Jenis Infeksi Prostat

Jenis Infeksi Prostat

Jenis Infeksi– Kelenjar prostat terletak tepat di bawah kandung kemih pada pria. Penyakit prostat sering disebut prostatitis. Salah satu gejala umum penyakit prostat adalah kesulitan buang air kecil. Pada saat yang sama, juga bisa menjadi gejala kanker prostat. Gejala penyakit prostat biasanya ditemukan pada pria di atas usia lima puluh. Ini tidak berarti bahwa laki-laki yang lebih muda tidak terpengaruh oleh kondisi ini. Infeksi ini dapat ditemukan oleh dirinya sendiri dan dapat didiagnosis oleh dokter selama pemeriksaan rutin.

Klasifikasi Gejala Penyakit Prostat

Jenis Infeksi Prostat

Jenis Infeksi Prostat

Infeksi prostat menyebar dari saluran kemih. Dalam kasus ini, bakteri membuat perjalanan dari uretra sampai ke kelenjar prostat dan menyebabkan infeksi. Prostatitis diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu:

1.   Acute bacterial prostatitis

Jenis Infeksi ini adalah yang paling mudah untuk mendiagnosis. Hal ini biasanya diamati bahwa saluran kemih memiliki infeksi. Urine diperiksa untuk kemunculan bakteri dan sel darah putih di dalamnya. Dalam prostatitis bakteri akut canggih, kesulitan dalam buang air adalah gejala utama. Jenis Infeksi Acute bacterial prostatitis umumnya diobati dengan antibiotik. Gejala yang umum pada infeksi prostat ini adalah:

  • Demam
  • Nyeri pada alat kelamin
  • Nyeri punggung bawah
  • Sering buang air kecil
  • Buang air kecil yang menyakitkan
  • Urin yang berbau busuk
  • Kesulitan buang air besar

Perawatan Jenis Infeksi Acute bacterial prostatitis

Perawatan untuk jenis infeksi acute bacterial prostatitis adalah peresepan antibiotik-antibiotik oral, biasanya ciprofloxacin (Cipro) atau tetracycline (Achromycin). Perawatan rumah termasuk minum cairan-cairan yang banyak, obat-obat pengontrol nyeri, dan istirahat.

Jika pasiennya sakit secara akut atau mempunyai sistim imun yang dikonmpromiskan (contoh, sedang mengambil kemoterapi atau obat-obat penekan imun atau mempunyai HIV/AIDS), perawatan di rumah sakit untuk antibiotik-antibiotik intravena dan perawatan mungkin diperlukan.

2.  Prostatitis bakteri kronis

Jenis Infeksi bacterial prostatitis kronis jarang terjadi. Tipe ini memiliki infeksi berulang atau peradangan. Infeksi berulang merupakan indikator dari beberapa cacat dalam fungsi prostat. Infeksi bakteri kronis prostatitis dapat menyebar ke kandung kemih juga. Penting juga bahwa kondisi ini didiagnosis dengan benar sebelum pengobatan diberikan. Pemakaian antibiotik adalah pengobatan pilihan untuk kondisi ini juga. Banyak kali non-steroid anti-inflamasi diberikan untuk melengkapi antibiotik. Gejala-gejala jenis infeksi prostatitis bakteri kronis adalah:

  • Nyeri selama atau setelah buang air kecil
  • Sakit di punggung bawah
  • Nyeri testis
  • Nyeri otot dan sendi

Perawatan Jenis Infeksi Prostatitis bakteri kronis
Perawatan Jenis Infeksi Prostatitis bakteri kronis adalah dengan antibiotik-antibiotik jangka panjang, sampai delapan minggu, dengan ciprofloxacin (Cipro, Cipro XR), obat-obat sulfa [contoh, sulfamethoxazole dan trimethoprim,(Bactrim)], atau erythromycin. Bahkan dengan terapi yang tepat, tipe prostatitis ini dapat kambuh. Adalah tidak menentu kenapa, namun ia mungkin disebabkan pengosongan kantong kemih yang buruk. Sejumlah kecil dari urin yang mandek mengizinkan potensi terjadinya kekambuhan infeksi. Situasi ini dapat disebabkan oleh benign prostatic hypertrophy (BPH), batu-batu kantong kemih, ata batu-batu prostate.

3.  Prostatitis kronis nonbacterial

Jenis infeksi Ini adalah bentuk paling umum dari prostatitis. Dalam jenis penyakit prostat, tes memberikan hasil negatif. Infeksi prostat nonbacterial kronis ditemukan pada pria dari semua usia. Jenis infeksi prostat biasanya terdeteksi dalam kasus infertilitas..

Gejalanya adalah:

  •     Terasa sakit selama dan setelah buang air kecil
  • Nyeri di daerah genital
  • Susah buang air besar
  • Nyeri saat ejakulasi

4.  Prostatodynia

Jenis Infeksi Prostatodynia juga disebut sindrom nyeri panggul kronis. Tidak ada infeksi bakteri terlihat di prostat atau saluran kemih. Gejala ini  biasanya diobati dengan antibiotik. Tapi antibiotik tidak dapat benar-benar bisa menghilangkan akar penyebab masalah ini.

Gejala-gejalanya adalah:

  • Nyeri di daerah panggul
  • Ada darah dalam urin dan / atau air mani
  • Nyeri saat ejakulasi
  • Merasa terdesak untuk buang air kecil
  • Demam
  • Nyeri punggung bawah

Mengobati Gejala Penyakit Prostat

Makanan yang kaya vitamin E sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Ini adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.
Minuman beralkohol dan kafein termasuk bir, harus dihindari.
Konsumsi produk dari kedelai harus ditingkatkan. Kedelai mengandung isoflavon, yang mencegah pembesaran prostat dan kanker prostat.
Makanan yang mengandung zinc harus dikonsumsi. Zinc dikatakan untuk mengurangi peradangan dan gejala lain dari infeksi prostat.
Minyak biji rami mencegah peradangan dan pembengkakan.
Beberapa pasien disarankan untuk berolahraga sepeda untuk mengurangi gejala prostat.
Mandi dengan air hangat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan membantu dalam relaksasi otot perut bagian bawah.

Dalam kasus gejala penyakit prostat yang disebutkan di atas, disarankan untuk segera kedokter untuk mendapatkan pengobatan yang baik.

 

 

Jenis Infeksi Prostat

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*