Kanker Prostat Dan Cara Pencegahannya

Kanker Prostat Dan Cara Pencegahannya

Kanker Prostat – Penyakit Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil,disfungsi ereksi dan gejala lainnya. Pada penderita ditemukan rasio plasma vitamin B12 yang sangat rendah.

Kanker prostat berkembang secara lambat dan banyak pria yang tidak sadar telah mengidapnya sampai ketika usianya sudah di atas 50 tahun dan sel kanker telah berubah menjadi ganas. Karena itu semua laki-laki terutama yang berusia diantara 40 sampai 50 tahun harus tahu bagaimana cara mencegah kanker prostat secara alami.

Saat ini alat tes medis seperti Prostate-Specific Antigen (PSA) sudah dapat mendiagnosa kanker prostat di stadium awal. Dengan melakukan tes prostat tahunan menggunakan alat PSA, seorang pria dapat melakukan upaya pencegahan kanker prostat sejak dini.

Dari tes menggunakan alat PSA diketahui bahwa laki-laki muda pun yang masih berusia 40 tahun ke bawah sudah dapat mengidap kanker prostat. Sebab itu tanda-tanda awal kanker prostat harus dapat diketahui dengan jelas oleh setiap pria, ini karena adanya kemiripan gejala kanker prostat dengan jenis gangguan prostat yang lain.

Kanker Prostat Dan Cara Pencegahannya

Kanker Prostat Dan Cara Pencegahannya

Berikut ini 8 cara alami mencegah kanker prostat, menggunakan kebiasaan sehat sehari-hari :

  1. Cara alami mencegah kanker ini yang pertama ialah minum air putih 8 sampai 12 gelas setiap hari. Air putih membantu tubuh memperlancar pembuangan air kecil (urination) sehingga saluran kemih tetap bersih.
  1. Kedua cara alami mencegah kanker dengan minum jus delima sebagai asupan tambahan harian, Selain dapat mencegah, jus delima juga dapat menyembuhkan kanker prostat. Minum 8 jus delima setiap hari dapat menurunkan tingkat PSA pria penderita kanker prostat.
  1. Lakukan diet sehat kanker. Hindari mengkonsumsi daging merah, dari penelitian diketahui bahwa ada korelasi yang kuat antara konsumsi daging merah dengan kanker prostat. Konsumsilah makanan sereal seperti gandum, oat dan dedak untuk mempertahankan asupan protein yang berkualitas di dalam tubuh.
  1. Makan banyak sayuran  seperti brokoli, kubis brussel, kol, dan kembang kol. Jenis buah-buahan tertentu dapat menurunkan resiko kanker prostat seperti apel, buah beri, melon dan semangka yang mengandung banyak fruktosa yang merupakan makanan pencegah kanker prostat. Tomat juga terbukti dapat menyembuhkan gangguan-gangguan pada prostat karena mengandung zat lycopene yang dapat mencegah kanker prostat dan mengecilkan ukuran tumor prostat.
  1. Tingkatkan asupan zinc Anda. Kelenjar prostat menggunakan seng lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Seng mengubah metabolisme hormon steroid, sehingga mengurangi pembesaran prostat. Konsumsilah minyak gandum dan biji labu kaya yang kaya mineral seng.
  1. Perbanyak konsumsi vitamin yang dapat menyehatkan prostat seperti vitamin D dan vitamin E yang merupakan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.
  1. Konsumsilah makanan pelindung prostat dalam diet anda seperti kedelai dan bawang putih. Kedelai mengandung genisten yang diyakini dapat menghambat pertumbuhan kanker. Bawang putih memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang membantu melawan kanker.
  1. Cari tahu apakah ada dokter atau praktisi terapi alternatif di daerah Anda yang menggunakan terapi medan magnet. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa duduk di medan magnet beberapa jam sehari dapat menghambat pertumbuhan tumor. Jika Anda sudah mengidap kanker prostat maka pengobatan ini bisa anda coba sebab tidak berbahaya bagi tubuh.

Kanker Prostat Dan Cara Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*