Gejala Sakit Prostat

Gejala Sakit Prostat

 

Gejala Sakit Prostat – Kelenjar prostat terletak tepat di bawah kandung kemih pada pria. Penyakit prostat sering disebut prostatitis. Salah satu gejala umum penyakit prostat adalah kesulitan buang air kecil. Pada saat yang sama, juga bisa menjadi gejala kanker prostat. Gejala penyakit prostat biasanya ditemukan pada pria di atas usia lima puluh. Ini tidak berarti bahwa laki-laki yang lebih muda tidak terpengaruh oleh kondisi ini. Infeksi ini dapat ditemukan oleh dirinya sendiri dan dapat didiagnosis oleh dokter selama pemeriksaan rutin.

Gejala Sakit Prostat

Gejala Sakit Prostat

Penyebab Penyakit Prostat

  1. Berusia lanjut menjadi faktor penyebab penyakit prostat, penyakit prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  2. Faktor keturunan. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami penyakit prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  3. Obesitas penyebab penyakit prostat, laki-laki yang memiliki penyakit prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.
  4. Perubahan abnormalitas patologis prostat penyebab penyakit prostat, pria yang menderita Intraphitelial neoplasia prostat, kemungkinan terkena kanker prostatnya meningkat secara jelas.
  5. Pola makan, pria yang sering makan makanan tinggi lemak hewani adalah golongan pria yang gampang terkena penyakit prostat.
  6. Hormon jantan, hormon jantan dalam badan dapat memperlancar tumbuhnnya penyakit prostat, merupakan salah satu penyebab penyakit prostat.

Bagaimana Gejala Sakit Prostat ?

Kenali gejala sakit prostat sedini mungkin agar mendapatkan penanganan yang tepat. Adapun gejala sakit prostat adalah :

Sulit buang air kecil gejala sakit prostat

Prostaititis merupakan salah satu gejala sakit prostat. Pada awalnya anda akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Hal ini disebabkan tabung yang dinamakan uretra mengalami gangguan ketika membawa urin dari kandung kemih. Bila anda sulit buang air kecil, sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter karena kemungkinan ini adalah gejala gangguan prostat atau kanker prostat.

Pendarahan

Gejala sakit prostat yaitu terjadi pendarahan. Pria yang mengalami benign prostatic hyperplasia dan kanker prostat kemungkinan bisa melihat darah pada urinnya. Kondisi ini disebut hematuria. Selain pada urin, darah juga bisa terlihat pada air mani pria yang mengalami kanker prostat.

Nyeri gejala sakit prostat

Munculnya rasa nyeri pada area tertentu dari tubuh bisa menandakan gejala sakit prostat. Disuria, atau rasa terbakar/rasa sakit saat buang air kecil mungkin terjadi dengan prostaitis. Kondisi ini bisa membuat timbulnya rasa sakit saat ejakulasi, ketidaknyamanan, dan nyeri pada organ vital pria. Prostaitis bisa menyebabkan nyeri di punggung bawah, perut, dan selangkangan. Gangguan prostat atau kanker prostat bisa menyebabkan rasa sakit pada daerah pinggul dan tulang pria. Rasa sakit ini terjadi sebagai gejala pembesaran prostat.

Sering buang air kecil

Berlawanan dari poin sebelumnya, seringnya buang air kecil juga merupakan salah satu gejala sakit prostat. Ada kalanya seorang pria mengalami kondisi benign prostatic hyperlasia yang dapat menyebabkan meningkatnya jumlah air seni pria, sehingga frekuensi buang airnya cukup sering. Kondisi ini sering terjadi pada malam hari, dan dikenal sebagai nokturia.

Sering berkemih di malam hari

Gejala sakit prostat yaitu sering berkemih. Jika Anda sering terbangun di malam hari lebih dari sekali hanya untuk berkemih, periksalah segera ke dokter.

Meskipun perbesaran prostat wajar terjadi pada pria, namun anda bisa mencegah agar Gangguan Prostat Pria tersebut tidak datang terlalu dini. Yaitu dengan mengubah gaya hidup agar bisa menurunkan risiko perbesaran prostat. Lakukan olah raga secar aktif untuk mengurangi lemak di perut. Makanlah, makanan rendah lemak dan banyak konsumsi sayur, buah dan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol yang berlebihan. Lemak di perut, selain meningkatkan Gangguan Prostas, juga akan meningkatkan Gejala Penyakit Jantung.

Beragam Sayuran yang dapat mencegah Gangguan Prostat adalah; Sayuran banyak mengandung vitamin C (paprika, brokoli, kembang kol dan tomat). Zinc yang didapatkan dari tiram, kepiting, bebek, dan daging sapi tanpa lemak, juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan prostat pria.

Gejala Sakit Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*