Mencegah Gangguan Prostat

Mencegah Gangguan Prostat

 

Mencegah Gangguan Prostat

Mencegah Gangguan Prostat

Mencegah Gangguan Prostat – Pria yang telah berusia lanjut sering mengeluhkan tidak bisa menahan buang air kecil. Keinginan untuk kencing, terutama di malam hari, terus muncul. Gejala tersebut perlu diwaspadai. Apalagi bila frekuensi kencing cukup tinggi dan diiringi gejala lain, seperti air seni sulit keluar dan terasa sakit. Banyak pria usia lanjut yang mengalami gejala-gejala tersebut. Setelah diperiksa ternyata mengalami gangguan pada prostatnya. Gangguan ini mayoritas dialami oleh pria berusia di atas 40 tahun.

Prostat memegang peranan sangat penting dalam memproduksi cairan mani. Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada prostat. Menurut beberapa referensi, sekitar 90 persen laki-laki yang berusia 40 tahun ke atas mengalami gangguan berupa pembesaran kelenjar prostat. Inilah yang biasa disebut hiperplasia prostat jinak atau BPH (benign prostate hyperplasia).

Bila gangguan ini muncul, harus segera diatasi karena bisa berlanjut pada radang prostat. Dan jika tidak juga diobati, bisa menjadi kanker prostat. Ini bisa terjadi jika asupan makanan yang mengandung betakaroten, lignan, dan vitamin E, rendah.

Pada tahap awal, gangguan prostat ditandai dengan rasa nyeri di bagian bawah perut terutam bila menahan kencing. Rasa sakit ini sampai menyebabkan keluarnya keringat dingin. Gejala lainnya adalah aliran air seni kurang lancar dan tidak tuntas. Sehingga keinginan untuk buang air kecil tinggi. Dalam sehari semalam bisa 10-20 kali buang air kecil. Kemudian demam dan berat badan merosot drastis. Gejala ini biasanya muncul setelah gangguan pada prostat semakin memburuk dan berkembang menjadi radang prostat (prostatis).

Tips Mencegah Gangguan Prostat

Menghindari Alkohol

Kurangi konsumsi alkohol untuk mencegah gangguan prostat. Alkohol bisa menetralisir zinc (seng) dan juga vitamin B6, sementara kedua zat ini bermanfaat bagi kesehatan prostat.

Mengonsumsi Kedelai

Makan kedelai lebih banyak untuk mencegah gangguan prostat. Studi klinis menemukan bahwa rasio estrogen-testosteron mengalami peningkatan seraya usia bertambah yang adalah salah satu pemicu berkurangnya fungsi prostat. Oleh karena itum konsumsi sekitar 2 ons kedelai setiap harinya bisa menurunkan jumlah estrogen dan membangun keseimbangan yang optimal antara estrogen dan testosteron. Beberapa sumber kedelai bisa berasal dari tahu dan tempe juga.

Susu rendah lemak.

Produk susu biasa yang mengandung lemak jenuh dan juga daging bisa menigkatkan risiko kanker prostat sehingga lebih baik pilih susu rendah lemak untuk mencegah gangguan prostat.

Melakukan Diet Sehat

Mencegah gangguan prostat dengan diet sehat. Diet sehat sangat dianjurkan agar tidak terkena kanker prostat. Pastikan agar tubuh memperoleh asupan antioksidan alami, mineral dan juga vitamin. Konsumsi beberapa jenis sayuran yang berbeda seperti kecambah, kubis, brokoli dan juga sayur-sayuran lainnya. Dengan mengonsumsi 3 porsi sayur setiap harinya bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker prostat hingga 45%.

Mengonsumsi Selenium

Mencegah gangguan prostat dengan meningkatkan konsumsi selenium. Selenium merupakan zat yang berfungsi menjaga kesehatan prostat. Makanan-makanan yang memiliki kandungan ini antara lain adalah telur, kacang brazil, kacang mete, rumput laut, tuna, herrng dan juga seafood lainnya, bawang putih, bunga matahari dan biji wijen dan juga ginjal dan hati sapi.

Mengonsumsi Minyak Ikan

Mencegah gangguan prostat dengan mengonsumsi minyak ikan. Konsumsi minyak ikan baik minyak ikan langsung ataupun suplemennya bisa meningkatkan kesehatan prostat.

Konsumsi tomat.

Tomat memiliki kandungan lycopene yang sangat bagus bagi kesehatan prostat. Dengan begitu, konsumsi ini mengurangi risiko kanker prostat.

Latihan kegel untuk mencegah gangguan prostat.

Tahukah Anda bahwa latihan kegel bisa pula dilakukan oleh pria karena bisa meningkatkan aliran darah di bagian prostat dan juga urogenital. Kencangkan otot di bagian skrotum dan anus, tahan dan lepaskan, Anda bisa melakukan latihan ini sekitar 10 putaran per harinya agar aliran darah ke jaringan prostat bisa berjalan lancar.

Pola Hidup Sehat

Mencegah gangguan prostat dengan gaya hidup sehat. kanker prostat bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat seperti istirahat dan olahraga yang cukup dan pola makan yang sehat, sebagaimana sebagiannya sudah dijelaskan di poin-poin sebelumnya, bisa memaksimalkan kerja tubuh guna mengeluarkan racun dan menyerang penyakit.

Mencegah Gangguan Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*