Kanker Prostat Dan Cara Pencegahan

Kanker Prostat Dan Cara Pencegahan

 

Kanker prostat adalah penyakit berbahaya yang paling umum pada pria-pria Amerika dan penyebab pemimpin kedua kematian dari kanker, setelah kanker paru-paru. Kebanyakan dari ahli-ahli dilapangan ini, oleh karenanya, merekomendasikan bahwa mulai dari umur 40 tahun, seluruh pria-pria harus menjalankan screening kanker prostat setiap tahunnya.

Kanker prostat adalah salah satu dari 10 penyakit tersering yang menimpa pria. Sayang, para pria kerap tidak sadar dengan gejalanya, sampai penyakit ini menyebar dan makin sulit diterapi. Ada kanker prostat yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Tapi pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar. Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012.

Kanker Prostat Dan Cara PencegahanApa Saja Gejala Kanker Prostat ?

Untuk memastikan apakah hanya terjadi pembesaran kelenjar prostat atau gejala penyakit kanker prostat, Gejala yang ditimbulkan oleh pembengkakan kelenjar prostat hampir mirip dengan gejala penyakit kanker prostat. seorang pria dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan bila mengalami gejala berikut:

Sulit berkemih

Bisa berupa perasaan ingin berkemih tapi tidak ada yang keluar, berhenti saat sedang berkemih, ada perasaan masih ingin berkemih atau harus sering ke toilet untuk berkemih karena keluarnya sedikit-sedikit. Gejala ini muncul sebagai akibat membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena ada tumor di dalamnya sehingga mengganggu proses berkemih.

Nyeri saat berkemih

Nyeri ini juga bisa merupakan gejala infeksi prostat yang disebut prostatitis. Bisa juga tanda hiperplasia prostat yang bukan merupakan kanker.

Keluar darah saat berkemih

Segeralah periksa ke dokter meski darah yang dikeluarkan hanya sedikit, samar-samar atau hanya berwarna merah muda. Kadangkala infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan gejala ini.

Sulit ereksi atau menahan ereksi

Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi..

Sulit buang air besar (BAB) dan masalah saluran pencernaan lainnya

Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Akibatnya, bila ada tumor, pencernaan akan terganggu. Namun perlu diingat, sulit BAB yang terus menerus terjadi juga bisa menyebabkan pembesaran prostat.

Nyeri terus-menerus di punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas

Sering kali, kanker prostat menyebar di wilayah-wilayah ini, yaitu pada punggung bawah, panggul dan pinggul.

Bagaimana cara mencegah kanker prostat ?

Berolahraga rutin.

Olahraga membuat sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan sirkulasi darah membaik. Baiknya kekebalan tubuh dapat menjadi jalan untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, pilihlah olahraga kesukaan Anda agar tubuh tidak mudah sakit. Baik pula kalau Anda mau rutin jalan cepat. Menurut penelitian dari University of California, jalan cepat bisa mengatasi masalah kanker prostat pada pria.

Makan serat alami dan minum susu kedelai.

Kedua makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan prostat. Disarankan, serat alami yang dikonsumsi berasal dari rami.Konsentrasi seratnya cukup tinggi dan baik. Sementara itu, daripada minum susu sapi yang mungkin kaya lemak, lebih baik konsumsi susu kedelai yang juga menyehatkan.

Makan tomat.

Buah ini mengandung antioksidan lycopen. Zat tersebut punya peran penting dalam menekan kanker prostat pada pria.

Minum air putih

Tidak kekurangan air, kita harus minum 8 – 12 gelas setiap hari agar tubuh tidak kekurangan air. Air akan membantu melancarkan buang air kecil sehingga saluran kemih tetap bersih.

Berhenti merokok

Perokok juga lebih mungkin untuk memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Pasien kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.

Menjaga Berat Badan

Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur, Anda juga harus menjaga berat badan Anda agar tetap seimbang. Hindarilah makanan yang kaya akan lemak seperti daging merah. Untuk menjaga berat badan tetap semibang Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori seperti sereal.

Kanker Prostat Dan Cara Pencegahan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*