Gangguan Pembesaran Prostat

Gangguan Pembesaran Prostat

 

Penyakit atau gangguan pembesaran prostat adalah penyakit akibat perubahan hormonal dihidrotestosteron / DHT dalam jaringan kelenjar prostat yang meningkat pada usia dewasa. Peningkatan hormon tersebut umumnya karena pertambahan usia serta fungsi penguraian yang berkurang sehingga ukuran kelenjar prostat akan terus bertambah.
Prostate yang semakin besar dapat mempersempit jalur saluran kencing sehingga buang air kecil akan semakin sulit untuk dilakukan. Air kencing apabila tidak segera dikeluarkan akan menumpuk di kandung kemih sehingga akan menjadi sarang perkembangbiakan bakteri yang berakhir pada radang prostat. Penyebab terjadinya gangguan pembesaran prostat antara lain :
1. Terlalu banyak duduk baik di rumah, kantor, mobil, motor, dsb.
2. Penurunan kekebalan tubuh akibat fisik lelah, stress, dsb.
3. Makan makanan pedas atau yang merangsang secara berlebih
4. Kegiatan seks berlebihan
5. Terlalu banyak masturbasi atau onani yang berlebih

 

Gejala gangguan pembesaran prostat
Gangguan pembesaran prostat – Bertambahnya usia memang sering dikaitkan dengan masalah pada prostat (kelenjar eksokrin pada sistem reproduksi pria). Namun terlalu dini jika kita menyimpulkan hanya pria berumur saja yang berpotensi besar untuk mengalami gangguan prostat, karena pria di usia muda pun juga bisa mengalami gangguan ini.
Gejala gangguan pembesaran prostat yang sudah diketahui apabila tidak segera ditangani akan beranjak menjadi penyakit prostat yang sangat serius yakni gangguan pembesaran prostat yang sebagian besar menyerang usia lanjut. Ketika memasuki usia 40 tahun kerja prostat akan semakin menurun ditambah lagi dengan penurunan fungsi hormon tubuh yang semakin berkurang ketika prostat berubah menjadi gangguan pembesaran prostat jinak atau kanker prostat.

gangguan pembesaran prostat

gangguan pembesaran prostat

Kondisi gangguan pembesaran prostat memang cenderung dialami pria berusia tua. Penyebab gangguan pembesaran prostat ini adalah pembesaran pada kelenjar prostat yang telah melewati batas normal. Kenali gejala awal gangguan pembesaran prostat ini sedini mungkin agar mendapatkan penanganan yang tepat. Adapun gejala-gejala awal gangguan pembesaran prostat adalah :
1. Sulit buang air kecil
Prostatitis merupakan salah satu gejala awal gangguan pembesaran prostat. Pada awalnya anda akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Jenis gangguan pembesaran prostat ini biasanya terjadi pada usia muda dan gangguan pembesaran prostat lainnya terjadi diatas 50 tahun. Hal ini disebabkan tabung yang dinamakan uretra mengalami gangguan pembesaran prostat ketika membawa urin dari kandung kemih. Bila anda sulit buang air kecil, sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter karena kemungkinan ini adalah gejala gangguan pembesaran prostat atau kanker prostat.
2. Sering buang air kecil
Berlawanan dari poin sebelumnya, seringnya buang air kecil juga merupakan salah satu gejala awal gangguan pembesaran prostat. Ada kalanya seorang pria mengalami kondisi benign prostatic hyperlasia yang dapat menyebabkan meningkatnya jumlah air seni pria, sehingga frekuensi buang airnya cukup sering. Kondisi ini sering terjadi pada malam hari, dan dikenal sebagai nokturia.

 

3. Nyeri
Munculnya rasa nyeri pada area tertentu dari tubuh bisa menandakan gangguan pembesaran prostat. Disuria, atau rasa terbakar/rasa sakit saat buang air kecil mungkin terjadi dengan prostatitis. Kondisi ini bisa membuat timbulnya rasa sakit saat ejakulasi, ketidaknyamanan, dan nyeri pada organ vital pria. Prostaitis bisa menyebabkan nyeri di punggung bawah, perut, dan selangkangan. Gangguan pembesaran prostat atau kanker prostat bisa menyebabkan rasa sakit pada daerah pinggul dan tulang pria. Rasa sakit ini terjadi sebagai gejala gangguan pembesaran prostat.
4. Pendarahan
Pria yang mengalami benign prostatic hyperplasia dan kanker prostat kemungkinan bisa melihat darah pada urinnya. Kondisi ini disebut hematuria. Selain pada urin, darah juga bisa terlihat pada air mani pria yang mengalami gangguan pembesaran prostat atau kanker prostat.

Gangguan Pembesaran Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*