Fakta Seputar Kanker Prostat

Fakta Seputar Kanker Prostat

Fakta Seputar Kanker Prostat

Fakta Seputar Kanker Prostat – Kanker prostat adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang kaum pria. Jenis kanker ini termasuk ke dalam jenis kanker yang dikategorikan berbahaya karena komplikasi fatalnya ialah dapat menyebabkan kematian. Di Indonesia, laju prevalensi kanker prostat cukup tinggi yaitu 11,5% per 100.000 penduduk dengan estimasi 5.074 kasus baru terjadi tiap tahun.

Kanker prostat dapat menjadi penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi. Namun para ilmuwan dari Cancer Research UK mengatakan terlalu dini dan masih perlu bukti untuk memasukkan kanker prostat ke daftar penyakit menular seksual. Kemungkinan kanker prostat bisa masuk dalam daftar penyakit seksual menular berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas California berdasarkan hasil uji sel-sel prostat manusia di laboratorium. Mereka menemukan infeksi seks disebut trikomoniasis dibantu pertumbuhan kanker.

 

Mitos seputar penyakit kanker prostat selalu memunculkan perdebatan di kalangan para pria, karena penyakit yang satu ini bahkan dapat menyebabkan kematian. Prostat adalah kelenjar yang hanya ditemukan pada laki laki. Prostat tepat berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Prostat mengandung sel sel yang membuat cairan (air mani) serta melindungi dan memelihara sperma. Beberapa kanker prostat dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat, tapi sebagian besar dapat tumbuh perlahan, sehingga saat terdeteksi sudah memasuki stadium lanjut. Berikut beberapa fakta seputar kanker prostat:

 

  1. Penyebab tidak diketahui dengan jelas

Fakta seputar kanker prostat yang pertama yaitu penyebab kanker prostat sampai saat ini belum diketahui dengan jelas memang benar. Dokter tahu bahwa kanker prostat dimulai ketika beberapa sel dalam prostat Anda menjadi abnormal.

 

  1. Lebih dari 700.000 orang terdiagnosis kanker prostat

Fakta seputar kanker prostat kedua yaitu studi terbaru melaporkan bahwa 1 dari 7 orang di Amerika Serikat yang hidup dengan kanker prostat. Tidak ada data pasti tentang penyakit ini di Indonesia, tapi ada sejumlah perkembangan yang signifikan tetapi mereka mencatat ada 971 kasus kanker prostat sejak 2006-2010.

 

  1. Kanker prostat menyerang kaum usia lanjut

Fakta seputar kanker prostat memang jarang terjadi pada pria di bawah usia 40 tahun. Namun, usia bukan satu satunya faktor yang menyebabkan resiko kanker. Faktor lain seperti riwayat kesehatan keluarga bisa berpengaruh. Jika ayah atau saudara pernah terkena kanker prostat, Anda memliki resiko ganda terkena penyakit ini.

 

  1. Tidak memiliki gejala

Mitos mengatakan bahwa kanker prostat ini tidak memiliki gejala. Fakta seputar kanker prostat yang benar yaitu gejala umum kanker prostat adalah sering buang air kecil, nyeri atau terbakar saat buang air kecil, kesulitan mengalami ereksi, ejakulasi menyakitkan, darah dalam urin atau air mani, atau nyeri di bagian bawah pinggul atau paha atas. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, pastikan untuk segera pergi ke dokter untuk mendapatkan obat kanker prostat yang ampuh.

 

  1. Terjadi disfungsi ereksi

Setelah operasi atau terapi radiasi untuk kanker prostat terjadi disfungsi ereksi, itu tidak benar adanya. Fakta seputar kanker prostat yang benar yaitu efek samping ini dapat sangat tergantung pada usia dan kondisi fisik. Banyak terapi dan alat bantu yang dapat meningkatkan fungsi ereksi dan inkontinensia setelah perawatan pasca operasi kanker prostat.

 

  1. Tingginya kadar aktivitas seksual atau sering ejakulasi

Tingginya kadar aktivitas seksual atau sering ejakulasi akan meningkatkan resiko kanker prostat adalah mitos. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang lebih sering ejakulasi memiliki resiko lebih rendah terkena kanker prostat.

 

  1. Kanker prostat tidak menular

Fakta seputar kanker prostat terakhir yaitu bahwa kanker ini tidak menular, ini berarti bahwa tidak ada cara bagi Anda untuk menyebarkannya kepada orang lain. Kanker prostat tidak akan menular ke orang lain tapi sel kanker ini bisa diwariskan melalui keturunan.

 

Langkah pertama adalah mengetahui fakta seputar kanker prostat dan menghilangkan mitos seputar penyakit kanker prostat. Studi terbaru menunjukkan bahwa keputusan gaya hidup seperti mempertahankan diet yang sehat dan olahraga teratur, juga memainkan peran penting dalam mengurangi resiko terkena kanker prostat. Bicaralah dengan keluarga Anda dan teman teman jika Anda terkena kanker prostat, karena dukungan dari orang terdekat sangatlah berarti.

 

 

Fakta Seputar Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*