Gejala Kanker Prostat dan Pencegahannya

Gejala Kanker Prostat dan Pencegahannya

Gejala kanker prostat – Kanker prostat merupakan momok yang menakutkan bagi kaum pria karena kanker jenis ini, menyerang kelenjar prostat yang merupakan bagian penting dari organ reproduksi pria.

Gejala Kanker Prostat- Kelenjar prostat menghasilkan sitrat dan glukosa yang penting bagi kehidupan sperma. Selain itu, kelenjar prostat juga menghasilkan cairan yang keluar bersama sperma ketika terjadi ejakulasi.

Gejala Kanker Prostat- Sebenarnya, seiring bertambahnya usia, seorang pria akan mengalami pembesaran kelenjar prostat. Tetapi, tidak selalu pembesaran kelenjar prostat mengakibatkan pembengkakan.

Karena letaknya yang mengelilingi pangkal saluran kemih (uretra) yang terletak di bawah kandung kemih, maka jika kelenjar prostat membengkak, kelenjar prostat dapat menekan saluran kemih sehingga air kencing menjadi tidak lancar atau bahkan tersumbat. Uraian berikut akan membantu Anda untuk lebih mengenali gejala-gejala kanker prostat dan cara menghindarinya.

gejala kanker prostat dan pencegahannya

gejala kanker prostat dan pencegahannya

Gejala kanker prostat biasanya muncul ketika tumor penyebabkan  obstruksi (penyumbatan) kemih di leher kandung kemih atau uretra. Tanda dan gejalanya adalah :

Gejala kanker prostatpenyumbatan : adanya kesulitan membuang air kecil, retensi urin, sakit buang air kecil
, kencing darah atau kehilangan pengontrolan urin, Sering BAK terutama pada malam hari  dll.

Gejala kanker prostat– invasive lokal : rongga antara kandung kemih dan rectum adalah bagian yang paling duluan terkena, rongga antara kandung kemih dan rectum termasuk prostat, testis, vas deferens, saluran kencing dan organ lainnya, misalnya tumor menginvasi dan menggencet vas deferens dapat memicu sakit pinggang dan sakit sebelah testis.

Gejala kanker prostat- penyebaran lainnya : kanker prostat gampang menyebar ke tulang, awalnya bisa saja tidak menunjukkan gejala, ada juga karena penyebaran tulang mengakibatkan penekanan pada saraf atau patah tulang patologis ketika periksa baru ditemukan kanker prostat. Perasaan tidak lampias ketika berkemih. Biasanya keluhan ini juga ditemui pada pembesaran prostat jinak atau infeksi prostat.

Tanda dan gejala kanker prostat saat mencapai stadium lanjut yaitu :
1.    Adanya darah dalam urine
2.    Sakit saat ejakulasi
3.    Rasa terbakar atau nyeri buang air kecil
4.    Disfungsi ereksi.
5.    Jika kanker prostat telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di panggul, dapat menyebabkan rasa sakit atau kekakuan pada punggung bawah, pinggul atau paha atas dan tidak nyaman di daerah panggul.
6.    Fungsi kandung kemih atas akan rusak.
7.    Sering mengalami infeksi kemih berulang.
8.    Kanker prostat lanjut yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, terutama di pinggul dan tulang belakang, patah tulang, melemahnya tulang dan kompresi tulang belakang.

Gejala kanker prostat- Cara Pencegahan Kanker Prostat

Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat jika anda :

• Memilih makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah. Hindari makanan berlemak tinggi. Buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.

• Pilihlah makanan yang sehat daripada menggunakan suplemen. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen memiliki peran mengurangi risiko kanker prostat. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

• Sering berolahraga. Berolahraga akan memperbaiki kesehatan anda serta menjaga berat badan anda. Ada bukti yang menjelaskan bahwa laki-laki yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.

• Jaga berat badan sehat anda. Jika anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jaga agar berat badan anda tetap sehat dengan berolahraga. Jika anda memiliki berat badan yang lebih, kurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari dan berolahragalah lebih banyak.

• Bicaralah pada dokter anda jika anda pikir bahwa anda memiliki peningkatan risiko kanker prostat. Penelitian menemukan bahwa obat finasteride (Propecia, Proscar) dapat mencegah atau menunda terbentuknya kanker prostat pada laki-laki usia 55 ke atas. Obat ini biasanya digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat dan kerontokan rambut pada laki-laki.

Sampai saat ini belum ditemukan obat paten untuk penyakit ini. Namun para ilmuwan sedang mengembangkan obat baru bernama Abiraterone sebagai obat untuk kanker prostat.

Gejala Kanker Prostat dan Pencegahannya

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*