Kanker Prostat Dan Penyebabnya

Kanker Prostat Dan Penyebabnya

 

Kanker Prostat Dan Penyebabnya

Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada prostat, kelenjar seukuran kacang walnut dibawah kandung kemih pria yang fungsinya memproduksi sperma. Sebagian besar kanker prostat tumbuh sangat lambat namun merupakan kanker ganas, dan kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lain, khususnya tulang dan kelenjar getah bening.

Gejala Kanker Prostat

Pada umumnya gejala kanker ini tidak dapat dideteksi pada tahap awal. Sedangkan pada tahap lanjut gejala kanker in memiliki ciri antara lain:

  • Rasa tidak nyaman pada area pinggul
  • Adanya darah pada air mani
  • Bermasalah ketika buang air kecil
  • Bengkak pada kaki
  • Berkurangnya kualitas urin
  • Pembengkakan pada kaki

Selain gejala ada beberapa faktor yang menyebabkan kanker prostat yaitu:

  • Faktor keturunan
  • Usia sudah mencapai 70 tahun ke atas
  • Obesitat

Penelitian menunjukkan bahwa, seperti kanker lainnya, kanker prostat adalah penyakit multifaktorial yang merupakan kombinasi keturunan, etnis, hormon, diet dan lingkungan. Tidak dapat dipastikan penyebab kanker prostat secara pasti namun ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor risiko seseorang terkena kanker prostat. Faktor-faktor risiko penyebab kanker prostat tersebut adalah :

  • Umur : Risiko terkena kanker prostat meningkat di usia > 50 tahun
  • Etnis : Pria Amerika-Afrika berisiko 1,5 – 2 kali lebih besar untuk terkena kanker prostat dibandingkan ras kulit putih
  • Faktor keturunan : Pria dengan riwayat kanker prostat dalam keluarga mereka, berisiko 2 – 3 kali lebih besar . Sejarah keluarga dengan kanker prostat. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami kanker prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  • Kebiasaan Makan : Diet tinggi lemak telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat.
  • Agen kimia : Paparan terhadap bahan kimia seperti cadmium telah terlibat dalam perkembangan kanker prostat.
  • Obesitas : Laki-laki yang memiliki kanker prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.

Bagaimana cara mencegah kanker prostat ?

Berolahraga rutin.

Olahraga membuat sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan sirkulasi darah membaik. Baiknya kekebalan tubuh dapat menjadi jalan untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, pilihlah olahraga kesukaan Anda agar tubuh tidak mudah sakit. Baik pula kalau Anda mau rutin jalan cepat. Menurut penelitian dari University of California, jalan cepat bisa mengatasi masalah kanker prostat pada pria.

Makan serat alami dan minum susu kedelai.

Kedua makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan prostat. Disarankan, serat alami yang dikonsumsi berasal dari rami.Konsentrasi seratnya cukup tinggi dan baik. Sementara itu, daripada minum susu sapi yang mungkin kaya lemak, lebih baik konsumsi susu kedelai yang juga menyehatkan.

Makan tomat.

Buah ini mengandung antioksidan lycopen. Zat tersebut punya peran penting dalam menekan kanker prostat pada pria.

Minum air putih

Tidak kekurangan air, kita harus minum 8 – 12 gelas setiap hari agar tubuh tidak kekurangan air. Air akan membantu melancarkan buang air kecil sehingga saluran kemih tetap bersih.

Berhenti merokok

Perokok juga lebih mungkin untuk memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Pasien kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.

Menjaga Berat Badan

Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur, Anda juga harus menjaga berat badan Anda agar tetap seimbang. Hindarilah makanan yang kaya akan lemak seperti daging merah. Untuk menjaga berat badan tetap semibang Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori seperti sereal.

Kanker Prostat Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*