Gejala Kanker Prostat

Gejala Kanker Prostat

Gejala Kanker Prostat -Gejala biasanya muncul ketika tumor penyebabkan obstruksi (penyumbatan) kemih di leher kandung kemih atau uretra. Tanda dan gejala kanker prostat adalah :

  1. Sering BAK terutama pada malam hari gejala kanker prostat
  2. Kesulitan dalam memulai dan menghentikan aliran kemih
  3. Nyeri buang air kecil gejala kanker prostat
  4. Lemah atau terganggu aliran urin (retensi urin)
  5. Perasaan tidak lampias ketika berkemih gejala kanker prostat. Biasanya keluhan ini juga ditemui pada pembesaran prostat jinak atau infeksi prostat.

Tanda dan gejala kanker prostat saat mencapai stadium lanjut yaitu :

  1. Adanya darah dalam urinegejala kanker prostat
  2. Sakit saat ejakulasi gejala kanker prostat
  3. Rasa terbakar atau nyeri buang air kecil
  4. Disfungsi ereksi gejala kanker prostat
  5. Jika kanker prostat telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di panggul, dapat menyebabkan rasa sakit atau kekakuan pada punggung bawah, pinggul atau paha atas dan tidak nyaman di daerah panggul.
  6. Fungsi kandung kemih atas akan rusak.
  7. Sering mengalami infeksi kemih berulang gejala kanker prostat.
  8. Kanker prostat lanjut yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, terutama di pinggul dan tulang belakang, patah tulang, melemahnya tulang dan kompresi tulang belakang.
Gejala Kanker Prostat

Gejala Kanker Prostat

Penanganan dan Pengobatan Kanker Prostat

Pilihan perawatan medis untuk mengobati kanker prostat tidak “satu ukuran cocok untuk semua” untuk kanker prostat. Pemilihan pengobatan tergantung pada usia, kondisi medis umum, harapan hidup, seberapa cepat tumbuh dan berapa banyak kanker telah menyebar, dan manfaat dan kemungkinan efek samping pengobatan. Sebuah rencana perawatan harus individual untuk setiap pasien tergantung pada dokter untuk menentukan terapi dan kemungkinan efek samping terapi. Pilihan Medis untuk mengobati kanker prostat adalah

  1. Radiasi
  2. Terapi hormon
  3. Operasi
  4. Transurethral resection of the prostate (TURP)  digunakan pada penyakit tahap awal untuk membuang jaringan yang memblokir buang air kecil.
  5. Kemoterapi

Komplikasi

Komplikasi dari kanker prostat dapat terjadi dan biasanya disebabkan oleh kanker itu sendiri atau karena pengobatan. Inkontinensia urin dan disfungsi ereksi adalah yang paling ditakuti orang yang memiliki kanker prostat. Namun ada terapi untuk membantu meringankan atau mengobati kondisi ini. Komplikasi dari kanker prostat:

  1. Kanker menyebar (metastasis), kanker prostat dapat bermetastasis ke organ di dekatnya, tulang, paru-paru atau kelenjar getah bening. Pengobatan untuk kanker prostat yang telah menyebar dapat dilakukan dengan terapi hormon, terapi radiasi dan kemoterapi.
  2. Nyeri sekali. kanker telah mencapai tulang, Pengobatan ditujukan untuk terapikanker sering dapat menghilangkan rasa nyeri yang signifikan.
  3. Kencing ngompol (inkontinensia), baik kanker prostat dan perawatannya dapat menyebabkan inkontinensia. Pengobatan tergantung pada jenis inkontinensia, Perawatan termasuk modifikasi perilaku, latihan untuk memperkuat otot panggul, obat-obatan dan kateter.
  4. Disfungsi ereksi atau impotensi, disfungsi ereksi dapat diakibatkan kanker prostat atau terapinya , termasuk perawatan bedah, radiasi atau hormon. Beberapa obat dengan alat vakum yang akan membantu mengatasi disfungsi ereksi ini.
  5. Depresi,banyak orang mungkin merasa tertekan setelah didiagnosa menderita kanker prostat atau setelah mencoba untuk mengatasi efek samping pengobatan. Perawatan seperti konseling atau antidepresan dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Apakah kanker prostat dapat dicegah?

Tentu saja tidak, tetapi beberapa langkah dapat diambil untuk mengurangi risiko atau menghambat perkembangan penyakit ini.

  1. Gizi yang baik, mengurangi konsumsi makanan berlemak dan meningkatkan jumlah buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Bawang putih, arugula, bok choy, brokoli, kubis Brussel, kol dan kembang kol juga dapat membantu melawan kanker .Diet makanan yang mengandung zat yang disebut antioksidan (vitamin C dan E dan beta karoten) mungkin protektif (tomat, jeruk, semangka). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan vitamin E atau antioksidan dapat mengurangi resiko kanker prostat juga tumor organ padat lainnya.
  2. Olahraga dapat mengurangi resiko kanker prostat dengan meningkatkan sistem kekebalan, meningkatkan sirkulasi dan mempercepat proses pencernaan – yang mungkin memainkan peran dalam pencegahan kanker. Olahraga teratur juga memainkan peran penting dalam mencegah pembesaran prostat jinak.

Nah,jika anda menemukan gejala- gejala kanker prostat seperti yang dijelaskan diatas ,segeralah cek ke dokter.

Gejala Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*