Gejala Kanker Prostat Dan Pengobatannya

Gejala Kanker Prostat Dan Pengobatannya

Gejala Kanker Prostat – Kanker prostat merupakan momok yang menakutkan bagi kaum pria karena kanker jenis ini, menyerang kelenjar prostat yang merupakan bagian penting dari organ reproduksi pria. Gejala biasanya muncul ketika tumor penyebabkan obstruksi (penyumbatan) kemih di leher kandung kemih atau uretra.

Gejala Kanker Prostat Dan Pengobatannya

Gejala Kanker Prostat Dan Pengobatannya

Tanda dan gejala kanker prostat adalah :

  • Sering BAK terutama pada malam hari gejala kanker prostat
  • Kesulitan dalam memulai dan menghentikan aliran kemih
  • Nyeri buang air kecil gejala kanker prostat
  • Lemah atau terganggu aliran urin (retensi urin)
  • Perasaan tidak lampias ketika berkemih gejala kanker prostat. Biasanya keluhan ini juga ditemui pada pembesaran prostat jinak atau infeksi prostat.

Tanda dan gejala kanker prostat saat mencapai stadium lanjut yaitu :

  • Adanya darah dalam urinegejala kanker prostat
  • Sakit saat ejakulasi gejala kanker prostat
  • Rasa terbakar atau nyeri buang air kecil
  • Disfungsi ereksi gejala kanker prostat
  • Jika kanker prostat telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di panggul, dapat menyebabkan rasa sakit atau kekakuan pada punggung bawah, pinggul atau paha atas dan tidak nyaman di daerah panggul.
  • Fungsi kandung kemih atas akan rusak.
  • Sering mengalami infeksi kemih berulang gejala kanker prostat.
  • Kanker prostat lanjut yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, terutama di pinggul dan tulang belakang, patah tulang, melemahnya tulang dan kompresi tulang belakang.

PENGOBATAN KANKER PROSTAT

Bila Anda divonis terkena kanker prostat, jangan takut, berikut beberapa pilihan terbaik pengobatan kanker prostat yang tersedia saat ini, secara medis maupun alternatif. Faktanya, kanker prostat bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang benar.

Pilihan pengobatan yang direkomendasikan dokter Anda, seringkali didasarkan pada seberapa luas perkembangan sel kanker. Pada kanker prostat stadium dini, dimana sel kanker masih bersifat lokal (tidak ada penyebaran), bisa jadi dilakukan tindakan pembedahan atau radiasi.

Sedangkan, pada stadium lanjut, pilihan yang biasanya diberikan pada penderita kanker bisa berupa terapi hormon atau kemoterapi. Berdiskusilah dengan dokter Anda mengenai efek samping apa saja yang bisa jadi timbul setelah pengobatan dilakukan.

Pengetahuan akan hal tersebut setidaknya dapat membantu Anda membuat pertimbangan mengenai metode pengobatan kanker prostat yang akan Anda jalani, dengan efek samping yang masih berterima bagi tubuh Anda.

RADIOTERAPI UNTUK KANKER PROSTAT

Apabila risiko pembedahan terlalu tinggi, biasanya dilakukan radioterapi. Jenis radioterapi yang biasa dilakukan dapat berupa.

Radioterapi eksternal, merupakan radioterapi yang dilakukan di rumah sakit secara rawat jalan. Biasanya dilakukan sebanyak lima kali seminggu selama 6—8 minggu.

Pencangkokan butiran yodium, emas, atau iridium radioaktif secara langsung pada jaringan prostat. Keuntungan terapi ini adalah efek radiasi terhadap kerusakan jaringan di sekitar jaringan prostat menjadi minimal.

PENCEGAHAN KANKER PROSTAT

Gizi yang baik, mengurangi konsumsi makanan berlemak dan meningkatkan jumlah buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Bawang putih, arugula, bok choy, brokoli, kubis Brussel, kol dan kembang kol juga dapat membantu melawan kanker .Diet makanan yang mengandung zat yang disebut antioksidan (vitamin C dan E dan beta karoten) mungkin protektif (tomat, jeruk, semangka). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan vitamin E atau antioksidan dapat mengurangi resiko kanker prostat juga tumor organ padat lainnya.

Olahraga dapat mengurangi resiko kanker prostat dengan meningkatkan sistem kekebalan, meningkatkan sirkulasi dan mempercepat proses pencernaan – yang mungkin memainkan peran dalam pencegahan kanker. Olahraga teratur juga memainkan peran penting dalam mencegah pembesaran prostat jinak.

Nah,jika anda menemukan gejala kanker prostat seperti yang dijelaskan diatas ,segeralah cek ke dokter. Semoga artikel gejala kanker prostat diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Gejala Kanker Prostat Dan Pengobatannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*