Penderita Kanker Prostat, diantaranya :

 

  1. Daging merah

Pantangan Penderita Kanker Prostat yang pertama yaitu daging merah. Daging merah menyediakan substansial lemak jenuh berlebih dari sumber protein tanpa lemak, seperti ikan, dada ayam dan kacang-kacangan. Hal ini mungkin disebabkan amina heterosiklik (HCA), karsinogen yang ditemukan dalam daging dimasak yang telah terlibat dalam pengembangan beberapa jenis kanker.

HCA adalah senyawa yang terbentuk selama suhu tinggi memasak seperti panas sekali atau memanggang. Beberapa studi menunjukkan bahwa daging merah dan olahan seperti daging sapi, daging babi, daging makan siang, hot dog, dan sosis, mungkin terkait dengan peningkatan risiko kanker prostat.    – Pantangan Penderita Kanker Prostat

Jika Anda menikmati daging merah, pilih potongan paling ramping yang tersedia dan menjaga ukuran porsi Anda sederhana. Jika Anda memiliki kanker prostat, sumber protein tanpa lemak yang penting untuk perbaikan jaringan, kekuatan fisik dan fungsi sistem kekebalan tubuh selama pengobatan dan pemulihan.

 

  1. Produk susu

Pantangan Penderita Kanker Prostat yang kedua yaitu produk susu. Produk susu tinggi lemak jenuh dan terkait dengan peningkatan risiko kanker prostat dan konsekuensi fatal penyakit. Menurut penelitianPantangan Penderita Kanker Prostat yang dipublikasikan dalam “International Journal of Cancer” pada bulan Februari 2007, produk susu pada umumnya dapat meningkatkan risiko ini.

Peneliti menganalisis kalsium dan asupan susu dalam hubungannya dengan risiko kanker prostat pada 29.133 perokok laki-laki, usia 50 sampai 69. Setelah 17 tahun follow-up dan analisis, mereka menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi susu dan kalsium yang kaya diet lebih mungkin untuk mengembangkan kanker prostat dibandingkan pria yang tidak.   – Pantangan Penderita Kanker Prostat

Jika Anda berada pada risiko tinggi untuk kanker prostat, membatasi produk susu dapat membantu menurunkan risiko. Karena kalsium penting bagi kesehatan secara keseluruhan, bagaimanapun berbicara dengan dokter atau ahli gizi sebelum memotong kembali secara signifikan. Terutama varietas-lemak tinggi termasuk susu, krim kental, keju cheddar, krim asam dan produk susu, seperti mentega dan es krim.

 

  1. Alkohol

Pantangan Penderita Kanker Prostat yang berikutnya yaitu mengonsumsi alkohol. Penelitian awal menunjukkan bahwa alkohol dapat membahayakan pankreas. Dengan menggunakan data dari lebih dari 10.000 orang yang berpartisipasi dalam kanker prostat, peneliti menemukan bahwa peminum alkohol berat (> 50 g / hari) dan peminum berat biasa (≥4 minuman / hari di  ≥5 hari / minggu) dua kali lebih mungkin untuk didiagnosis dengan kanker prostat dibandingkan dengan peminum moderat.

 

  1. Lemak jenuh

Pantangan Penderita Kanker Prostat yang selanjutnya yaitu mengonsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh ditemukan dalam daging, susu, salad dressing, dipanggang dan makanan olahan. Meskipun lemak jenuh telah dikaitkan dengan penyakit jantung, asosiasi dengan kanker prostat masih merupakan salah satu tentatif. Para peneliti di MD Anderson Cancer Center meneliti hubungan antara lemak dan PSA tingkat jenuh antara pasien yang harus menjalani operasi untuk mengangkat tumor prostat. Pantangan Penderita Kanker Prostat lainnya juga makanan olahan dan makanan yang mengandung asam lemak trans, seperti margarin.

 

  1. Buah-Buahan Tertentu

Meskipun buah buahan memang mempunyai vitamin dan gizi yang banyak, tetapi ada buah buahan tertentu yang menjadi Pantangan Penderita Kanker Prostat Anda, berikut adalah buah buahan yang di maksud :

  • Buah yang mengandung banyak alkohol sehingga akan memicu berkembangnya kanker, yaitu Durian, Duku, Nanas, dan Anggur.
  • Buah yang memicu tumbuhnya sel kanker : Lengkeng, Nangka.

 

  1. Sayuran tertentu

Seperti hal nya buah, sayuran juga ada beberapa diantaranya yang berbahaya dan menjadi salah satu Pantangan Penderita Kanker Prostat, sayuran tersebut antara lain :

  • Sayur yang memicu tumbuhnya sel kanker, yaitu : Tauge
  • Sayur yang dapat mengurangi efektivitas kerja obat, yaitu Sawi putih dan Kankung
  • Sayur yang merangsang aktifitas bawah sadar sehingga menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh, yaitu : Cabai    – Pantangan Penderita Kanker Prostat

 

  1. Minuman atau Makanan yang bersifat karsinogen

Pantangan Penderita Kanker Prostat yang lainnya juga tidak boleh mengonsumsi minuman atau makanan yang bersifat karsinogen.Pantangan Penderita Kanker Prostat Minuman yang mengandung soda atau soft drink adalah minuman yang bersifat karsinogen akan memperburuk keadaan kanker, tidak hanya itu bahkan es juga sangat berbahaya.

Makanan yang bersifat karsinogen yaitu makanan yang mengandung bahan bahan kimia seperti makanan yang di awetkan, dan juga makanan yang di olah dengan cara di bakar di ketahui mempunyai kadar karsinogen juga.   – Pantangan Penderita Kanker Prostat

 

  1. Makanan yang bersifat hasil peternakan

Pantangan Penderita Kanker Prostat yang terakhir yaitu tidak boleh mengonsumsi makanan hasil peternakan. Daging unggas biasanya berasal dari hewan ternak yang di beri obat obatan kimia yang bertujuan untuk mendorong unggas tumbuh lebih cepat dan besar. Nah obat-obatan tersebut biasanya seperti senyawa anabolic, yang nantinya akan tetap menempel pada daging unggas sehingga senyawa anabolic tersebutlah yang memicu tumbuhnya sel kanker, termasuk  kanker prostat.

Bahkan ikan asin pun yang di olah dari bahan yang tidak segar tidak baik untuk seorang penderita kanker prostat, karena proses pembuatannya di uraikan sehingga menjadi bahan allergen yang akan mengundang reaksi imunitas tubuh.   – Pantangan Penderita Kanker Prostat

 

Pantangan Penderita Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*