Kanker Prostat Pada Usia Muda

Kanker Prostat Pada Usia Muda

 

Kanker Prostat – Para pria sebaiknya tak meremehkan gangguan berkemih. Begitu juga dengan mereka yang sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Bisa jadi ini merupakan awal datangnya penyakit kanker prostat. Penyakit ini sering kali ditandai dengan gejala ringan yang terkadang dianggap sepele.

Kanker ini terjadi di dalam kelenjar prostat yang dimulai dengan perubahan sangat kecil dalam ukuran dan bentuk sel-sel kelenjar prostat. Kelenjar dalam sistem reproduksi pria ini terletak di bawah kandung kemih yang mengelilingi sebagian dari uretra, mengosongkan kandung kemih, dan menghasilkan cairan yang membentuk sebagian dari air mani. Setelah berusia di atas 50 tahun, hampir semua pria mengalami prostatic intraepithelial neoplasia (PIN). Orang yang mengalami PIN mengalami perubahan-perubahan tampilan sel kelenjar prostat.

Ada 3 jenis gangguan yang dapat terjadi pada kelenjar prostat seperti prostatitis ( radang prostat ), pembesaran prostat dan kanker prostat seperti yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Kanker prostat dapat berkembang ketika sel-sel dalam prostat mulai tumbuh dengan cara yang tidak terkendali.

Pada umunya, gangguan pada prostat baik itu pembesaran ataupun kanker prostat biasa berkembang ketika seseorang telah menginjak usia diatas 40 tahun. Namun hal ini bukan berarti bahwa gangguan prostat tidak bisa menyerang usia muda.

Kanker Prostat Pada Usia MudaLalu, apa saja penyebab kanker prostat pada usia muda ?

Prostat tumbuh / membesar secara normal melalui dua fase, fase pertama terjadi saat pubertas dimana ukuran prostat akan menjadi 2 kali ukuran saat lahir. Dan fase kedua terjadi sekitar usia dewasa muda (25 tahun) dan terus membesar seiring pertambahan usia.

Para peneliti di University of Michigan Comprehensive Cancer Center, jumlah pria yang lebih muda didiagnosis dengan kanker prostat telah meningkat hampir 6 kali lipat dalam 20 tahun terakhir, dan penyakit ini lebih mungkin menjadi agresif dalam-orang muda.

  • Pria dengan riwayat keluarga kanker prostat memiliki dua sampai tiga kali kesempatan lebih besar menderita kanker prostat.
  • Obesitas atau kegemukan. Memiliki berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko seorang dengan usia yang masih muda terkena kanker prostat.
  • Sejumlah studi menunjukkan bahwa beberapa jenis makanan dapat mempengaruhi risiko Anda mengidap kanker prostat.

Apa Saja Gejala Kanker Prostat ?

Untuk memastikan apakah hanya terjadi pembesaran kelenjar prostat atau gejala penyakit kanker prostat, Gejala yang ditimbulkan oleh pembengkakan kelenjar prostat hampir mirip dengan gejala penyakit kanker prostat. seorang pria dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan bila mengalami gejala berikut:

Sulit berkemih

Bisa berupa perasaan ingin berkemih tapi tidak ada yang keluar, berhenti saat sedang berkemih, ada perasaan masih ingin berkemih atau harus sering ke toilet untuk berkemih karena keluarnya sedikit-sedikit. Gejala ini muncul sebagai akibat membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena ada tumor di dalamnya sehingga mengganggu proses berkemih.

Nyeri saat berkemih

Nyeri ini juga bisa merupakan gejala infeksi prostat yang disebut prostatitis. Bisa juga tanda hiperplasia prostat yang bukan merupakan kanker.

Keluar darah saat berkemih

Segeralah periksa ke dokter meski darah yang dikeluarkan hanya sedikit, samar-samar atau hanya berwarna merah muda. Kadangkala infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan gejala ini.

Sulit ereksi atau menahan ereksi

Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi..

Sulit buang air besar (BAB) dan masalah saluran pencernaan lainnya

Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Akibatnya, bila ada tumor, pencernaan akan terganggu. Namun perlu diingat, sulit BAB yang terus menerus terjadi juga bisa menyebabkan pembesaran prostat.

Nyeri terus-menerus di punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas

Sering kali, kanker prostat menyebar di wilayah-wilayah ini, yaitu pada punggung bawah, panggul dan pinggul.

Kanker Prostat Pada Usia Muda

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*