Gejala Kanker Testis

Gejala Kanker Testis

Gejala Kanker Testis– Kanker testis adalah kanker ganas yang menyerang pria, terutama pria yang sedang dalam masa reproduksi yang subur, sangat mempengaruhi kesehatan pria, perlu diperhatikan. para pria perlu meningkatkan kewaspadaan, juga memperkuat kesadaran dalam mencegah kanker, jika terjadi gejala yang khusus seperti di bawah ini, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Gejala Kanker Testis

Gejala Kanker Testis

Apa saja gejala kanker testis?

  1. Pembengkakan pada testis

Gejala Kanker Testis– Pembesaran pada testis adalah akibat dari sejumlah sel-sel tumor yang berkembang biak tanpa henti. Secara klinis, kurang lebih 80% penderita mengalami gejala awal pembengkakan pada testis. Besar pembengkakan tidak sama, kadang akan sangat tidak teratur, sisi panjang pembesaran tumor testis akan terlihat sangat jelas. Ahli tumor dan kanker Modern Cancer Hospital Guangzhou mengingatkan: pada pria yang mengalami pembengkakan pada testis, dapat melakukan pemeriksaan USG skrotum B untuk membantu mendiagnosa isi di dalam benjolan pada testis anda.

  1. Pengerasan pada daerah testis

Gejala Kanker Testis- Jika diraba dengan tangan testis akan terasa seperti batu, bertekstur sangat keras, keadaan ini berbeda dengan gejala radang biasa yang terjadi pada testis dimana pembengkakan timbul dengan ukuran yang teratur, dan teksturnya lembut. Walaupun testis sangat keras, tapi jika ditekan tidak terasa sakit, ini sangat berbeda dengan radang testis.

2.  Testis terasa sangat berat

Gejala Kanker Testis– Testis terasa berat adalah salah satu gejala yang terlihat pada kanker testis stadium awal. Karena tumor testis terbentuk dari sejumlah besar sel tumor yang bertumbuh, sehingga pada saat benjolan bertumbuh sampai batas tertentu, berat pada testis akan bertambah yang akhirnya mengakibatkan penderita merasakan berat pada testis, bahkan sampai mempengaruhi pasien saat berjalan. Jika dipegang dengan tangan akan terasa seperti memegang batu, terasa berat.

3.  Skrotum dan sakit perut

Gejala Kanker Testis- Pada kanker testis stadium awal, terkadang akan timbul gejala pendarahan di dalam testis, kebekuan, atau pecah akibat luka luar, atau tumor merambat sampai ke bagian luar testis, lalu akan berakibat skrotum yang terasa sangat sakit

4.  Uji cahaya yang negative

Gejala Kanker Testis- Pada hidrokel umum, skrotum dan daya tranparansi testis meningkat, tes cahaya positif. Sedangkan tumor testis tumbuh padat padat, tidak cair di dalam, mengakibatkan sangat melemahnya tranparansi testis.

Gejala kanker testis lainnya

Mayo Clinic menjelaskan bahwa adanya perubahan tiba-tiba pada cairan di testis bisa menjadi gejala dari kanker testis. Pembesaran payudara atau nyeri juga menjadi gejala yang harus diwaspadai. Hal ini terjadi ketika tumor mempengaruhi produksi hormon. Pria juga mungkin memiliki masalah infertilitas sebagai akibatnya.

Gejala Kanker Testis- Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, segera periksakan ke spesialis kulit dan kelamin agar bisa diketahui penyebabnya. Deteksi kanker lebih dini akan dapat menyelamatkan nyawa Anda.

Diagnosis Kanker Testis

Gejala Kanker Testis– Biasanya, diagnosis kanker testis dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan adalah :

  • USG skrotum.
  • Pemeriksaan darah untuk petanda tumor AFP (alfa fetoprotein), HCG (human chorionic gonadotrophin) dan LDH (lactic dehydrogenasi). Hampir 85% kanker non-seminoma menunjukkan peningkatan kadar AFP atau beta HCG.
  • Rontgen dada (untuk mengetahui penyebaran kanker ke paru-paru).
  • CT scan perut (untuk mengetahui penyebaran kanker ke organ perut).
  • Biopsi jaringan.

 

Gejala Kanker Testis- Setelah Anda melakukan pemeriksaan secara fisik maupun dengan melakukan rontgen, dan Anda sudah benar-benar diketahui mengidap kanker testis, yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis dari sel kankernya dan stadium dari kanker yang telah Anda alami.

Gejala Kanker Testis- Stadium dari kanker testis tersebut adalah :

  • Stadium I : kanker belum menyebar ke luar testis
  • Stadium II : kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di perut.
  • Stadium III : kanker telah menyebar ke luar kelenjar getah bening, bisa sampai ke hati atau paru-paru.

Gejala Kanker Testis- Walaupun jarang ditemukan, kanker testis dapat disembuhkan. Aru mengatakan, kesempatan sembuh bagi penderita kanker testis adalah 90-100 persen, walau kanker sudah menyebar. Hal ini dikarenakan respons sel kanker yang sangat baik pada pengobatan kemoterapi.

 

Gejala Kanker Testis

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*