Kanker Prostat Itu Apa ?

Kanker Prostat Itu Apa ?

Kanker Prostat -Kelenjar prostat adalah kelenjar dari sistem reproduksi laki-laki, yang terdiri dari testis, skrotum, penis dan organ seks aksesori lainnya . Kelenjar prostat , kecil licin – berukuran sebesar kenari – dan terletak di leher kandung kemih dan di depan rectum (daerah anus ) dan mengelilingi uretra (saluran kencing. Prostat menghasilkan cairan putih seperti susu yaitu semen , yang akan ditambahkan ke sperma selama ejakulasi. Vesikula seminalis yang terletak tepat di atas prostat merupakan dua kelenjar kecil yang mengeluarkan sekitar 60% dari zat yang membentuk air mani. Sedangkan pada sisi prostat terletak saraf yang mengontrol fungsi ereksi.

Kanker Prostat Itu Apa ?

Kanker Prostat Itu Apa ?

Fungsi Kelenjar Prostat

Para ilmuwan belum tahu semua fungsi prostat. Namun sebagai bagian dari sistem reproduksi laki-laki, salah satu peran utamanya adalah :

  1. Menekan cairan keputihan (semen) ke dalam uretra ( saluran kencing ) sebagai air mani selama klimaks seksual.
  2. Cairan prostat, yang membantu membuat air mani, energi sperma, merupakan bagian terbesar dari volume ejakulasi dan membuat saluran vagina menjadi kurang asam.

Apa itu kanker prostat?

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang pada prostat, suatu kelenjar di dalam sistem reproduksi pria. Ini bisa terjadi ketika sel-sel prostat mutasi dan mulai bertambah banyak di luar kontrol. Sel-sel ini bisa menyebar (metastasis) dari prostat ke bagian-bagian lain, khususnya tulang dan nodus limfe. Kanker prostat bisa menyebabkan nyeri, sulit berkemih, masalah selama hubungan seksual, disfungsi ereksi, dan gejala-gejala lain. Sayangnya, gejala-gejala tersebut ada hanya di stadium lanjut penyakit.

Penyakit ini paling banyak di Amerika Serikat, sedangkan angka kejadian di Eropa lebih sedikit dari Amerika Serikat, tetapi lebih banyak di Asia Selatan dan Timur. Kanker prostat paling sering berkembang pada pria yang berumur lebih dari 50 tahun. Untuk angka kejadian di Indonesia jarang terjadi pada pria di bawah usia 40 tahun dan insidensnya terus meningkat hingga mencapai puncaknya pada usia 80-an.

Penyebab dan Faktor Kanker Prostat

Penelitian menunjukkan bahwa, seperti kanker lainnya, kanker prostat adalah penyakit multifaktorial yang merupakan kombinasi keturunan, etnis, hormon, diet dan lingkungan. Tidak dapat dipastikan penyebabnya namun ada beberapa hal yang dapat menjadi factor risiko seseorang terkena kanker prostat. Faktor-faktor risiko tersebut adalah :

  • Umur – risiko terkena kanker prostat meningkat di usia > 50 tahun
  • Etnis -pria Amerika-Afrika berisiko 1,5 – 2 kali lebih besar untuk terkena kanker prostat dibandingkan ras kulit putih
  • Faktor keturunan -Pria dengan riwayat kanker prostat dalam keluarga mereka, berisiko 2 – 3 kali lebih besar
  • Kebiasaan Makan – diet tinggi lemak telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat.
  • Agen kimia -paparan terhadap bahan kimia seperti cadmium telah terlibat dalam perkembangan kanker prostat.

Gejala Kanker Prostat

Gejala biasanya muncul ketika tumor penyebabkan obstruksi (penyumbatan) kemih di leher kandung kemih atau uretra. Tanda dan gejalanya adalah :

  1. Sering BAK terutama pada malam hari
  2. Kesulitan dalam memulai dan menghentikan aliran kemih
  3. Nyeri buang air kecil
  4. lemah atau terganggu aliran urin (retensi urin)
  5. perasaan tidak lampias ketika berkemih. Biasanya keluhan ini juga ditemui pada pembesaran prostat jinak atau infeksi prostat.

Tanda dan gejala saat mencapai stadium lanjut yaitu :

  1. Adanya darah dalam urine
  2. Sakit saat ejakulasi
  3. Rasa terbakar atau nyeri buang air kecil
  4. Disfungsi ereksi.
  5. Jika kanker prostat telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di panggul, dapat menyebabkan rasa sakit atau kekakuan pada punggung bawah, pinggul atau paha atas dan tidak nyaman di daerah panggul.
  6. Fungsi kandung kemih atas akan rusak.
  7. Sering mengalami infeksi kemih berulang.
  8. Kanker prostat lanjut yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, terutama di pinggul dan tulang belakang, patah tulang, melemahnya tulang dan kompresi tulang belakang.

Jika Anda telah berusia 50 tahun ke atas segeralah melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui apakah Anda terkena kanker prostat atau tidak karena seperti yang telah diuraikan di atas gejala-gejala kanker prostat biasanya tidak ditemukan pada stadium awal. Janganlah Anda menunda-nunda waktu untuk melakukan pemeriksaan tersebut karena jika sudah terlambat, menyesal sudah tidak berguna lagi.Untuk Anda yang masih berusia di bawah 50 tahun jagalah pola makan Anda dan gaya hidup Anda! Dengan pola makan dan gaya hidup sehat Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker .

Kanker Prostat Itu Apa ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*