Faktor Pemicu Kanker Prostat

Faktor Pemicu Kanker Prostat

Faktor Pemicu Kanker Prostat

Faktor Pemicu Kanker Prostat – Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis.

Penyebab kanker prostat yang pasti hingga kini masih belum diketahui. Tapi pada tingkat dasar, kanker prostat disebabkan oleh perubahan pada DNA sel prostat normal. Tapi, kanker prostat memengaruhi terutama pria yang berusia lanjut. Sekitar 8 dari 10 kasus diderita oleh pria berusia di atas 65 tahun. Di bawah ini merupakan beberapa faktor pemicu kanker prostat, antara lain :

 

  1. Diet Tinggi Lemak

Faktor Pemicu Kanker ProstatRupanya bagi yang menjalani diet tinggi lemak dapat meningkatkan faktor pemicu kanker prostat walau mungkin diet seperti ini hanya akan menaikkan sedikit peluang dalam mengembangkan penyakit. Orang-orang yang melakukan diet tinggi lemak biasanya akan otomatis mengonsumsi karbohidrat dalam kadar rendah. Diketahui bahwa makanan yang tinggi kandungan lemaknya serta karbohidrat berkadar rendah justru dipercaya mampu membantu fungsi ginjal para penderita diabetes menjadi lebih baik, namun rupanya diet tinggi lemak pun tak selamanya dianggap baik tanpa akibat.

 

  1. Lokasi Tempat Tinggal

Tahukah Anda bahwa area di mana Anda tinggal sekarang bisa berpengaruh besar terhadap tinggi rendahnya faktor pemicu kanker prostat menyerang tubuh Anda? Kanker prostat lebih gampang berkembang pada para pria yang tinggal di Amerika, namun memang mereka yang aslinya orang Asia dan tinggal di sana memiliki peluang lebih rendah. Faktor pemicu kanker prostat yang paling rendah lagi adalah mereka yang tinggal di Asia.

 

  1. Obesitas

Beberapa penelitian terbaru menemukan adanya kemungkinan dan kaitan antara kegemukan dan kanker prostat yang biasanya diderita oleh pria. Jadi, rata-rata pria yang usianya sudah berada di atas 65 tahun, bukan tinggal di daerah Asia dan memiliki masalah kegemukan atau berat badan lebih cenderung meningkatkan faktor pemicu kanker prostat. Obesitas ini juga kemungkinan ada hubungannya dengan diet tinggi lemak seperti yang disebutkan sebelumnya; lemak tinggi di dalam tubuh tanpa diseimbangkan dengan karbohidrat, serat serta mineral dan vitamin lainnya akan memicu kegemukan. Kegemukan ini kemudian akan menjadi awal dari segala penyakit kronis dan serius lainnya, seperti stroke dan sakit jantung.

 

  1. Kurang Berolahraga

Faktor Pemicu Kanker ProstatPara pria yang suka dan rajin melakukan olahraga, setidaknya olahraga ringan akan memperkecil faktor pemicu kanker prostat di dalam tubuh percaya atau tidak. Mungkin banyak pria di atas usia 65 tahun yang beralasan bahwa tak ada olahraga yang cocok untuk seumuran mereka. Sebetulnya ada banyak olahraga yang dapat dilakukan lansia, seperti jalan kaki mengelilingi area rumah juga adalah ide yang bagus. Aktivitas fisik yang tinggi memang bukan jaminan tubuh akan 100% terhindar dari penyakit, tapi setidaknya akan menurunkan faktor pemicu kanker prostat.

 

  1. Makan Daging

Semua jenis daging selalu ada nutrisi yang akan mendukung fungsi tubuh hanya saja daging pun juga termasuk makanan berisiko dan pemicu banyak penyakit serius, tak terkecuali kanker prostat. Khusus daging yang dimasak pada suhu tinggi rupanya tak baik untuk kesehatan prostat pria, karena ada zat-zat membahayakan yang dihasilkan oleh pengolahan daging seperti itu. Zat-zat tersebutlah yang dapat menjadi faktor pemicu kanker prostat.

 

  1. Kurang Kadar Likopen

Para pria yang mengonsumsi atau memenuhi kebutuhan likopen rupanya dapat faktor pemicu kanker prostat. Jadi tentu bisa disimpulkan bahwa pria yang kadar likopennya rendah akan otomatis meningkatkan peluang terserang kanker prostat. Likopen sendiri merupakan pigmen karotenoid yang biasanya bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan di mana likopen ini juga bersifat antioksidan.

 

  1. Kelebihan Kalsium

Dugaan faktor pemicu kanker prostat yang memang belum begitu terbukti tapi patut untuk diwaspadai adalah kelebihan asupan kalsium di dalam tubuh. Kalsium yang berlebih dengan asupan per harinya sekitar 600 mg dapat berbahaya dan meningkatkan faktor pemicu kanker prostat. Memang betul bahwa kalsium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah tulang dari pengeroposan serta mendukung pertumbuhan tulang bagi anak-anak. Hanya saja asupan nutrisi apapun secara berlebih tak akan baik, termasuk juga kalsium yang malah berimbas pada gangguan prostat pada pria.

 

 

Faktor Pemicu Kanker Prostat

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*