Kanker Prostat Stadium Lanjut

Kanker Prostat Stadium Lanjut

 

Kanker Prostat -Kanker prostat merupakan penyebab kematian akibat kanker ketiga terbesar pada pria setelah kanker paru dan kanker usus besar. Pada stadium lanjut, penyakit ini bisa menyebar ke bagian tulang, terutama tulang panggul dan tulang belakang, dan menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Kanker Prostat Stadium Lanjut

Kanker Prostat Stadium Lanjut

Kanker prostat dikelompokkan menjadi :

  1. Stadium A : benjolan/tumor tidak dapat diraba pada pemeriksaan fisik, biasanya ditemukan secara tidak sengaja setelah pembedahan prostat karena penyakit lain.
  2. Stadium B : tumor terbatas pada prostat dan biasanya ditemukan pada pemeriksaan fisik atau tes PSA.
  3. Stadium C : tumor telah menyebar ke luar dari kapsul prostat, tetapi belum sampai menyebar ke kelenjar getah bening.
  4. Stadium D : kanker telah menyebar (metastase) ke kelenjar getah bening regional maupun bagian tubuh lainnya (misalnya tulang dan paru-paru).

Berikut beberapa gejala kanker prostat yang pantas diwaspadai :

  • Anda perlu waktu sekian detik untuk mulai kencing / mengeluarkan air seni
  • aliran kencing tidak lancar atau terputus-putus ; urin / air seni mengalir dengan perlahan serta perlu waktu lama untuk berkemih. perihal ini dikarenakan oleh penyumbatan parsial pada aliran urine melewati uretra
  • Perasaan masih ada yang tertinggal : meskipun anda sudah selesai kencing, namun anda merasa belum keluar seluruhnya ; air seni tetap menetes-netes meskipun sudah selesai buang air kecil ; beberapa waktu kemudian, sedikit urine yang tertinggal tiba-tiba keluar hingga membasahi celana dalam anda
  • Air seni berwarna merah ( dikarenakan darah )
  • Anda sukar menahan kencing
  • Anda kerap jadi kebelet kencing tiba-tiba serta frekuensi kencing anda jadi makin sering.
  • Anda kerap terbangun pada malam hari untuk buang air kecil
  • Anda mengalami nyeri saat kencing atau ejakulasi maupun waktu buang air besar
  • Anda mengalami nyeri pada punggung sisi bawah
  • Anda mengalami nyeri pada pangkal penis ( bila kanker telah masuk stadium lanjut )

Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat jika anda :

  1. Memilih makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah.

Hindari makanan berlemak tinggi. Buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.

  1. Pilihlah makanan yang sehat daripada menggunakan suplemen.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen memiliki peran mengurangi risiko kanker prostat. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

  1. Perbanyak berolahraga.

Berolahraga akan memperbaiki kesehatan anda serta menjaga berat badan anda. Ada bukti yang menjelaskan bahwa laki-laki yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.

  1. Jaga berat badan sehat anda.

Jika anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jaga agar berat badan anda tetap sehat dengan berolahraga. Jika anda memiliki berat badan yang lebih, kurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari dan berolahragalah lebih banyak.

  1. Bicaralah pada dokter anda jika anda pikir bahwa anda memiliki peningkatan risiko kanker prostat.

Penelitian menemukan bahwa obat finasteride (Propecia, Proscar) dapat mencegah atau menunda terbentuknya kanker prostat pada laki-laki usia 55 ke atas. Obat ini biasanya digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat dan kerontokan rambut pada laki-laki.

Penanganan dan Pengobatan

Pilihan perawatan medis untuk mengobati kanker prostat tidak satu ukuran cocok untuk semua untuk kanker prostat. Pemilihan pengobatan tergantung pada usia, kondisi medis umum, harapan hidup, seberapa cepat tumbuh dan berapa banyak kanker telah menyebar, dan manfaat dan kemungkinan efek samping pengobatan. Sebuah rencana perawatan harus individual untuk setiap pasien tergantung pada dokter untuk menentukan terapi dan kemungkinan efek samping terapi. Pilihan Medis untuk mengobati kanker prostat adalah:

  • Radiasi
  • Terapi hormon
  • Operasi
  • Transurethral resection of the prostate (TURP) digunakan pada penyakit tahap awal untuk membuang jaringan yang memblokir buang air kecil.
  • Kemoterapi

 

Kanker Prostat Stadium Lanjut

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*