Kanker Prostat Cegah Dengan Tomat Dan Wortel

Kanker Prostat Cegah Dengan Tomat Dan Wortel

Kanker Prostat Cegah Dengan Tomat Dan Wortel

Kanker Prostat Cegah Dengan Tomat Dan Wortel

Kanker Prostat -Tomat dan makanan yang terbuat dari kedelai diketahui dapat mencegah kanker prostat secara efektif jika dimakan bersamaan, sebuah studi menunjukkan. Hasilnya akan berbeda jika kedua makanan tersebut dimakan secara terpisah atau sendiri-sendiri. John Erdman dari University of Illinois, seorang profesor ilmu pangan dan gizi, mengatakan bahwa penelitian tersebut menggunakan tikus yang gen-nya telah direkayasa untuk mengembangkan bentuk agresif dari kanker prostat. Walaupun demikian, setengah dari tikus yang mengkonsumsi tomat dan kedelai tidak mempunyai lesi kanker dari prostat di akhir studi. Sedangkan tikus percobaan yang tidak mengkonsumsi keduanya diketahui telah mengembangkan penyakit kanker tersebut.

Erdman mengatakan bahwa makan tomat, kedelai, dan kombinasi keduanya secara signifikan dapat mengurangi terjadinya kanker prostat. Namun kombinasi antara tomat dan kedelai yang dimakan secara bersamaan memberikan hasil yang terbaik. Erdman menegaskan bahwa tikus yang makan tomat dan kedelai secara bersamaan, diketahui hanya 45 persennya saja yang mengembangkan kanker prostat, dibandingkan dengan tikus yang makan tomat saja (61 persen), dan yang makan kedelai saja (66 persen).

Erdman mencatat bahwa serum isoflavon kedelai dan kadar prostat pada tikus mirip dengan yang ditemukan pada pria Asia yang rata-rata mengkonsumsi 1-2 porsi kedelai setiap hari. Di negara-negara di mana kedelai dimakan secara teratur, kanker prostat terjadi pada level yang lebih rendah. Krystle Zuniga, asisten penulis penelitian ini, mengatakan hasil penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengkonsumsi 3-4 porsi produk tomat per minggu dan 1-2 porsi produk kedelai setiap hari dapat melindungi tubuh dari kanker prostat.

Erdman mengatakan bahwa lebih baik makan buah tomat utuh daripada mengkonsumsi suplemen likopen dan lebih baik minum susu kedelai daripada mengkonsumsi suplemen isoflavon. Hal ini dikarenakan kandungan keduanya dapat berperan dalam memerangi sel kanker.

MANFAAT WORTEL UNTUK KANKER PROSTAT

Wortel merupakan sayuran yang mudah dilibatkan dalam berbagai masakan. Walaupun harganya terjangkau, namun wortel memberikan manfaat kesehatan yang besar, salah satu yang populer adalah untuk kesehatan mata. Manfaat wortel tampaknya akan bertambah lagi karena sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa wortel berpotensi dalam mencegah kanker prostat.

Menurut Daily Mail, para peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi wortel secara rutin dapat mengurangi risiko kanker prostat hingga 20 %. Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker peringkat atas yang banyak terjadi pada pria Amerika, kedua setelah kanker kulit. Pada tahun 2014, American Cancer Society memperkirakan sekitar 233.000 kasus baru kanker prostat yang telah didiagnosis, dan sekitar 29.480 diantaranya diketahui telah meninggal akibat kanker tersebut.Mengingat tingginya angka kematian yang diakibatkan kanker prostat, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui tindakan pencegahannya.

Penelitian terbaru ini berasal dari Negeri Tiongkok, di mana para peneliti bersama pihak Universitas Zhejiang melihat 10 penelitian yang berbeda yang menjelaskan manfaat anti-kanker dari wortel. Beberapa dari penelitian tersebut menunjukkan adanya manfaat anti kanker prostat yang signifikan, sementara yang lain tidak menemukan. Setelah mengumpulkan berbagai data, para ilmuwan menemukan bahwa manfaat wortel terhadap pencegahan kanker prostat tergantung dari seberapa sering seseorang mengonsumsi wortel. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan wortel setidaknya tiga kali seminggu adalah 18 persen lebih rendah untuk menderita kanker prostat.

Banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan wortel berkat kandungan karotenoid di dalamnya. Beta-karoten dan likopen, adalah senyawa hebat dalam wortel yang telah lama dianggap memiliki sifat anti-kanker.

Mengkritisi temuan ini, Dr. Lain Frame dari Prostate Cancer UK mengatakan bahwa penelitian ini tidak selalu membuktikan sebab-akibat, bahwa orang-orang yang ingin mengurangi risiko terjadinya kanker bisa mengonsumsi makanan-makanan sehat yang lain, termasuk sayuran lainnya di mana juga dapat memberikan manfaat yang sama.

“Walaupun ada manfaat kesehatan umum yang terkait dengan pola makan seimbang yang kaya sayuran, tidak ada yang menunjukkan bahwa salah satu sayuran tertentu lebih baik dari yang lain,” kata Dr. Frame.

Dr. Frame tampaknya mengecilkan peran makanan dalam mencegah kanker. Namun demikian, orang-orang yang berada dalam risiko kanker terutama kanker prostat harus menyadari adanya manfaat kesehatan yang ditawarkan sayuran, termasuk wortel dan tomat.

Kanker Prostat Cegah Dengan Tomat Dan Wortel

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*