Dampak Kanker Prostat

Dampak Kanker Prostat

Dampak Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang pria setelah kanker paru-paru. Kanker ini menyerang kelenjar prostat yang letaknya berada dekat organ reproduksi, sehingga gangguan yang terjadi dapat menurunkan kualitas seksual pria. Sebenarnya gejala kanker prostat mudah dikenali, yaitu munculnya rasa sakit saat buang air kecil atau buang air kecil tersendat bahkan harus mengejar, ditambah adanya darah dalam air seni. Namun hal tersebut sering diabaikan para pria dan menganggapnya sebagai gejala penyakit ringan saja. Dampaknya, saat sudah muncul ciri-ciri kanker prostat stadium akhir, barulah penyakit tersebut terdiagnosis namun sayangnya kanker telah menyebar dan sulit disembuhkan.

 

 

Kanker prostat umumnya menyerang pria dengan usia di atas 50 tahun, dan jarang ditemukan pada pria di bawah usia 40 tahun. Namun kanker prostat pada usia muda pun perlu diwaspadai, mengingat sekarang ini pola hidup semakin tidak sehat. Pengobatan kanker prostat secara medis memang dapat membantu mengatasi penyakit kanker, namun tentu saja butuh perjuangan yang sangat besar untuk bisa terbebas dari kanker. Lebih baik mencegah penyakit tersebut sebelum menyerang, salah satunya dengan mengkonsumsi buah yang dapat mencegah kanker prostat.

 

Bahaya kanker prostat sebenarnya tidak begitu mengkhawatirkan bila kanker hanya berada di kelenjar prostat saja. Karena umumnya penderita kanker prostat dapat sembuh seratus persen bila kanker masih di tahap awal. Seandainya pun telah menyebar, penyakit ini masih bisa disembuhkan namun akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan bertahap karena sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Meski begitu, jangan pernah mengabaikan penyakit satu ini karena jika benar-benar terlambat ditangani penyakit ini tetap dapat merenggut nyawa seseorang.

Dampak Kanker Prostat

Bahaya kanker prostat sebaiknya tidak dianggap remeh, karena jika sudah semakin parah penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Beberapa dampak kanker prostat yang dapat terjadi pada pria yaitu sebagai berikut:

 

  1. Mengalami Disfungsi Seksual

Pria yang menderita kanker prostat umumnya akan mengalami dampak kanker prostat disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, tidak mampu melakukan penetrasi dan penis pun kerap terasa sakit. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kehidupan seksual pria tersebut bahkan mengganggu keharmonisan hubungan rumah tangga. Karena itu sangat penting untuk segera mengatasi penyakit ini dengan bantuan dokter agar kanker prostat dapat segera sembuh.

 

  1. Gangguan Fungsi Kandung Kemih

Kandung kemih yang berfungsi menampung air seni dan mengeluarkannya, juga dapat terganggu jika seorang pria mengalami kanker prostat. Dampak kanker prostat karena kelenjar prostat yang membengkak akan menekan kandung kemih sehingga pria sering merasakan ingin buang air kecil namun tidak bisa tuntas. Bahkan dalam waktu lama akan muncul gejala kanker kandung kemih yang menandakan penyakit kanker semakin parah.

 

  1. Rasa Sakit pada Tulang Belakang

Bukan hanya kelenjar prostat saja yang bermasalah saat kanker menyerang, namun tulang belakang pun umumnya akan terasa sangat nyeri hingga menghambat pergerakan anggota tubuh bagian bawah. Semakin parah dan menyebar sel kanker, maka bahaya kanker tulang belakang pun akan mengintai. Kelenjar prostat yang dekat dengan pinggul dan tulang belakang menjadikan sel kanker sangat mudah menyebar dan menimbulkan kerusakan.

 

  1. Sakit saat Buang Air Kecil dan Ereksi

Bukan hanya kelenjar prostat saja yang terasa sakit, saat buang air kecil maupun ereksi pria yang terkena kanker prostat juga akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Dampak kanker prostat ini dikarenakan kelenjar prostat yang terus membesar mempengaruhi saluran kemih dan membuat kencing menjadi tidak lancar.

 

  1. Terdapat Darah pada Air Seni dan Sperma

Jika kanker sudah parah, biasanya dampak kanker prostat pada penderita akan mengeluarkan air seni yang tercampur dengan darah, begitu pula saat mereka ereksi maka sperma yang keluar juga bercampur dengan darah. Darah tersebut berasal dari kelenjar prostat dan jaringan di sekitarnya yang sudah rusak akibat aktivitas sel kanker yang terus saja berkembang.

 

  1. Infeksi Kandung Kemih Berulang

Kanker prostat juga sering menyebabkan terjadinya infeksi pada kandung kemih maupun salurannya, sehingga saat buang air kecil akan terasa panas, nyeri dan tidak dapat mengeluarkan air seni secara lancar atau tuntas. Hal ini tentu akan membuat pria yang mengalaminya semakin menderita karena rasa sakit yang ditimbulkan kanker prostat.

 

  1. Mengganggu Fungsi Organ Pencernaan

Sel kanker prostat yang telah menyebar dapat menimbulkan dampak kanker prostat pada organ pencernaan terutama pada bagian rektum. Bisa dipastikan kondisi pasien akan semakin parah karena terganggunya fungsi organ pencernaan akan menghambat proses metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, fungsi ginjal pun akan beresiko ikut terganggu, akibat infeksi pada kandung kemih yang terjadi berulang

 

  1. Metastasis ke Organ Tubuh Lain

Penyakit kanker prostat tidak hanya menyebar ke jaringan sekitar yang dekat dengan kelenjar prostat, namun juga bisa menyebar jauh ke organ tubuh lainnya yang disebut juga bermetastasis. Saat itu terjadi, penderita kanker prostat akan mengalami komplikasi seperti gangguan fungsi paru, hati bahkan ke otak.

 

Itulah dampak kanker prostat yang sebaiknya diwaspadai oleh para pria. Meski sel kanker dari jenis-jenis kanker pada pria ini tumbuh dengan sangat lambat hingga bertahun-tahun, pria harus segera mengobatinya sebelum menjadi semakin parah. Semakin cepat diobati, maka akan semakin mudah pula untuk disembuhkan karena sel kanker belum menyebar.

 

 

Dampak Kanker Prostat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*