Kanker Prostat Stadium 4

Kanker Prostat Stadium 4

Kanker Prostat – Prostat adalah kelenjar pada alat reproduksi laki-laki yang berperan memproduksi cairan (air mani) yang membawa sperma. Kelenjar sebesar kenari ini, terletak diantara kandung kemih dan uretra. Fungsi prostat diatur oleh testosteron, hormon yang diproduksi oleh testikel. Kanker prostat biasanya menimpa pria berusia diatas 50 tahun. Kanker prostat adalah jenis kanker yang berkembang dengan lambat, namun dapat tumbuh tidak terkontrol dan menyebar ke jaringan lain, misalnya tulang, kelenjar getah bening dan paru . Jika hal ini terjadi, kanker prostat masih dapat dikontrol penyebarannya, namun tidak dapat disembuhkan. 4 fase kanker prostat : Stadium 1 : Kanker masih kecil dan masih didalam prostat. Stadium 2 : Kanker mulai membesar. Stadium 3 : Kanker mulai menyebar keluar prostat. Stadium 4 : Kanker mulai menyebar ke kelenjar getah bening, kandung kemih, tulang dan paru.

Kanker Prostat Stadium 4Penyebab utama kanker prostat tidak dapat diketahui, namun kelompok pria yang rentan terkena kanker prostat adalah sebagai berikut :

  • Pria dengan usia di atas 65 tahun. Kanker prostat jarang ditemui pria dengan usia di bawah 45 tahun
  • Memiliki riwayat kanker dalam keluarga. Apabila saudara laki-laki atau ayah terkena kanker prostat pada usia di bawah 50 tahun maka resiko terkena kanker prostat akan meningkat. Hal yang sama juga terjadi apabila saudara perempuan atau ibu terkena kanker payudara
  • Suku bangsa kulit hitam dan kulit putih. Suku bangsa Asia memiliki persentase paling rendah untuk terkena kanker prostat, tetapi penelitian menunjukkan bahwa angka tersebut terus meningkat tiap tahunnya.
  • Paparan logam kadmium, seringkali terdapat pada pria dengan profesi sebagai pelukis, petani, dan lainnya.

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat tidak menunjukan gejala pada awal tahap, tapi pada saat tumor ganas sudah menyebabkan pembengkakan yang siginifikan pada prostat atau kanker sudah menyebar disekitar prostat, gejala yang akan timbul adalah :

  • Sering buang air kecil, terutama saat malam hari.
  • Gangguan saat buang air kecil (sulit mengeluarkan atau berhenti).
  • Nyeri saat buang air kecil atau saat ejakulasi.
  • Tidak dapat buang air kecil sambil berdiri.
  • Keluarnya darah pada urin dan air mani.

Adapun gejala saat kanker sudah memasuki stadium lanjut :

  • Nyeri dan kaku yang terus menerus pada bagian panggul, punggung, iga, atas paha.
  • Kehilangan selera makan, berat badan turun, kelelahan, mual dan muntah.
  • Pembengkakan tubuh bagian bawah.
  • Kesulitan berjalan.

Pengobatan Kanker Prostat

Perawatan yang mungkin dijalani penderita kanker prostat adalah :

Terapi radiasi

Untuk membunuh sel-sel kanker dan menghilangkan nyeri pada tulang yang terkena penyebaran kanker.

Pembedahan

Terapi hormon

Untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Produksi hormon testosteron dan androgen akan dihentikan, sebagai efek samping, jaringan patudara akan berkembang, berat badan bertambah dan impotensi.

Kemoterapi

Untuk membunuh sel kanker, sayangnya, terapi ini ikut membunuh sel-sel lain didalam tubuh. Efek samping dari kemoterapi adalah, rambut rontok, luka pada sekitar mulut, mual, muntah dan cepat lelah.

Krioterapi

Untuk membekukan dan membunuh sel kanker, efek sampingnya adalah, impotensi, nyeri pada kandung kemih dan usus.

Vaksin

Mencegah Kanker Prostat

Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat jika anda :

  • Memilih makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah. Hindari makanan berlemak tinggi. Buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.
  • Pilihlah makanan yang sehat daripada menggunakan suplemen. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen memiliki peran mengurangi risiko kanker tersebut. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.
  • Sering berolahraga. Berolahraga akan memperbaiki kesehatan anda serta menjaga berat badan anda. Ada bukti yang menjelaskan bahwa laki-laki yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.
  • Jaga berat badan sehat anda. Jika anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jaga agar berat badan anda tetap sehat dengan berolahraga. Jika anda memiliki berat badan yang lebih, kurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari dan berolahragalah lebih banyak.

Kanker Prostat Stadium 4

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*