Kanker Prostat Ini Gejalanya

Kanker Prostat Ini Gejalanya

Kanker ProstatKanker prostat mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal. Gejala kanker prostat akan muncul ketika prostat terlalu besar atau membengkak dan mulai memengaruhi uretra. Beberapa tanda dan gejala yang muncul ketika ini terjadi adalah:

  • Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari
  • Merasa nyeri saat buang air kecil
  • Merasa kandung kemih selalu penuh
  • Darah dalam urin atau air mani
  • Tekanan saat mengeluarkan urin berkurang

Biasanya, tanda maupun gejala kanker prostat akan muncul ketika kanker sudah menyebar keluar dari prostat. Tapi gejala-gejala di atas tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat. Kondisi di atas bisa saja disebabkan oleh infeksi saluran kencing. Hingga kini, penyebab munculnya kanker prostat masih belum diketahui. Tapi faktor keturunan atau genetika dan usia seseorang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker prostat.

Kanker Prostat Ini Gejalanya

Kanker prostat dikelompokkan menjadi

  • Stadium A : benjolan/tumor tidak dapat diraba pada pemeriksaan fisik, biasanya ditemukan secara tidak sengaja setelah pembedahan prostat karena penyakit lain.
  • Stadium B : tumor terbatas pada prostat dan biasanya ditemukan pada pemeriksaan fisik atau tes PSA.
  • Stadium C : tumor telah menyebar ke luar dari kapsul prostat, tetapi belum sampai menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Stadium D : kanker telah menyebar (metastase) ke kelenjar getah bening regional maupun bagian tubuh lainnya (misalnya tulang dan paru-paru).

Mencegah Kanker Prostat

Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat jika anda :

  • Memilih makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah. Hindari makanan berlemak tinggi. Buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.
  • Pilihlah makanan yang sehat daripada menggunakan suplemen. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen memiliki peran mengurangi risiko kanker tersebut. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.
  • Sering berolahraga. Berolahraga akan memperbaiki kesehatan anda serta menjaga berat badan anda. Ada bukti yang menjelaskan bahwa laki-laki yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.
  • Jaga berat badan sehat anda. Jika anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jaga agar berat badan anda tetap sehat dengan berolahraga. Jika anda memiliki berat badan yang lebih, kurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari dan berolahragalah lebih banyak.

Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan atau menyembuhkan kanker prostat dalam dilakukan dengan cara berikut ini:

Pembedahan

Pembedahan dilakukan untuk mengangkat kelenjar prostat (prostatektomi radikal), tindakan ini seringkali dilakukan untuk kanker pada stadium A dan B. Komplikasi untuk tindakan ini biasanya berupa impotensia dan lebih sering berkemih.

Selain pengangkatan kelenjar prostat pembedahan juga dapat dilakukan untuk mengangkat testis (orkiektomi), tindakan ini dilakukan pada kanker stadium C. Tindakan ini dinilai lebih efektif karena tidak memerlukan tindakan pengobatan ulang dan lebih murah dibanding pengobatan lainnya, tetapi tindakan tersebut menyebabkan berkurangnya kadar testoteron. Hal ini mengakibatkan munculnya efek psikis dan fisik pada pasien.

Penyinaran

Terapi penyinaran eksterna dapat dilakukan di rumah sakit tanpa memerlukan rawat inap. Terapi ini dilakukan rutin sebanyak 5 kali tiap minggu selama 6-8 minggu. Efek samping yang dapat ditimbulkan antara lain berkurangnya nafsu makan, kelelahan, iritasi pada kulit, diare, cedera atau luka bakar pada rectum, serta infeksi kandung kemih.

Penyinaran juga dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mencangkokkan butiran yodium, emas, atau iridium aktif pada jaringan prostat melalui sayatan kecil. Radiasi akan mengarah pada bagian yang dicangkokkan sehingga kerusakan jaringan pada bagian sekitarnya menjadi lebih sedikit.

Obat-obatan

Pemberian obat untuk memanipulasi hormon sehingga kadar testoteron dapat berkurang. Pengobatan menggunakan kemoterapi juga dapat dilakukan, yaitu pengobatan dengan obat-obatan yang dapat menghancurkan sel kanker. Metode ini biasa dilakukan untuk pasien dengan kanker yang telah menyebar atau stadium D.

Kanker Prostat Ini Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*