Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda – Banyak yang menduga bahwa kanker prostat adalah masalah umum yang hanya menyerang pria usia 50 tahun ke atas. Sehingga mereka yang lebih muda menganggapnya tak penting untuk memerhatikan risiko tersebut. – Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

Padahal, timbulnya kanker prostat di usia senja bisa dipicu dari pola hidup tak sehat yang dilakukan para pria tersebut saat muda. Sebuah penelitian di Inggris menemukan hubungan yang menarik antara aktivitas onani dan seks yang dilakukan oleh pria berusia 20 hingga 30-an dengan risiko kanker prostat.

Penelitian tersebut mengambil responden 400 pria yang sudah mengalami kanker prostat sebelum usia 60. Hasilnya, mereka yang aktif melakukan hubungan seks di usia 20 hingga 30-an, memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat. Sementara mereka yang gemar melakukan masturbasi atau onani justru memiliki risiko terkena kanker prostat lebih besar lagi.  – Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

 

Penyebab Kanker Prostat Pada Usia Muda

Prostat merupakan kelenjar kecil yang terdapat pada pinggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat sendiri berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis. Kinkeja dari Prostat sendiri membantu menghasilkan cairan yang mampu menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.   – Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

 

Lalu apa Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda ?

Pada umumnya prostat akan tumbuh dan membesar secara normal namun akan melalui 2 tahap atau fase, yaitu :

  • Pada fase pertama terjadi saat masa pubertas dimana pada masa tersebut berubahnya ukuran prostat dari ukuran sangat kecil menjadi besar.
  • Pada fase kedua biasanya terjadi pada usia 30 tahun dan dimana pada fase terseebut akan membesar seiring bertambahnya usia.

Untuk saat ini belum tahu pasti apa penyebab utama dari kanker prostat tersebut namun apa ahli kedokteran masih memberkan penjelasan faktor genetik menjadi Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda utama dari penyebab kanker prostat.

 

Inilah dua Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda yang wajib Anda ketahui :

 

  1. Kanker Prostat dan Hormon Testoteron

Setiap pria normalnya memiliki kadar hormon testoteron antara 270-1070 nanogram per desiliter (ng/dL). Kadar rata-rata yang dimiliki berkisar antara 400-600ng/dL. Hormon ini akan terus meningkat kadarnya seiring dengan menuju masa puber dan akan mencapai puncak pada usia 20-an. Pada usia ini gairah seks pria biasanya akan meningkat.

Melewati usia 30-an, kadar tersebut akan menurun hingga rata-rata satu persen per tahun. Semakin tua usia seorang pria maka kadar hormon testoteronnya akan semakin berkurang. Rata-rata kadar hormon normal untuk pria di atas usia 50 tahun adalah 300-450 ng/dL. Jika kurang dari kadar minimal tersebut, maka Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda semakin tinggi.

 

  1. Faktor Makanan dan Gaya Hidup

Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda lain yang meningkatkan risiko kanker prostat pada pria muda adalah gaya hidup yang dijalani.Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda ini karena mereka yang gemar mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh berlebih seperti gorengan, fast food, atau donat memiliki risiko terkena kanker prostat lebih tinggi. Selain itu, pria muda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga berisiko sangat besar terkena kanker prostat.

 

Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda lain yang menyebabkan pria muda terserang kanker prostat adalah faktor keturunan atau riwayat keluarga. Pria yang berasal dari keturunan dengan riwayat kanker prostat ditenggarai memiliki risiko yang cukup besar untuk terkena kanker prostat. – Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

 

Untuk menghindari terkena kanker prostat di usia muda, pastikan Anda menjalani hidup sehat dengan banyak berolahraga untuk menstabilkan berat badan, kurangi konsumsi makanan mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi, kurangi frekuensi onani dan berhubungan seks sebelum menikah. Dengan menjalankan pola hidup sehat secara rutin, Anda bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat. Baik di usia muda atau saat memasuki usia 50-an nanti. Yuk, jalankan pola hidup sehat mulai saat ini juga.

 

 

 

Faktor Penyebab Kanker Prostat Di Usia Muda

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*