Kanker Prostat Pengobatan

Kanker Prostat Pengobatan

Kanker ProstatKanker prostat dapat menyerang siapa saja tetapi hampir 80 persen pengidap kanker prostat berada pada usia di atas 65 tahun. Meski begitu, resiko terjadinya kanker prostat akan meningkat seraya usia Anda bertambah, dan itu dimulai sejak Anda menginjak usia 40 tahun, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini. Tentu saja ada faktor-faktor lain yang dapat memicu insiden kanker prostat selain faktor genetik. Berikut beberapa di antaranya.

 Kanker Prostat Pengobatan

  1. Pola konsumsi

Berbagai hasil riset menunjukkan bahwa 80 hingga 90 persen kasus kanker yang terjadi, apapun jenisnya, disebabkan oleh pola makan yang buruk, terutama konsumsi makanan dengan tinggi lemak, namun tidak diimbangi dengan serat yang cukup.

  1. Faktor gaya hidup

Konsumsi rokok dan alkohol dalam jangka panjang dan kebiasaan bergonta-ganti pasangan seksual, turut bersumbangsih pada terjadinya kanker prostat.

  1. Faktor lingkungan

Mereka yang bekerja di bidang industri, yang sering berkontak dengan bahan-bahan kimia, juga beresiko tinggi terhadap munculnya kanker prostat.

Kebanyakan pria dengan kanker prostat tidak memiliki gejala dan hal ini terutama terjadi pada tahap awal penyakit ini. Ini berarti bahwa kanker prostat banyak yang tidak terdeteksi sampai kanker telah menyebar ke luar prostat. Di mana terdapat tanda-tanda dan gejala, karakteristik mereka tergantung pada seberapa berat kanker dan penyebaran kanker . Jika kanker terdeteksi dalam tahap awal, kebanyakan pria tidak akan mengalami gejala apapun.

Gejala biasanya muncul ketika tumor penyebabkan obstruksi (penyumbatan) kemih di leher kandung kemih atau uretra. Tanda dan gejalanya adalah :

  1. Sering BAK terutama pada malam hari
  2. Kesulitan dalam memulai dan menghentikan aliran kemih
  3. Nyeri buang air kecil
  4. lemah atau terganggu aliran urin (retensi urin)
  5. perasaan tidak lampias ketika berkemih. Biasanya keluhan ini juga ditemui pada pembesaran prostat jinak atau infeksi prostat.

Tanda dan gejala saat mencapai stadium lanjut yaitu :

  1. Adanya darah dalam urine
  2. Sakit saat ejakulasi
  3. Rasa terbakar atau nyeri buang air kecil
  4. Disfungsi ereksi.
  5. Jika kanker prostat telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di panggul, dapat menyebabkan rasa sakit atau kekakuan pada punggung bawah, pinggul atau paha atas dan tidak nyaman di daerah panggul.
  6. Fungsi kandung kemih atas akan rusak.
  7. Sering mengalami infeksi kemih berulang.
  8. Kanker prostat lanjut yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, terutama di pinggul dan tulang belakang, patah tulang, melemahnya tulang dan kompresi tulang belakang.

Pengobatan Kanker Prostat

Bagi penderita kanker prostat, mungkin akan membingungkan dalam memilih prosedur pengobatan terbaik yang bisa dilakukan. Tiap pengobatan yang dilakukan memiliki risiko dan juga keuntungan masing-masing.Pengobatan kanker prostat tergantung kepada beberapa faktor:

  • Stadium kanker
  • Ukuran kanker
  • Seberapa luas penyebaran kanker yang telah terjadi
  • Dan kondisi kesehatan pasien

Untuk penderita kanker prostat pada stadium awal, mereka bisa memilih untuk menunggu dan mengawasi perkembangan kanker. Ada beberapa kasus kanker prostat yang tidak memerlukan pengobatan sama sekali dan ini perlu dipertimbangkan karena ada efek samping pengobatan yang tergolong signifikan. Apabila memilih untuk mengawasi kanker prostat, maka selama masa pengawasan, informasi tambahan bisa dikumpulkan untuk membantu menentukan pengobatan yang tepat.

Pengawasan prostat ini mengharuskan Anda menjalani tes PSA dan juga prosedur biopsi secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memastikan sedini mungkin apakah ada pertumbuhan sel kanker. Rangkaian prosedur ini dilakukan untuk menentukan pengobatan sesuai dengan tahapan kanker yang diderita, terlebih ketika kanker prostat sudah menyebar keluar dari kelenjar prostat.

Kanker Prostat Pengobatan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*