Faktor Risiko Kanker Prostat

Faktor Risiko Kanker Prostat

Faktor Risiko Kanker Prostat

Faktor Risiko Kanker Prostat

Faktor Risiko Kanker Prostat -Kelenjar prostat adalah organ yang ditemukan hanya pada pria, yang berarti bahwa orang hanya pria yang dapat terkena kanker prostat. Kanker terjadi ketika sel-sel normal mulai tumbuh dan berkembang tanpa kontrol normal mereka. Setelah sel-sel mengalami konversi, mereka berkembang biak dan membentuk suatu massa/benjolan yang disebut tumor.

Karena pertumbuhan yang tidak terkendali mereka, tumor dapat menyerang jaringan sekitarnya dan mencapai organ-organ lain melalui aliran darah. Inilah yang disebut tumor ganas ( kanker). Proses dimana kanker dapat menyerang dan menyebar ke organ lain disebut metastasis. Jaringan kanker menginvasi jaringan sekitar mereka dan mengambil oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan . Hampir semua kanker prostat adalah adenokarsinoma dari prostat, yang berarti bahwa mereka berasal dari sel sekresi kelenjar prostat.

Di Amerika Serikat, kanker prostat merupakan keganasan pada pria dan menduduki peringkat kedua setelah kanker paru-paru. Setiap tahun sekitar 200.000 kasus baru yang didiagnosis dan sekitar 30.000 orang meninggal akibat Kanker Prostat. Kanker prostat juga merupakan penyebab kematian kedua akibat kanker pada pria setelah   kanker paru-paru. Kanker prostat terjadi pada 1 dari 6 orang. Kasus meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dan tingkat kematian menurun, yang mungkin karena skrining meningkat dan deteksi dini. Risiko terkena kanker prostat meningkat secara signifikan dengan usia, dan 60% dari kasus baru didiagnosa terjadi pada pria di atas usia 70.

Penyebab Dan Faktor Risiko Kanker Prostat

Penelitian menunjukkan bahwa, seperti kanker lainnya, kanker prostat adalah penyakit multifaktorial yang merupakan kombinasi keturunan, etnis, hormon, diet dan lingkungan. Tidak dapat dipastikan penyebabnya namun ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor kanker prostat. Faktor- faktor risiko kanker prostat tersebut adalah :

  • Faktor risiko kanker prostat meningkat di usia > 50 tahun
  • Etnis juga merupakan faktor risiko kanker prostat. Pria Amerika-Afrika berisiko 1,5 – 2 kali lebih besar untuk terkena kanker prostat dibandingkan ras kulit putih
  • Faktor keturunan menjadi faktor risiko kanker prostat. Pria dengan riwayat kanker prostat dalam keluarga mereka, berisiko 2 – 3 kali lebih besar
  • Kebiasaan Makan. Diet tinggi lemak telah dikaitkan dengan peningkatan faktor risiko kanker prostat.
  • Agen kimia menjadi penyebab faktor risiko kanker prostat. paparan terhadap bahan kimia seperti cadmium telah terlibat dalam perkembangan kanker prostat.
  • Kegemukan menjadi faktor risiko kanker prostat.
  • Pola makan yang tidak sehat seperti banyak makan daging merah atau makanan berlemak tinggi dan jarang makan sayuran dan buah-buahan.

Tips Pencegahan Kenker Prostat

1. Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan buah dan sayur. Selalu menghindari makanan yang berlemak tinggi dan kurangi penggunaan suplemen. Sayuran dan buah-buahan ini mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu lycopene yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

2. Selalu berolahraga secara teratur. Olahraga ini dapat mengembalikan atau memperbaiki kesehatan anda serta dapat menjaga berat badan anda. Terdapat bukti yang menjelaskan bahwa pria yang selalu berolahraga mempunyai kemungkinan kecil untuk terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.

3. Menjaga berat badan anda. Jika saat ini anda sudah mempunyai berat badan yang sudah ideal, perlu anda pertahankan dengan selalu melakukan olahraga secara teratur. Bagi anda yang mempunyai berat badan lebih, usahakan mengurangi kalori yang ada pada makanan anda dan selalu berolahraga dengan teratur.

4. Konsultasi dengan dokter ahli kanker prostat jika anda merasa adanya resiko kanker prostat pada diri anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa obat finasteride (Propecia, Proscar) dapat menunda dan mencegah terbentuknya kanker prostat pada pria berusia 55 tahun ke atas. Obat ini sudah sering digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat serta kerontokan rambut pada pria. Hingga saat ini masih belum ditemukan obat kanker prostat yang benar-benar paten, namun para ilmuwan sedang mengembangkan obat kanker prostat yang baru dengan nama Abiraterone.

Sekian info mengenai faktor risiko kanker prostat yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel mengenai faktor risiko kanker prostat ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Faktor Risiko Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*