Gangguan Prostat Pada Pria

Gangguan Prostat Pada Pria

Gangguan Prostat Pada Pria – Gangguan prostat pada pria adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi kaum pria. Biasanya penyakit ini muncul ketika seorang pria berusia di atas 50 tahun. Gejala yang sering dikeluhkan adalah sering tidak dapat menahan buang air kecil, apa lagi keinginan itu muncul ketika malam hari. Ditambah lagi, walaupun keinginan untuk membuang air kecil itu ada, tetapi air seni sulit keluar dan terasa sangat sakit.

Bertambahnya usia memang sering dikaitkan dengan masalah pada prostat (kelenjar eksokrin pada sistem reproduksi pria). Namun terlalu dini jika kita menyimpulkan hanya pria berumur saja yang berpotensi besar untuk mengalami gangguan prostat, karena pria di usia muda pun juga bisa mengalami gangguan ini.

Kondisi gejala gangguan prostat pada pria memang cenderung dialami pria berusia tua.Penyebab gangguan ini adalah pembesaran pada kelenjar prostat yang telah melewati batas normal. Kenali gejala awal penyakit ini sedini mungkin agar mendapatkan penanganan yang tepat. Adapun gejala- gejala gangguan prostat pada pria adalah :

Sulit buang air kecil

Gangguan Prostat Pada Pria

Gangguan Prostat Pada Pria

Prostaititis merupakan salah satu awal dari gejala gangguan prostat pada pria. Pada awalnya anda akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Gejala gangguan pada prostat- Hal ini disebabkan tabung yang dinamakan uretra mengalami gangguan ketika membawa urin dari kandung kemih. Bila anda sulit buang air kecil, sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter karena kemungkinan ini adalah gejala gangguan pada prostat atau kanker prostat.

Sering buang air kecil

Berlawanan dari poin sebelumnya, seringnya buang air kecil juga merupakan salah satu gejala gangguan prostat. Gejala gangguan prostat pada pria- Ada kalanya seorang pria mengalami kondisi benign prostatic hyperlasia yang dapat menyebabkan meningkatnya jumlah air seni pria, sehingga frekuensi buang airnya cukup sering. Kondisi ini sering terjadi pada malam hari, dan dikenal sebagai nokturia.

Nyeri

Gejala gangguan prostat pada pria– Munculnya rasa nyeri pada area tertentu dari tubuh bisa menandakan masalah prostat. Disuria, atau rasa terbakar/rasa sakit saat buang air kecil mungkin terjadi dengan prostaitis. Kondisi ini bisa membuat timbulnya rasa sakit saat ejakulasi, ketidaknyamanan, dan nyeri pada organ vital pria. Prostaitis bisa menyebabkan nyeri di punggung bawah, perut, dan selangkangan. Gangguan prostat atau kanker prostat bisa menyebabkan rasa sakit pada daerah pinggul dan tulang pria. Rasa sakit ini terjadi sebagai gejala pembesaran prostat.

Pendarahan

Gejala gangguan prostat pada pria- Pria yang mengalami benign prostatic hyperplasia dan kanker prostat kemungkinan bisa melihat darah pada urinnya. Kondisi ini disebut hematuria. Selain pada urin, darah juga bisa terlihat pada air mani pria yang mengalami kanker prostat.

Jangan anggap sepele masalah ini! Gejala gangguan prostat pada pria ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat berkembang menjadi lebih serius seperti infeksi saluran kemih, kencing batu atau kerusakan ginjal. Faktor penyebab yang terbilang tidak spesifik adalah faktor luar yaitu senyawa radikal seperti pencemaran lingkungan yang sulit dihindari oleh sebagian orang. Apalagi jika orang tersebut memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan. Namun faktor tersebut belum menjadi faktor penyebab yang spesifik.

Pencegahan Gangguan Prostat Pada Pria

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan prostat :

  • Minimalkan konsumsi alkohol pencegahan gangguan prostat pada pria : Alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6. Kedua zat ini penting untuk menjaga kesehatan prostat.
  • Pilih susu rendah lemak pencegahan gangguan prostat pada pria : Beberapa peneliti percaya bahwa lemak jenuh dari produk susu dan daging merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat.
  • Makan lebih banyak kedelai pencegahan gangguan prostat pada pria : Studi klinis menunjukkan bahwa peningkatan rasio estrogen-testosteron seiring bertambahnya usia merupakan salah satu faktor yang berdampak buruk pada prostat.Makan setidaknya 2 ons kedelai per hari akan menurunkan kadar estrogen dan membangun kembali keseimbangan optimal rasio estrogen-testosteron. Makanan kaya kedelai diantaranya miso, tempe, dan tahu.
  • Latihan kegel pencegahan gangguan prostat pada pria : Latihan kegel bagus untuk meningkatkan aliran darah di daerah prostat dan organ urogenital.Saat melakukan latihan kegel tarik/kencangkan semua otot di sekitar skrotum dan anus, tahan, kemudian lepaskan.Melakukan 10 putaran latihan ini, beberapa kali dalam sehari, dapat memaksimalkan aliran darah ke jaringan prostat.
  • Ikuti diet yang sehat pencegahan gangguan prostat pada pria: Makan lebih banyak buah dan sayuran akan memastikan tubuh mendapat pasokan antioksidan alami, vitamin, serta mineral. Hindarkan lemak jenuh serta gula dalam makanan. Makanan dengan lemak tinggi bisa meningkatkan kadar testosteron yang dapat menyebabkan pembesaran kelenjar prostat. Konsumsi jenis sayuran berbeda seperti kubis, kecambah, brokoli, serta jenis sayuran lain. Mengonsumsi 3 porsi sayuran per hari dapat menurunkan risiko kanker prostat sampai 45%.

Gangguan Prostat Pada Pria

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*