Komplikasi Kanker Prostat

Komplikasi Kanker Prostat

Komplikasi Kanker Prostat

Komplikasi Kanker Prostat – Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Jumlah kanker prostat sangat bervariasi di dunia, namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan; sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Menurut American Cancer Society, kanker prostat paling jarang di pria Asia dan paling sering terjadi di orang hitam, dan orang Eropa di tengahnya.

Kanker prostat terjadi ketika sel-sel dalam kelenjar prostat menjadi abnormal dan berkembang biak. Akumulasi sel-sel ini kemudian membentuk tumor sekunder. Pengobatan komplikasi kanker prostat seperti operasi dan radiasi mungkin dapat berhasil menghilangkan penyakit. Bahkan kebanyakan pria didiagnosis dengan kanker prostat masih bisa hidup lebih lama dalam usia produktif, kehidupan yang aktif. Sayangnya, perawatan prostat sering menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

 

 

  1. Disfungsi ereksi

Komplikasi kanker prostat disfungsi ereksi terjadi karena kanker menyerang saraf yang mengontrol repon ereksi pria yang terletak sangat dekat dengan kelenjar prostat. Selain itu, pengobatan kanker prostat seperti operasi dan radiasi dapat merusak saraf halus ini yang menyebabkan masalah dengan mencapai atau mempertahankan ereksi. Sebuah perangkat vakum bisa membantu seorang pria mampu ereksi. Pria dengan DE bisa diberi obat oral seperti sildenafil sitrat. Sebuah prostesis dapat ditawarkan kepada pasien DE yang tidak responsif atau intoleran obat oral.

 

  1. Inkontinesia

Seseorang dengan inkontinesia urin ini berarti mereka kehilangan kontrol kandung kemih dan mungkin urin bocor sehingga tidak dapat mengontrol kapan mereka buang air kecil. Penyebab utama adalah kerusakan pada saraf dan otot-otot yang mengontrol fungsi kemih. Kanker prostat dan prosedur perawatan bedah juga dapat menyebabkan inkontinesia. Pria dengan komplikasi kanker prostat inkontinesia mungkin perlu menggunakan bantalan penyerap untuk menangkap urin yang bocor. Obat-obatan juga dapat membantu meringankan iritasi kandung kemih. Dalam kasus yang lebih parah, suntikan protein yang disebut kolagen ke dalam uretra dapat membantu mengencangkan jalur dan mencegah bocor urin.

 

  1. Metastatis

Metastatis terjadi ketika sel-sel tumor dari daerah satu tubuh menyebar ke bagian lain dari tubuh. Sel-sel kanker prostat dapat menyebar melalui jaringan dan sistem getah bening serta melalui darah. Sel-sel abnormal ini dapat bergerak ke organ lain, seperti kandung kemih dan mempengaruhi bagian lain dari tubuh seperti tulang dan sumsum tulang belakang. Komplikasi kanker prostat metastatis dapat diobati dengan obat yang disebut bilosfonat atau obat suntik yang disebut denosumab.

 

  1. Rasa nyeri

Setelah dan sebelum komplikasi kanker prostat pasien akan mengalami sakit atau rasa nyeri. Banyak pasien yang mengalami rasa asakit yang signifikan setelah menjalani pengobatan kanker prostat dan harus menjalani pengobatan cukup lama untuk mengembalikan kesehatan tubuh mereka. Jenis sakit atau rasa nyeri setiap pasien berbeda, namun setiap rasa nyeri setelah pengobatan, untungnya ada obatnya.

 

  1. Depresi

Komplikasi kanker prostat yang terakhir adalah depresi. Bagi si penderita, memiliki kanker prostat tentunya akan menimbulkan rasa khawatir dan rasa sedih, karena kanker ini bisa saja merenggut nyawa mereka. Segala jenis komplikasi pengobatan kanker prostat seperti disfungsi ereksi, inkontinesia dan rasa sakit atau nyeri tentunya akan menimbulkan stres atau depresi dari diri pasien. Rasa depresi ini memang sulit diatasi, dan tidak bisa disembuhkan dengan medis. Salah satu cara yang bisa mengobati rasa depresi pasien ini mungkin adalah dukungan dari keluarga atau orang terdekat yang setidaknya bisa meringankan beban pasien.

 

 

 

Komplikasi Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*