Kanker Prostat Dan Pencegahan

Kanker Prostat Dan Pencegahan

Kanker ProstatKanker prostat menjadi ancaman bagi kaum pria. Pertumbuhan kanker prostat seringkali sangat lambat, bahkan bisa tidak menunjukkan gejala selama bertahun-tahun. Padahal penanganan kanker prostat sangat kompleks. Sehingga daripada mengobati lebih baik kita mencegahnya.

Kanker Prostat Dan Pencegahan

Gejala Kanker Prostat

Gejala kanker prostat yang mungkin dialami ialah perubahan pada urin dan air main, seperti;

  • Adanya darah pada air seni atau air mani
  • Terasa panas atau nyeri saat buang air kecil atau ejakulasi
  • Kesulitan buang air kecil, baik itu ketika mulai atau ketika mengakhirinya
  • Buang air kecil menjadi lebih sering, terutama di malam hari
  • Pancaran air seni menjadi lebih lemah (terganggu)

Jika Anda mengalami salah satu dari hal-hal tersebut diatas, sebaiknya Anda melakukan flash-back. Mengingat kembali apa saja yang pernah dilakukan yang mungkin jadi pemicu kanker prostat. Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan kanker prostat

Penyebab kanker prostat

Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan tumbuhnya kanker pada prostat. yaitu;

Faktor Usia

Menurut seksualitas.net, kanker prostat umum terjadi pada pria berusia 65 tahun keatas. Sementara menurut parkwaycancercenter.com kanker resiko kanker prostat berdasarkan usia akan meningkat sesuai dengan pertambahan usia. Satu dari 200.000 pria berumur 40 tahun beresiko mengalami kanker prostat. Sedangkan pada usia 50 tahun, ada 12 dari 100.000 pria beresiko terkena kanker prostat. Dan setelah berusia 60 tahun resiko kanker pun meningkat jadi 12 dari 10.000 pria.

Warna kulit

Orang berkulit gelap cenderung mengalami kanker prostat dua kali lebih beresiko daripada orang-orang yang berkulit putih. Meskipun belum bisa dijelaskan kaitan antara warna kulit dengan sel kanker, namun fakta membuktikan bahwa pria berkulit hitam beresiko memiliki kanker prostat yang lebih agresif dan berkembang ke stadium akhir dengan cepat.

Keuturunan

Mengacu pada informasi dari parkwaycancercentre.com, jika dibandingkan dengan pria keuturunan Melayu dan India, pria keturunan Cina lebih beresiko mengalami kanker prostat dua kali lebih besar. Resiko kanker juga semakin besar jika salah satu keluarga (biasanya ayah) memiliki kanker prostat.

Masalah berat badan

Kegemukan atau obesitas diketahui menjadi penyebab lain kanker prostat pada pria. Selain faktor usia, berat badan juga dianggap sebagai faktor utama penyebab kanker prostat.

Bagaimana cara mencegah kanker prostat ?

Berolahraga rutin.

Olahraga membuat sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan sirkulasi darah membaik. Baiknya kekebalan tubuh dapat menjadi jalan untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, pilihlah olahraga kesukaan Anda agar tubuh tidak mudah sakit. Baik pula kalau Anda mau rutin jalan cepat. Menurut penelitian dari University of California, jalan cepat bisa mengatasi masalah kanker prostat pada pria.

Makan serat alami dan minum susu kedelai.

Kedua makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan prostat. Disarankan, serat alami yang dikonsumsi berasal dari rami.Konsentrasi seratnya cukup tinggi dan baik. Sementara itu, daripada minum susu sapi yang mungkin kaya lemak, lebih baik konsumsi susu kedelai yang juga menyehatkan.

Makan tomat.

Buah ini mengandung antioksidan lycopen. Zat tersebut punya peran penting dalam menekan kanker prostat pada pria.

Minum air putih

Tidak kekurangan air, kita harus minum 8 – 12 gelas setiap hari agar tubuh tidak kekurangan air. Air akan membantu melancarkan buang air kecil sehingga saluran kemih tetap bersih.

Berhenti merokok

Perokok juga lebih mungkin untuk memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Pasien kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.

Menjaga Berat Badan

Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur, Anda juga harus menjaga berat badan Anda agar tetap seimbang. Hindarilah makanan yang kaya akan lemak seperti daging merah. Untuk menjaga berat badan tetap semibang Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori seperti sereal.

Kanker Prostat Dan Pencegahan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*